Pendaftaran PNB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

sion.pnb.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNB Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, sion pnb ac id, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PNB, Pendaftaran Online PNB, Pendaftaran Kuliah di PNB, Jalur Masuk Politeknik Negeri Bali ; Jalur SNBP, SNBT, UMPN Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Jalur Kerjasama PT. PLN. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran PNB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di Politeknik Negeri Bali. Langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Politeknik Negeri Bali atau dikenal pula dengan nama PNB adalah salat satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan jenjang Vokasi.

Kampus PNB berlokasikan di Jl. Raya Uluwatu No.45, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

Politeknik Negeri Bali (PNB) secara resmi didirikan pada tanggal 28 April 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 081/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Bali. Peresmian dan penandatanganan prasasti papan Politeknik Negeri Bali dilakukan tanggal 12 September 1997 oleh Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi.

Jurusan dan Program Studi yang Ada di Politeknik Negeri Bali (PNB), yaitu sebagai berikut :

Jurusan Pariwisata terdiri dari program studi :
  • D3 Usaha Perjalanan Wisata
  • D3 Perhotelan
  • D4 Manajemen Bisnis Pariwisata
  • S2 Perencanaan Pariwisata
  • D4 Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional
  • D3 Perhotelan PSDKU Lombok Barat
  • D3 Perhotelan PSDKU Karangasem
  • D3 Perhotelan PSDKU Jembrana
  • D3 Perhotelan PSDKU Gianyar

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Manajemen Informatika
  • D4 Teknik Otomasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  • D2 Administrasi Jaringan Komputer
  • D2 Instalasi Dan Pemeliharaan Kabel Bertegangan Rendah

Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari program studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4 Manajemen Bisnis Internasional
  • D4 Bisnis Digital
  • D2 Manajemen Operasi Bisnis Digital
  • D2 Operasionalisasi Perkantoran Digital

Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D4 Akuntansi Manajerial
  • D4 Akuntansi Perpajakan
  • D2 Administrasi Perpajakan

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara
  • D4 Teknologi Rekayasa Utilitas
  • D4 Rekayasa Perancangan Mekanik
  • D2 Teknik Manufaktur Mesin

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Sipil
  • D4 Manajemen Proyek Konstruksi
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air
  • D2 Fondasi, Beton, Dan Pengaspalan Jalan

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Politeknik Negeri Bali (PNB). Berdasarkan uraian di atas terutama dilihat dari jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Bali, terlihat bahwa Politeknik Negeri Bali memiliki cukup banyak pilihan jurusan dan program studi.

Ini tentunya memudahkan untuk calon mahasiswa memilih satu program studi yang diinginkan sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang dimiliki.

Sebagai Politeknik Negeri yang menyelanggarakan pendidikan vokasi, Politeknik Negeri Bali memfokuskan pada pengembangan keilmuan dan keterampilan pada bidang IPTEKS terapan.

Sasaran pendidikan diarahkan pada pembangunan insan cerdas komprehensif dengan mengutamakan pada pembangunan sumberdaya manusia yang profesional, dengan memberikan pendidikan berdasarkan kebutuhan pasar dan industri. 

Dalam upaya membangun insan cerdas dan komprehensif, Politeknik Negeri Bali (PNB) membuka penerimaan mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan di kampus ini.

Politeknik Negeri Bali (PNB) membuka jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru agar para calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran diri. Jalur-jalur yang dibuka yaitu jalur SNBP, SNBT, dan UMPN Mandiri.

Calon mahasiswa dapat memilih salah satu jalur seleksi tersebut. Jika nanti dinyatakan lulus seleksi, maka segera melakukan pendaftaran ulang, namun jika tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Untuk bisa lulus seleksi pada jalur tes seperti SNBT, atau UMPN Mandiri, maka butuh persiapan yang matang karena pesaingnya cukup banyak. Dengan persiapan tersebut, semoga kalian adalah salah satu dari sekian banyaknya peserta yang dinyatakan lulus.

