Pendaftaran UIN Jakarta 2024/2025 (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

spmb.uinjkt.ac.id 2024 -- PMB UIN Jakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Pendaftaran UIN Jakarta Online, Pendaftaran Online UIN Jakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Panduan Pendaftaran UIN Jakarta, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UIN Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN Jakarta 2024/2025. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi anda dalam melaksanakan pendaftaran calon mahasiswa baru UIN Jakarta.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jakarta adalah Ibukota dari Negara Indonesia. Di Jakarta terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi berstatus Negeri seperti UNJ, UIN Jakarta, UPN Veteran Jakarta, PNJ, Polimedia, dll.

UIN Jakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi berstatus Negeri yang ada di Jakarta. UIN Jakarta memiliki nama lengkap yaitu Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Hidayatullah Jakarta. Karena begitu panjangnya nama tersebut, maka sering disebut dengan UIN Jakarta saja.

Sebelum menjadi UIN Jakarta, sebelumnya adalah IAIN Jakarta. UIN Jakarta telah didirikan pada 1 Juni 1957. Moto dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta adalah "Knowledge, Piety, Integrity"

Lokasi kampus UIN Jakarta terletak di Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan 15412, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Jakarta, yaitu :

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Program S1 terdiri dari : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Guru RA,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Adab dan Humaniora
  • Program S1 terdiri dari : Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Tarjamah, Ilmu Perpustakaan, Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Program S2 terdiri dari : Magister Bahasa dan Sastra Arab, Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam

Fakultas Ushuluddin
  • Program S1 terdiri dari : Perbandingan Agama, Aqidah Filsafat, Tafsir Hadits
  • Program S2 terdiri dari : Magister Perbandingan Agama, Magister Aqidah Filsafat, Magister Tafsir Hadits

Fakultas Syariah dan Hukum
  • Program S1 terdiri dari : Ahwal Syakhsyiyah, Perbandingan Madzhab dan Hukum, Jinayah Siyasah, Mu’amalat (Hukum Ekonomi Islam), Ilmu Hukum,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Hukum Ekonomi Syariah

Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Program S1 terdiri dari : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Kesejahteraan Sosial,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam

Fakultas Dirasat Islamiyah
  • Program S1 terdiri dari : Dirasat Islamiyah
  • Program S2 terdiri dari : Magister Dirasat Islamiyah

Fakultas Psikologi
  • Program S1 terdiri dari : Psikologi
  • Program S2 terdiri dari : Magister Psikologi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Program S1 terdiri dari : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi  Syariah, Perbankan Syariah.
  • Program S2 terdiri dari : Magister Perbankan Syariah

Fakultas Sains dan Teknologi
  • Program S1 terdiri dari : Agribisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Biologi, Kimia Fisika
  • Program S2 terdiri dari : Magister Agribisnis

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Program S1 terdiri dari : Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan.
  • Program Profesi terdiri dari : Profesi Ners

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program S1 terdiri dari : Sosiologi, Ilmu Politik, Hubungan Internasional

Sekolah Pascasarjana
  • Program S2 terdiri dari : Magister Pengkajian Islam
  • Program S3 terdiri dari : Doktor Pengkajian Islam

Itulah sedikit informasi tentang UIN Jakarta. Semoga bisa memberikan gambaran bagi anda terutama yang ingin kuliah di UIN Jakarta.

Bagi anda yang berminat kuliah di UIN Jakarta, maka anda perlu mengetahui beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Jakarta.

Dengan mengetahui jalur-jalur tersebut, maka anda dapat menentukan pilihan jalur mana yang harus diikuti yang diperkirakan dapat memberikan peluang besar untuk bisa lulus seleksi.

Berikut beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Jakarta. Simak pembahasannya dengan baik.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah.

UIN Jakarta adalah salah satu Universitas Islam Negeri yang terbagung dalam beberapa jalur seleksi nasional diantaranya yaitu SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, dan UM-PTKIN.

Penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi nasional tersebut akan diberikan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN di Indonesia.

Meskipun SNBP adalah jalur masuk ke PTN, namun UIN Jakarta sebagai PTKIN turut berpartispasi dalah jalur seleksi tersebut.

Program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBP ini merupakan program studi bidang umum yaitu selain bidang keagamaan islam. Untuk bidang keagamaan ditawarkan melalui jalur SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.

Bagi yang ingin mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi SNBP, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Kepala sekolah merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di PDSS SNBP.

