Pendaftaran UNSRAT 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unsrat.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Pendaftaran UNSRAT Online, Pendaftaran Online UNSRAT, PMB UNSRAT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRAT, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRAT, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNSRAT, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNSRAT, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Sam Ratulangi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNSRAT 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSRAT. Mari simak informasi selangkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Manado adalah Ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Di Manado terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti UNSRAT, UNIMA, Polimdo, IAIN Manado, Poltekkes Kemenkes Manado, dan lain-lain.

Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) telah didirikan pada tanggal 14 September 1965. Moto yang dimiliki Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah Sitou Timou Tomou Tou.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), yaitu :

Program Diploma dan Sarjana UNSRAT

Fakultas Kedokteran
  • Jurusan Kedokteran Umum terdiri dari program studi Program Pendidikan Dokter, Ilmu Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan.
  • Jurusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terdiri dari program studi Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Rehabilitasi Medik.
Fakultas Teknik
  • Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Arsitektur
Fakultas Pertanian
  • Jurusan Budidaya Pertanian terdiri dari Program Studi Agronomi, dan Ilmu Kehutanan
  • Jurusan Tanah terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah
  • Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan terdiri dari Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
  • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian terdiri dari Program Studi Sosial Ekonomi, dan Pertanian / Agrobisnis
  • Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknik Pertanian, dan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Peternakan
  • Jurusan Peternakan Produksi terdiri dari Program Studi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak  Sosial Ekonomi Peternakan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan terdiri dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perikanan
  • Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Fakultas Ekonomi
  • Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, International Business Administration, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Keuangan perbankan, Manajemen koperasi, Manajemen parawisata.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Jurusan Sosiologi terdiri dari Program Studi Sosiologi
  • Jurusan Ilmu Komunikasi terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Perpustakaan .
  • Jurusan Ilmu Administrasi terdiri dari Program Studi Administrasi Negara, Administrasi Niaga
  • Jurusan Ilmu Pemerintahan terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik.
  • Jurusan Antropologi terdiri dari Program Studi Antropologi
Fakultas Sastra
  • Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sejarah Sejarah, dan Sastra Jerman
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Farmasi, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika

Program Magister UNSRAT
  • Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Linguistik, Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah, Ilmu Pangan, Ilmu Peraira, Entomolog, Agronomi, Ilmu Hukum, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, dan Magister Arsitektur

Program Doktor UNSRAT
  • Entomologi, Linguistik, Ilmu Hukum, dan Ilmu Kelautan

Itulah informasi pembuka tentang Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat menambah wawasan yang telah anda miliki sebelumnya.

Dari informasi di atas khususnya mengenai program studi yang ada di UNSRAT, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNSRAT pada tahun ini.

Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSRAT perlu mengetahui informasi penting mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNSRAT pada tahun ini.

Pada tahun ini, UNSRAT kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan juga jalur seleksi mandiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UNSRAT Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi yang diselengarakan oleh Pemerintah. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur SNBP, dan SNBT.  Berikut penjelasan selangkapnya.

1. Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa, dilihat dari raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi jenjang Diploma atapun Sarjana.

Tertarik untuk mendaftar SNBP? mintalah rekomendasi dari kepala sekolahmu.

Informasi tentang panduan pendaftaran SNBP oleh siswa, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, daftar pilihan PTN dan Program Studi, daftar PTN se-Indonesia, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

SNBT diperuntukan bagi siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Jadi, bagi siswa yang belum lulus dari seleksi SNBP atau tidak mengikuti SNBP, bisa juga mengikuti jalur SNBT ini.

Berminat untuk mendaftar SNBT? Silahkan kunjungi laman resmi SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran.

Informasi tentang persyaratan pendaftaran, laman pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSRAT

Bidikmisi merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah untuk mengatasi kekurangan ekonomi yang dialami oleh beberapa keluarga sehingga anak-anaknya tidak bisa melanjutkan kuliah dikarenakan masalah biaya.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Dengan adanya KIP Kuliah ini, maka biaya pendidikan anak-anak dari keluarga kurang mampu akan ditangggung oleh pemerintah selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi yang memenuhi syarat, maka dapat mengajukan diri untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara pendaftaran KIP-Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRAT Jalur Seleksi Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSRAT juga menerima mahassiswa baru melalui jalur seleksi mandiri seperti berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur Tumou Tou (T2)

Jalur Tumou Tou (T2) merupakan jalur seleksi lokal masuk ke UNSRAT. Jalur ini diperuntukkan untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana. Informasi pendaftaran selengkapnya anda baca di laman um.unsrat.ac.id

2. Pendaftaran Jalur Sumikolah

Selain jalur Tumou Tou (T2), jalur mandiri lainnya yang dibuka oleh UNSRAT yaitu jalur Sumikolahyang juga untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Sarjana. Keterangan lainnya yang diperlukan dapat dibaca pada alamat um.unsrat.ac.id

3. Pendaftaran Pascasarjana UNSRAT

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNSRAT juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNSRAT, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman pasca.unsrat.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSRAT.

Baca juga :

Itulah informasi tentang Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua terutama yang ingin kuliah di UNSRAT.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk UNSRAT melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengajak anda untuk turut membagikan info ini kepada teman-teman lain yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.