Pendaftaran UNIMOR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unimor.ac.id 2024 -- Pendaftaran  Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNIMOR Online, Pendaftaran Online UNIMOR, PMB UNIMOR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMOR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMOR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNIMOR, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNIMOR, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Timor. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UNIMOR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMOR. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Universitas Timor atau yang dikenal dengan sebutan UNIMOR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Universitas Timor (UNIMOR) dahulunya dikenal dengan nama Universitas Timor Timur (UNTIM) yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia di Provinsi Timor Timur pada tahun 1986 sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

Pada saat ini Universitas Timor (UNIMOR) telah resmi berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri yang diresmikan pada 6 Oktober tahun 2014 oleh Presiden Republik Indonesia pada masa itu yaitu Dr. Susilo Bambang Yudhoyono.

Fakultas dan Program Studi di UNIMOR, yaitu :
  • Fakultas Pertanian, terdiri dari : Program Studi Agrobisnis, Program Studi Agronomi, dan Program Studi Produksi Ternak.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari : Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dan Program Studi Ilmu Pemerintahan.
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari : Program Studi Manajemen.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) terdiri dari : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Program Studi Pendidikan Biologi, dan Program Studi Pendidikan Matematika

Dari sejumlah program studi yang ada di UNIMOR tersebut, mungkin saja salah satunya ada yang anda minati sejak lama. Maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNIMOR dan pelih program studi tersebut.

Dengan pemilihan program studi yang tepat, maka nantinya anda bisa menjalani kuliah anda dengan nyaman dan akan mampu menjalankan setiap tugas kuliah yang diberikan tanpa mengeluh.

Perlu anda ketahui ketika anda akan mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNIMOR, maka anda perlu mengetahui informasi penting terkait jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNIMOR pada tahun ini.

UNIMOR turut berpartisipasi dalam jalur seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah sebagai jalur seleksi masuk ke UNIMOR. Selain itu, UNIMOR juga membuka jalur seleksi mandiri sebagai jalur alternatif yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran UNIMOR Jalur SNBP

UNIMOR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur SNBP. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNIMOR bisa mengikuti seleksi jalur SNBP sebagai jalur seleksi masuk ke UNIMOR.

SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini dan berprestasi.

Peserta SNBP adalah siswa-siswi berprestasi yang mana seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Informasi lainnya seperti informasi biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNIMOR Jalur SNBT

SNBT merupakan pola penyeleksian calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui ujian UTBK dan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Jalur ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi laman resmi untuk mengisi data secara online.

Ada biaya pendaftaran yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti jalur seleksi ini.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNIMOR

Bidikmisi ialah biaya bantuan yang  diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi finansial dan juga berpotensi akademik baik.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNIMOR merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah kepada calon penerima yang memenuhi persyaratan.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lainnya seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara daftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Jalur SMMPTN UNIMOR

SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UNIMOR untuk menyeleksi calon mahasiswa baru untuk jenjang pendidikan Sarjana (S1).

Seleksi jalur SMMPTN UNIMOR dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua calon peserta ujian pada waktu yang telah ditentukan.

Calon peserta yang berminat dapat melakukan pendaftaran ke alamat smmptn.unimor.ac.id dengan mengisi data pendaftaran secara online. Untuk informasi lainnya mengenai jalur SMMPTN UNIMOR dapat anda baca pada alamat mandiri.unimor.ac.id

Penting!!!

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMOR pada alamat di atas.
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNIMOR (Universitas Timor) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNIMOR.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus selksi masuk UNIMOR melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah anda luangkan untuk membaca informasi ini. Cukup sekian dan salam sukses selalu.