Pendaftaran UNCEN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.uncen.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNCEN Online, Pendaftaran Online UNCEN, PMB UNCEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNCEN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNCEN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNCEN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, PPs UNCEN, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Cenderawasih. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNCEN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin kuliah di UNCEN. Informasi selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kota Jayapura merupakan ibukota dari Provinsi Papua. Di Jayapura terdapat sebuah Perguruan Tinggi ternama yaitu UNCEN.

UNCEN atau Universitas Cenderawasih adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jayapura, tepatnyd di  Jl. Uncen, Papua, Indonesia. Universitas Cenderawasih (UNCEN) didirikan pada 10 November 1962.

Fakultas yang ada di Universitas Cenderawasih (UNCEN) yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Kampus Abepura)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Hukum (Kampus Waena & Abepura)
  • Fakultas Ekonomi (Kampus Waena)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Kampus Waena)
  • Fakultas Teknik (Kampus Waena)
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (Kampus Abepura)
  • Fakultas Kedokteran (Kampus Abepura)

Itulah sedikit informasi tentang UNCEN. Dari sedikit informasi tersebut jika dilihat dari fakultas dan program studi yang ada di dalamnya, mungkin saja ada yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNCEN.

Pada tahun ini, UNCEN kembali membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik melalui jalur seleksi nasional ataupun jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNBP, SNBT, dan KIP Kuliah. Penjelasan mengenai jalur seleksi masuk UNCEN diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional  untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Salah satunya masuk ke UNCEN.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Jadi tidak semua siswa dapat mengikuti seleksi jalur SNBP karena seleksinya didasarkan pada raport dan portofolio akademik dari siswa berprestasi.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah drekomendasikan barulah bisa mendaftar SNBP.

Informasi penting lainnya seperti cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, prinsip seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP dan lain sebagainya dapat ditemukan pada  artikel Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi calon peserta lulusan sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi jalur SNBT dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Pendaftaran online di laman resminya yang dilakukan sendiri oleh calon peserta.

Informasi selengkapnya tentang jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, pengumuman SNBT dan lain-lain dapat dibaca pada bacaan berjudul : Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNCEN

Bidikmisi adalah pemberian biaya bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi. 

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Bagi yang memenuhi syarat, maka dapat mengajukan diri untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

Dengan adanya KIP Kuliah ini, diharapkan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu bisa kuliah di Perguruan Tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi tentang cakupan KIP Kuliah, keunggulan KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran UNCEN Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara langsung oleh UNCEN. Jalur ini dapat dikatakan sebagai jalur alternatif masuk ke UNCEN.

Untuk bisa lulus maka ana perlu melakukan persiapan yang lebih baik dari pada sebelumnya. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat anda baca pada website resmi UNCEN di alamat uncen.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNCEN (Universitas Cenderawasih). Mudahan-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNCEN melalui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Cukup sekian info dari admin dan terima kasih. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan informasi ini.