Pendaftaran UIN Alauddin 2024/2025 - UINAM

www.uin-alauddin.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN Alauddin, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Pendaftaran UIN Alauddin Online, Pendaftaran Online UIN Alauddin, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin, Panduan Pendaftaran UIN Alauddin, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UIN Alauddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN Alauddin 2024/2025 - UINAM. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UIN Alauddin.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Makassar adalah Ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan. Di Makassar terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti UNM, UNHAS, UIN Alauddin, dan lain sebagainya.

UIN Alauddin adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Mengenai UIN Alauddin :
Moto : Pencerdasan, Pencerahan & Prestasi
Didirikan : 1962
Jenis : Negeri
Lokasi : Makassar (Kampus 1) dan Samata, Somba Opu, Gowa (Kampus 2), Sulawesi Selatan, Indonesia
Fakultas dan Program Studi yang telah ada di UIN Alauddin, yaitu :

Program Sarjana (S1) UIN Alauddin
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari program studi Filsafat Agama, Ilmu Aqidah, Sosiologi Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Hadis, Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Peternakan, dan Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan (D3)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum terdiri dari program studi Hukum Acara Perdata dan Ketatanegaraan, Pidana dan ketatanegaraan, Perbandingan Hukum, Ilmu Hukum.
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Kesejahteraan Sosial, Manajmen Dakwah, Jurnalistik, Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajmen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Program Magister (S2) UIN Alauddin
  • Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tafsir Hadis, Ekonomi Syariah, Dirasah Islamiyah terdiri dari konsentrasi Syariah/Hukum Islam, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Peradaban Islam, Perpustakaan dan Informasi Islam.

Program Doktor (S3) UIN Alauddin
  • Program Studi Dirasah Islamiyah (Islamic Studies) dengan konsentrasi sebagai berikut : Pendidikan dan Keguruan, Syariah/Hukum Islam, Tafsir, Hadis, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Ekonomi Islam, dan Masyarakat Islam.

Dari sejumlah program studi yang ada di UIN Alauddin tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Alauddin dan pilih program studi yang anda minati tersebut.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN Alauddin, maka terlebh dahulu anda harus mengetahui informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Alauddin.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Alauddin. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Simak informasinya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Jalur Nasional

1. Pendaftaran UIN Alauddin Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indoensia. Meskipun demikian, namun UIN Alauddin sebagai PTKIN turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SNBP.

Jalur SNBP di UIN Alauddin dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui penelusuran prestasi dan ingin memilih program studi bidang umum (selain keagamaan islam).

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi kepala sekolah. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran SNBP, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan lain sebagainya dapat dibaca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UIN Alauddin Jalur SPAN-PTKIN

Selain SNBP, adapula jalur SPAN-PTKIN yang merupakan jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, salah satunya masuk ke UIN Alauddin ini.

Program studi yang dibuka melalui jalur SPAN PTKIN yaitu program studi keagamaan islam

Seperti pada jalur SNBP, Calon peserta yang ingin mendaftar SPAN-PTKIN juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah direkomendasikan bisa melanjutkan proses pendaftaran.

Untuk informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, dan keterangan terkait lainnya dapat dibaca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

3. Pendaftaran UIN Alauddin Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Meskipun SNBT adalah jalur masuk ke PTN, namun UIN Alauddin sebagai PTKIN turut serta dalam jalur SNBT ini.

Untuk program studi yang dibuka melalui jalur SNBT adalah program studi bidang umum (selain keagamaan islam).

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online melalui laman resminya. Setelah mendaftar silahkan ikuti tes UTBK, lalu tunggulah hasil kelulusannya.

Untuk panduan pendaftaran SNBT, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran SNBT Online.

4. Pendaftaran UIN Alauddin Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN, salah satunya masuk ke UIN Alauddin.

Adapun progam studi yang bisa dipilih melalui jalur UM-PTKIN yaitu program studi keagamaan islam.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan sendiri secara online melalui laman resminya. Setelah mendaftar kemudian mengikuti tes lalu menunggu hasil kelulusan.

Untuk informasi pendaftaran lengkap berupa tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Alauddin Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Jalur UMM

UMM atau Ujian Masuk Mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh UIN Alauddin untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk masuk ke UIN Alauddin melalui ujian tertulis mandiri.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran di BNI terdekat untuk mendapatkan nomor ujian (nomor induk) dan password (program studi) yang dapat digunakan untuk login pendaftaran.

Silahkan login ke alamat umm.uin-alauddin.ac.id untuk melakukan proses pendaftaran hingga selesai. Ikuti petunjuk / perintah yang diberikan.

2. Pendaftaran Jalur UMK

UMK atau Ujian Masuk Khusus adalah jalur seleksi masuk ke UIN Alauddin yang dibuka untuk menerima mahasiswa baru pada program studi tertentu. Jalur ini dibuka setelah jalur UMM Berakhir.

Perlu diingat kembali bahwa tidak semua program studi dibuka melalui jalur UMK ini. Maka adari itu, anda harus mengetahui program studi apa saja yang dibuka melalui jalur UMK ini.

Bagi yang berminat untuk mendaftar, maka dapat melakukan pendaftaran secara online ke alamat umk.uin-alauddin.ac.id . Namun sebelumnya anda harus membayar biaya pendaftaran di BNI terdekat untuk mendapakan nomor ujian (nomor induk) dan password (program studi) untuk login pendaftaran.

3. Pendaftaran Profesi NERS

Penerimaan mahasiswa baru Program Profesi NERS dibuka untuk menerima lulusan Sarjana Keperawatan, baik lulusan dari UIN Alauddin ataupun lulusan dari luar UIN Alauddin.

Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung dan juga secara online. Pendaftaran secara langsung dilakukan di bagian sekertariat pendaftaran NERS di prodi keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Kampus II Samata-Gowa, sedangkan pendaftaran secara online dilakukan melalui alamat website admisi.uin-alauddin.ac.id

4. Pendaftaran Program Pascasarjana

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma, UIN Alauddin juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda secara online. Program perkuliahan yang dapat anda pilih yaitu perkuliahan reguler atau perkuliahan nonreguler.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Pascasarjana UIN Alauddin dapat anda baca secara lengkap melalui alamat pps.uin-alauddin.ac.id

Beasiswa di UIN Alauddin

1. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Alauddin

UIN Alauddin kembali membuka kesempatan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan. Biaya pendidikan yang diberikan tersebut dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi UIN Alauddin di alamat siadin.uin-alauddin.ac.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.


2. Pendaftaran Beasiswa Penghafal Al-Qur'an

UIN Alauddin menawarkan Beasiswa pondok untuk penghafal Al-Quran seperti berikut ini :
  • Penghafal al-Qur’an 30 Juz, dimana penerima beasiswa akan dibebaskan SPP selama masa studi aktif 4 tahun (8 semester) untuk S1 dan, 3 tahun (6 semester) untuk D3
  • Penghafal 5 - 25 Juz dibebaskan SPP selama 1 tahun (2 semester)

Silahkan ikuti program beasiswa sesuai dengan kemampuan anda. Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat website siadin.uin-alauddin.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Alauddin.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UIN Alauddin - UINAM. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan yang terbaik untuk anda yaitu anda bisa lulus seleksi masuk UIN Alauddin. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang selalu setia untuk membaca informasi di disini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih.