Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2024/2025

www.uin-suka.ac.id 2024 -- PMB UIN-SUKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-SUKA, Pendaftaran UIN-SUKA Online, Pendaftaran Online UIN-SUKA, Penerimaan Mahasiswa Baru UIN-SUKA, Seleksi Mahasiswa Baru UIN-SUKA, Info Pendaftaran UIN-SUKA, Cara Pendaftaran UIN-SUKA, Panduan Pendaftaran UIN-SUKA, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UIN-SUKA, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2024/2025. Informasi ini disampaikan untuk anda terutama yang ingin kuliah di Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Siapa yang tidak kenal Yogyakarta?, kota ini dikenal dengan kota pelajar karena memang di Yogyakarta terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi yang didirikan untuk mendidikan para mahasiswa. Perguruan Tinggi yang paling terkenal adalah UGM, dan UNY. Selain itu, ada pula UPN Veteran Yogyakarta, UTY, dan UIN Sunan Kalijaga.

UIN Sunan Kalijaga atau dikenal dengan nama UIN-SUKA adalah Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pertama di Indonesia yang berada di perbatasan antara Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman, tepatnya di Caturtunggal, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, Indonesia.

Nama Sunan Kalijaga diambil dari salah satu nama-nama Walisongo yaitu Sunan Kalijaga. UIN Sunan Kalijaga telah didirikan pada tangal 26 September 1951.

Pada saat ini, telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Sunan Kalijaga, yaitu :

Program Diploma

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (D3)
  • Ilmu Perputakaan (IP)

Program Sarjana (S1)

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (S1)
  • Bahasa dan sastra Arab (BSA), Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), Ilmu Perpustakaan (IP), Sastra Inggris (SI)
Fakultas Dakwah dan Komunikasi (S1)
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Konsentrasi : Broadcasting, dan Jurnalistik
  • Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Konsentrasi : Konseling Islam pada Keluarga dan Masyarakat, Konseling Islam pada Sekolah/Madrasah, Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
  • Manajemen Dakwah (MD) Konsentrasi : Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Lembaga Keuangan Islam, Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh
  • Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS)
Fakultas Syari'ah dan Hukum (S1)
  • Al-Ahwal al-Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam, Perbandingan Mazhab (PM), Siyasah (S) /Hukum Tata Negara & Politik Islam, Mu’amalat (MU) / Hukum Perdata & Bisnis Islam, Ilmu Hukum (IH).
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (S1)
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (PGRA)
Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (S1)
  • Filsafat Agama (FA), Perbandingan Agama (PA), Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT), Sosiologi Agama (SA), Ilmu Hadis
Fakultas Sains dan Teknologi (S1)
  • Matematika (MAT), Fisika (FIS), Kimia (KIM), Biologi (BIO), Teknik Informatika (TINF), Teknik Industri (TIND), Pendidikan Matematika (PMAT), Pendidikan Fisika (PFIS), Pendidikan Kimia (PKIM), Pendidikan Biologi (PBIO)
Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (S1)
  • Psikologi (PSI), Sosiologi (SOS), Ilmu Komunikasi (IKOM) Konsentrasi : Public Relations, dan Advertising.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (S1)
  • Ekonomi Syari’ah (ES), Perbankan Syari’ah (PS), Keuangan Syari'ah (KS), Akuntansi Syari'ah (AKS)

Program Magister (S2)

Fakultas Syari'ah dan Hukum (S2)
  • Hukum Islam (HI) Konsentrasi : Hukum Keluarga (HK), Hukum Bisnis Syariah (HBS), Keuangan Perbankan Syariah (KPS), Studi Politik dan Pemerintahan Islam (SPPI).
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (S2)
  • Pendidikan Islam (PI) Konsentrasi : Pemikiran Pendidikan Islam (PPI), Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam (MKPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Konsentrasi : Sains MI (SMI), Pendidikan Agama Islam MI (PAIMI), Guru Kelas MI (GMI)
  • Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) Konsentrasi : Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)
Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (S2)
  • Agama dan Filsafat (AF) Konsentrasi : Filsafat Islam (FI), Studi Al-Qur’an dan Hadis (SQH), Studi Agama dan Resolusi Konflik (SARK)

Program Magister (S2)
  • Interdisciplinary Islamic Studies (IIS) Konsentrasi : Pekerjaan Sosial (PS), Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Ilmu Bahasa Arab (IBA), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Kajian Timur Tengah (KTT), Studi Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (SDPI), Islam dan Kajian Gender (IKG), Hermeneutika Al-Qur’an (HA), Islam, Pembangunan dan Kebijakan Publik (IPKP), Kajian Maqasid dan Analisis Strategik (KMAS), Islam Nusantara (IN), Psikologi Pendidikan Islam (PsiPI), Komunikasi dan Masyarakat Islam (KKMI)

