Pendaftaran UMB-PTS 2021/2022

UMB-PTS 2021 -- PMB UMB-PTS, Info Pendaftaran UMB-PTS Online, Pendaftaran UMB-PTS Universitas, SPMB Jalur UMB-PTS, Pendaftaran Online UMB-PTS, Cara Pendaftaran UMB-PTS, Biaya Pendaftaran UMB-PTS, Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta, Website UMB-PTS : penerimaan.spmb.or.id. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi penting untuk anda tentang Pendaftaran UMB-PTS 2021/2022. Semoga dengan informasi ini, anda mendapat acuan dalam melakukan proses pendaftaran UMB-PTS. Mari ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

SPMB merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi. Penyelenggaraan SPMB di kelola oleh suatu organ yang disebut dengan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara atau yang disingkat dengan P-SPMBN.

P-SPMBN sebagai pengelola SPMB menyelenggarakan 2 jenis seleksi yaitu UMB-PT dan UMB-PTS, serta 1 jenis tes yaitu TPBI. Fakus kita pada pembahasan kali ini adalah UMB-PTS.

UMB-PTS atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Melalui jalur UMB-PTS, peserta akan diuji kemampuannya dengan mengerjakan soal-soal seleksi masuk. Hasil dari jawaban peserta yang memiliki nilai sesuai dengan standar yang ditentukan oleh panitia P-SPMBN, maka akan dinyatakan lulus seleksi.

Untuk lulus seleksinya tentunya  tidak mudah, peserta harus melakukan banyak persiapan, diantaranya adalah mempelajari materi-materi yang berkaitan dengan soal tes. Selain itu, melihat banyaknya peserta yang mengikuti UMB-PTS tentunya membuat persaingan semakin banyak.

Namun dengan bermodal belajar setiap hari dan belajar dengan sungguh-sungguh serta diiringi juga dengan doa, mudah-mudahan harapan anda untuk lulus seleksi dapat terwujudkan. Amin.

Pada tahun ajaran ini, ada 8 Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS. Dari Perguruan Tinggi Swasta yang ada tersebut, maka anda bisa memilihya sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang anda minati.

Untuk bisa mendaftar UMB-PTS, maka dapat mengikuti tata cara pendaftarannya seperti yang admin jelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran UMB-PTS
  1. Buka situs resmi pendaftaran UMB-PTS yaitu penerimaan.spmb.or.id
  2. Kemudian klik tombol "registrasi" yang ada di sebelah kiri.
  3. Isilah formulir pendaftaran online
  4. Jika telah selesai, klik "simpan" 
  5. Anda bisa melihat data anda dengan klik menu "Lihat Data Peserta"
  6. Kemudian pilih salah satu jalur seleksi, pilih jalur UMB-PTS.
  7. Selanjutnya Pilih menu registrasi UMB-PTS
  8. Pilih menu pembayaran, kemudian klik "simpan"
  9. Pilih Panitia Lokal, Kelompok Ujian, kemudian klik "Simpan"
  10. Pilih Program Studi sesuai minat Anda, kemudian klik "Simpan"
  11. Kemudian klik tombol "cetak bukti daftar" dan download file tersebut
  12. Membayar biaya pendaftaran di Bank BNI
  13. Sign in kembali ke alamat penerimaan.spmb.or.id dengan menggunakan email dan password Anda
  14. Klik jalur penerimaan yang ada pilih sebelumnya, yaitu jalur UMB-PTS.
  15. Pilih tombol "cetak kartu peserta ujian" dan download file tersebut.
  16. Simpan dan bawalah kartu tanda peserta UMB-PTS saat ujian berlangsung

Itulah tata cara pendaftaran UMB-PTS yang dapat anda lakukan. Perhatikan langkah-langkah tersebut dengan baik agar anda bisa mengikutinya dengan tepat.

Saat melakukan pendaftaran, maka anda akan mengisi banyak data, salah satunya mengisi data Perguruan Tinggi Swasta pilihan anda. Untuk itu, anda perlu mengetahuinya terlebih dahulu Perguruan Tinggi Swasta mana saja yang tergabung dalam UMB-PTS ini. Berikut penjelasannya.

Daftar Perguruan Tinggi Swasta pada UMB-PTS
  1. UMB-PTS Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
  2. UMB-PTS Universitas Malahayati (UNIMAL)
  3. UMB-PTS Universitas Trisakti (USAKTI)
  4. UMB-PTS Universitas Bakrie (UB)
  5. UMB-PTS Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Saat ini dapat diketahui masih ada 8 Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS, semoga kedepan Perguruan Tinggi Swasta lainnya dapat tergabung dalam UMB-PTS.

Dengan banyaknya Perguruan Tinggi Swasta yang tergabung dengan UMB-PTS, maka akan semakin banyak pula Perguruan Tinggi Swasta yang bisa anda pilih.

Selanjutnya anda perlu mengetahui biaya seleksi UMB-PTS. Besarnya biaya seleksi UMB-PTS tergantung dengan banyaknya pilihan PTS dan program studi pilihan. Berikut informasinya.

Biaya Seleksi UMB-PTS

Kelompok
Jenis Pembayaran
Pilihan PTS
Pilihan Program Studi
Biaya Pendaftaran
IPA/IPS
Jenis I
1 PTS
5
Rp. 175.000,-
Jenis II
2 PTS
5
Rp. 200.000,-
Jenis III
3 PTS
5
Rp. 250.000,-

Itulah biaya seleksi yang harus anda bayar ketika mendaftar UMB-PTS. Sebagai catatan bahwa biaya seleksi yang telah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Untuk itu berhati-hatilah dalam melakukan pembayaran UMB-PTS.

Selanjutnya anda perlu mengetahui informasi mengenai jadwal pelaksanaan UMB-PTS agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai jadwal. Berikut informasinya.

Jadwal Pelaksanaan UMB-PTS
  • Pendaftaran UMB-PTS biasanya dibuka pada bulan Januari - Juni yang terbagi dalam beberapa gelombang

Info Penting!!!
  • Pada tahun lalu, jalur SPMB tidak dibuka. Untuk tahun ini belum diketahui apakah dibuka atau tidak. Untuk mengetahui infonya, silahkan tanyakan langsung pada panitia atau pihak kampus yang bersangkutan.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UMB-PTS. Semoga informasi tersebut dapat anda jadikan panduan untuk melakukan pendaftaran UMB-PTS.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi UMB-PTS dan diterima di Perguruan Tinggi Swasta pilihan anda. Admin juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. 

Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan dapat kita raih sejak muda. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnnya. Terima kasih dan selamat berkunjung kembali dengan mengajak teman lainnya.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat.