Pendaftaran UNJA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unja.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNJA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNJA Online, Pendaftaran Online UNJA, PMB UNJA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNJA, Jalur SNBP, SNBTN, UMB-PT, SLM UNJA, Jalur Mandiri, PPs UNJA, Universitas Jambi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNJA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNJA. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kota Jambi merupakan ibukota dari provinsi Jambi. Di Jambi ada sebuah Perguruan Tinggi Negeri ternama yaitu Universitas Jambi.

Universitas Jambi atau yang disingkat dengan nama UNJA adalah Universitas Negeri yang berada di Kota Jambi tepatnya terletak di Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km. 15, Kota Jambi 36122, Indonesia.

Universitas Jambi (UNJA) telah didirikan pada tanggal 23 Maret 1963 dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963. 

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Jambi (UNJA), yaitu :
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Keperawatan, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi IESP, Manajemen, Akuntansi, Ekomoni Islam
  • Fakultas Pertanian terdiri program studi Agribisnis, Agroekoteknologi, dan Agrobisnis
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi  Ilmu Peternakan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Unggulan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ekonomi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendididkan Biologi, Pendidikan Kimia , Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Matematika
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintah, Manajeman, Pemerintah (D-IV), Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari program studi Arkeologi, Bahasa Arab, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, dan Seni Drama Tari dan Musik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Analis Kimia, dan Kimia Industri
  • Fakultas Teknologi Pertanian dari program studi Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Program Studi Analisis Kimia, Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Kimia Industtri, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan.

Program Pascasarjana UNJA :
  • Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Kependidikan, Doktor Pendidikan MIPA, Magister Managemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ilmu Akutansi, Magister Ilmu Hukum, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Peternakan, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Ilmu Lingkungan, Magister Ilmu Kenotariatan, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Kimia, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan  Ekonomi, Magister Agroekoteknologi, Magister Kependudukan dan Ketenagakerjaan

Dari keterangan di atas, mungkin ada salah satu Program Studi yang anda minati, maka dari itu, silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNJA lalu pilih program studi yang anda minati tersebut.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNJA, maka anda perlu mengetahui informasi penting yaitu informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNJA.

Pada tahun ini, UNJA kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA Jalur Nasional

Ada beberapa jalur seleksi nasional yang dibuka oleh UNJA, berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran UNJA Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi pada jalur SNBP didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN.

Untuk pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya. Siswa-siswi yang telah direkomendasikan dapat meneruskan proses pendaftaran hingga selesai.

Panduan pendaftaran SNBP, biaya pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNJA Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional yang dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK). 

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT.

Pendaftaran dilakukan via online di laman resmi SNBT. Calon peserta mengakses laman resmi tersebut kemudian melakukan pengisian data pendaftaran secara lengkap dan benar sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNJA

Kekurangan ekonomi tidak menghalangi calon mahasiswa untuk menuntut ilmu ke jenjang perkuliahan. Pemerintah telah menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dari segi finansial untuk kuliah.

Pemberian bantuan biaya pendidikan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi

Kini, Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi panduan pendaftaran KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi merupakan jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Program pendidikan yang ditawarkan oleh UNJA melalui jalur UMB-PT ini yaitu program S1 Reguler dan Program Vokasi.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id . Panduan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, lokasi ujian, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB atau Pendaftaran SPMB Online

Info Penting!!!
Pada tahun lalu jalur UMB-PT tidak dibuka. Untuk tahun ini apakah dibuka atau tidak silahkan tanyakan di kampus anda.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA Jalur Mandiri


1. Pendaftaran SLM UNJA

SLM UNJA atau Seleksi Lokal Mandiri UNJA merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UNJA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Program pendidikan yang ditawarkan oleh UNJA melalui jalur SLM ini adalah Program S3, S2, S1 Reguler, S1 Reguler Mandiri dan Progran Vokasi (D4 / D3).

Calon mahasiswa yang dapat mendaftar jalur SLM UNJA ini merupakan lulusan S2, S1 dan SMA / SMK  /MA / Sederajat yang telah lulus dari jenjang pendidikan tersebut untuk 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.unja.ac.id .Untuk informasi lainnya dapat diakses melalui alamat tersebut.

2. Pendaftaran SMMPTN Barat

UNJA adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SMMPTN Barat. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNJA bisa menempuh jalur ini untuk masuk.

Silahkan baca informasi selengkapnya : Pendaftaran SMMPTN Barat

3. Pendaftaran Program Pascasarjana UNJA

UNJA juga membuka penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin menempuh pendidikan di jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3), maka UNJA bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca di alamat pascasarjana.unja.ac.id/pmb 


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNJA. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNJA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNJA.

Admi turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNJA melalui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel disini.

Cukup sekian dan salam sukses selalu. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.