Nah, untuk mengetahui seperti apa informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Bali (PNB) yang telah disebutkan di atas, langsung saja simak uraian selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran PNB Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang salam satunya adalah Politeknik Negeri Bali.

Jalur ini ditujukan khusus bagi siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut dan juga akan lulus pada tahun ini. Siswa tersebut juga merupakan siswa yang akan lulus dari Sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawal oleh Kepala Sekolah yang memberikan merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di laman PDSS SNBP.

Siswa-siswi yang telah direkomendasikan dapat memulai melakukan pendaftaran dengan membuat akun SNPMB lalu melengkapi data pendaftaran.

Untuk prosedur pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya, link pendaftaran mekanisme seleksi, pilihan program studi, daftar politeknik / PTN, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel di bawah ini :
Pendaftaran SNBP Online atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP
B. Pendaftaran PNB Jalur SNBT (UTBK SNBT)

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang seleksinya dilaksanakan melalui tes UTBK.

Jalur ini terbuka untuk lulusan SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Proses pendaftaran SNBP dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi dengan membuat akun SNPMB lalu mengisi data pendaftaran sampai selesai.

Informasi lain seperti persyaratan, jadwal, biaya, pilihan program studi, daftar politeknik / PTN, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran UTBK SNBT atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT.

C. Pendaftaran PNB Jalur UMPN Mandiri

UMPN Mandiri adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Politeknik Negeri Bali yang dilaksanakan secara mandiri atau lokal.

Jalur ini bisa dijadikan sebagai jalur alternatif untuk kalian yang mungkin belum lolos melalui jalur SNBP atau SNBT.

Jalur ini terbuka untuk siswa yang telah lulus SMA / MA / SMK tetapi belum mencapai usia 24 tahun saat mendaftar, serta dapat memenuhi syarat pendaftaran.

Pendaftaran UMPN Mandiri dibuka setelah SNBT yaitu sekitar pada bulan Juni hingga Juli. Rincian jadwal selengkapnya dapat dilihat di web resmi PNB.

Persiapkan diri untuk menghadapi jalur seleksi mandiri yang akan kalian hadapi agar nantinya bisa lolos seleksi melalui jalur mandiri.

Pendaftaran UMPN mandiri secara online melalui laman https://sion.pnb.ac.id/

Informasi lain yang dibutuhkan silahkan kunjungi laman tersebut.

D. Pendaftaran D2 Jalur Cepat (Fast Track)

Politeknik Negeri Bali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur D2 Fast Track

Jalur untuk jenjang Diploma 2 yaitu D2 jalur cepat (D2 fast track) yang ditujukan untuk siswa-siswi SMK yang mana sekolahnya telah bekerjasama dengan PNB.

Pemilihan program studi di jalur D2 Fast Track harus berkesesuaian dengan jurusan di SMK. 

Jika ingin melanjutkan lagi ke Sarjana Terapan (D4) bisa, hanya perlu menempuh dua tahun lagi. Ini sangat mudah karena tinggal mengonversi nilai dan mata kuliah.

Untuk informasi pendaftaran dan lainnya cek di pnb.ac.id atau sion.pnb.ac.id

E. Pendaftaran KIP Kuliah PNB

Politeknik Negeri Bali juga turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidikan tinggi dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri mengikuti KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur seleksi yang dibuka oleh PNB yaitu jalur SNBP, SNBT, atau mandiri.

Informasi selengkapnya tentang KIP Kuliah seperti cara pendaftaran, syarat pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, tanya jawab KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lainnya dapat dibaca pada artikel berjudul : Pendaftaran KIP Kuliah

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke PNB. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diinginkan. Persiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus dari jalur seleksi tersebut.

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung melalui situs resmi di alamat pnb.ac.id. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di situs tersebut.

Mari Baca Juga :

Demikian penyampaikan informasi tentang Pendaftaran PNB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih dan jangan lupa untuk berkunjungi terus ke blog ini. Baca juga artikel terkait lainnya yang ada di blog ini ya.