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya peserta melakukan konfirmasi dengan login ke laman pendaftaran lalu melanjutkan proses pendaftaran SNBP untuk melengkapi data.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN / PTKIN dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SPAN-PTKIN

Hampir sama dengan SNBP bahwa SPAN-PTKIN juga merupakan jalur seleksi undang nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus pada tahun ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Perbedaan terdapat pada pilihan program studinya. Program studi yang ditawarkan melalui jalur SPAN PTKIN adalah program studi bidang keagamaan islam.

Proses pendaftaran SPAN PTKIN diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya siswa-siswi dapat melakukan pendaftaran  sampai selesai.

Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal lainnya dapat dibaca pada artikel yang telah dirangkum secara khusu yang berjudul Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

3. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi ujian tertulis UTBK yang diperuntukkan bagi calon peserta yang merupakan lulusan SMA / sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBT ini adalah program studi bidang umum selain keagamaan islam. Untuk program studi bidang keagamaan dapat dipilih melalui jalur seleksi SPAN-PTKIN atau UM-PTKIN.

Bagi yang ingin mendaftar SNBT, maka dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman resminya sampai dengan mencetak kartu peserta.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT Online atau Pendaftaran SNBT

4. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

Adapun program studi yang ditawarkan melalui jalur ini adalah program studi bidang keagamaan islam.

Pendaftaran dilakukan sendiri secara online melalui laman resminya. Untuk panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM PTKIN

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Jakarta

Kini situasi ekonomi keluarga yang tidak stabil bukan menjadi alasan untuk tidak kuliah. Pemerintah telah menjalankan suatu program yaitu program pemberian bantuan biaya kuliah dan biaya hidup untuk calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang dikenal dengan KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mendaftar terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. 

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta Jalur Mandiri

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UIN Jakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan oleh UIN Jakarta sebagai panitia penyelengara. Jalur seleksi mandiri UIN Jakarta dikenal dengan sebutan SPMB Mandiri.

SPMB Mandiri ini terdiri dari SPMB Mandiri S2 dan SPMB Mandiri Pascasarjana. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jalur-jalur mandiri (SPMB Mandiri) UIN Jakarta.

1. Pendaftaran SPMB Mandiri S1

SPMB Mandiri S1 dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional di atas tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti seleksi jalur SPMB Mandiri S1.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA dan yang sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Calon peserta SPMB Mandiri dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Bagi yang memilih Paket Sains (Paket C), Paket CA (Sains dan Agama), Paket CB (Sains dan Sosial) harus dari Jurusan IPA.
  4. Bagi yang memilih Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) boleh dari Jurusan IPA dan IPS.
  5. Khusus pemilih :
    • Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca Al-Quran, memiliki hafalan Al-Quran, dapat menulis, membaca dan memahami bahasa arab tingkat dasar.
    • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tidak buta warna.
    • Program Studi Ilmu Keperawatan, tinggi badan untuk pria minimal 160 cm dan untuk wanita minimal 155 cm.
Alur Pendaftaran
  1. Calon peserta terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran melalui Teller/ATM/Internet Banking/SMS Banking di Bank BNI, Mandiri, BRI dan BTN.
  2. Setelah membayar akan mendapatkan ID dan PIN
  3. Gunakan ID dan PIN tersebut untuk login pendaftaran ke alamat spmb.uinjkt.ac.id
  4. Setelah login, isilah data pendaftaran secara lengkap dan benar
  5. Jika telah selesai, cetaklah bukti pendaftaran online berupa kartu tanda peserta

2. Pendaftaran SPMB Mandiri Pascasarjana

UIN Jakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Ada beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi, diantaranya yaitu :
  1. Lulusan S1 dari program studi yang sudah terakreditasi
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
  3. Khusus Fakultas Dirasat Islamiyah : memiliki kemampuan bahasa Arab dengan baik (membaca, menulis, mendengar, berbicara, memahami dan mengarang) untuk proses pembelajaran. Bersedia menghafal Al-Quran 4 juz selama masa studi
Untuk alur pendaftaran sama seperti pada SPMB Mandiri S1, silahkan lihat kembali  di atas.

3. Pendaftaran Program Profesi

Bagi anda yang telah lulus jenjang Sarjana (S1) dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan program Profesi di UIN Jakarta, maka anda dapat mengikuti jalur seleksi penerimaan program profesi. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di alamat web akademik.uinjkt.ac.id

Penting!!!

Untuk informasi mengenai Pendaftaran UIN Jakarta yang belum dimuat disini, maka dapat anda lihat secara langsung di website resmi UIN Jakarta di alamat akademik.uinjkt.ac.id
Demikanlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UIN Jakarta. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin selaku pengurus web ini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi ini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.  Thank you.