Program Doktor (S3)
  • Studi Islam (SI) Konsentrasi : Studi Islam (SI), Ekonomi Islam (EI), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Kependidikan Islam (KI), Studi al-Qur'an dan Hadis (SQH), Kajian Timur Tengah (KTT), Pendidikan Anak Usia Dini Islam (PAUDI), Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), Ilmu Hukum dan Pranata Sosial Islam (IHPSI), Studi Politik dan Pemerintahan dalam Islam (SPPI), Islamic Thought and Muslim Societies (ITMS), Al-Dukturah fi al-Dirasat al-Islamiyya wa al-Arabiyyah (DIA)

Program Profesi
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Profesi) dengan program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Dari sekian banyaknya Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Sunan Kalijaga, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga.

Pada setiap tahun ajaran baru, UIN Sunan Kalijaga kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional maupun jalur mandiri.

Jalur nasional dibuka hanya untuk menerima mahasiswa jenjang Sarjana, sedangkan jalur mandiri dibuka untuk jenjang pendidikan lainnya.

Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, dan UM-PTKIN, yang semua itu diselenggarakan oleh Pemerintah. Sedangkan jalur mandiri diselengarakan oleh UIN Sunan Kalijaga. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Jalur Nasional

1. Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi undangan masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi yang selalu konsisten menunjukkan prestasinya tersebut disetiap semester. 

Program studi bidang umum bisa dipilih melalui jalur SNBP ini.

Pendaftaran SNBP dilakukan secara online di diawali dengan rekomendasi dari kepala sekolah.

Panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN se-Indonesia, serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Jalur SPAN-PTKIN

Seperti SNBP, SPAN-PTKIN juga merupakan jalur seleksi undangan. Namun SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi siswa-siswi berpresatsi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTKIN di Indonesia dan memilih program studi bidang keagamaan islam.
Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat span.ptkin.ac.id. Informasi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada Pendaftaran SPAN-PTKIN Online atau Pendaftaran SPAN-PTKIN

3. Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk PTN yang seleksinya dilakukan melalui ujian UTBK.

Program studi yang bisa dipilih melalui jalur SNBT ini yaitu program studi bidang umum.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online di laman resminya. Informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan hal lainnya dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SNBT Online atau Pendaftaran SNBT

4. Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN yang ada di Indonesia.

Program studi yang bisa dipilih melalui jalur SNBT ini yaitu program studi bidang keagamaan islam.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat um.ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut mengenai UM-PTKIN dapat anda baca selengkapnya pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran UM-PTKIN Online atau Pendaftaran UM-PTKIN

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Sunan Kalijaga 

KIP Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi orang tuanya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Jalur Reguler UIN Sunan Kalijaga

Jalur reguler merupakan jalur seleksi mandiri yang dikelola secara langsung oleh UIN Sunan Kalijaga dalam penyelenggaraannya. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Jalur reguler ini dapat juga disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional d atas, tetapi pada saat pengumuman anda dinyatakan tidak lulus, maka anda bisa mendaftarkan diri mengikuti jalur reguler ini. Penerimaan program Diploma juga dilakukan melalui jalur ini.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui alamat admisi.uin-suka.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat anda lihat di alamat tersebut.

2. Pendaftaran Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

Selain menerima mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana dan Diploma, UIN Sunan Kalijaga juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana untuk Magister (S2) dan Doktor (S3).

Penerimaan mahasiswa baru program Magister bisanya dibuka sampai 3 gelombang. Silahkan ikuti gelombang yang anda inginkan. Untuk peneriman pendaftaran program Doktor (S3), dibedakan menjadi Doktor (S3) by Course, dan Doktor (S3) by Research, maka ikutilah sesui keinginan anda.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca pada alamat resmi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga di alamat pps.uin-suka.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlakuadalah yang ad di website resmi

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga. Mudah-mudahan informasin tersebut dapat memberikan panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru.

Jangan lupa untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan diiringi dengan doa. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti.

Admin sebagai pengurus web ini juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia yang selalu berkunjung untuk membaca informasi yang tersedia. Sekian info dari admin dan semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita semua dalam menyelesaikan semua urusan. Aamiin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya dan sukai juga halaman web kami. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.