Pendaftaran USK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.usk.ac.id 2024 -- Pendaftaran USK Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran USK Online, Pendaftaran Online USK, PMB USK, Pendaftaran Mahasiswa Baru USK, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USK, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran USK, Jalur SNBP, SNBT, SPMB, Jalur Mandiri, PPs USK, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Syiah Kuala. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran USK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda yang memiliki keinginan untuk kuliah di USK. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kota Aceh adalah Banda Aceh.

Di Aceh terdapat banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri ternama yang telah didirikan diantaraya yaitu : UNIMAL, UIN Ar-Raniry, UTU, UNSAM, USK, dan Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

USK atau Universitas Syiah Kuala adalah Perguruan Tinggi Negeri tertua di Aceh. USK berlkasikan di Jl. Soekarno Hatta, Labuy, Baiturrahman, dimana tempat tersebut dijuluki dengan Kota Pelajar dan Mahasiswa (disingkat Kopelma) Darussalam.

USK telah didirikan pada tanggal 2 September 1961 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 11 tahun 1961, tanggal 21 Juli 1961. Pendirian USK dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia, nomor 161 tahun 1962, tanggal 24 April 1962 di Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Syiah Kuala (USK) yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi : Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Studi Pembangunan, Program Diploma Pendidikan Kesekretariatan/PDPK, Program Diploma Pemasaran, Program Diploma Perbankan, Program Diploma Perpajakan, Program Diploma Akuntansi, Program Diploma Koperasi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi : Klinik Veteriner.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi : Hukum.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Otomotif, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Program Diploma Teknik Sipil, Program Diploma Teknik Mesin, Program Diploma Teknik Kimia, Program Diploma Teknik Elektro.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi : Agribisnis, Produksi Ternak, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Program Diploma Manajemen Agribisnis, Program Diploma Peternakan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi : Ilmu PKK, Ilmu Pendidikan Matematika, Ilmu Pendidikan Fisika, Ilmu Pendidikan Biologi, Ilmu Pendidikan Kimia, Ilmu Pendidikan Sejarah, Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Ilmu PPKn, Ilmu Pendidikan Ekonomi, Ilmu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Ilmu Pendidikan Geografi, dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Prodi : Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Kedokteran Gigi, Psikologi.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi : Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Informatika, Farmasi, Program Diploma Manajemen Informatika, Program Diploma Instrumentasi Komputasi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi : Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Kedokteran Gigi Hewan terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesikatan.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi : Ilmu Kelautan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Program Studi Magister
  • Magister Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Keperawatan, Magister KSDL, Magister Ilmu Hukum, Magister Akutansi, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Mesin, Magister Pendidikan Olahraga, Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner, Magister PSPT, Magister Ilmu Kebencanaan, Magister Pendidikan Biologi, Magister Matematika, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Matematika, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Agroekoteknologi, Magister Agribisnis, Magister Kimia, Magister Teknik Industri, Magister Biologi, dan Magister Fisika.

Program Studi Doktor
  • Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Manajemen, Doktor Ilmu Pertanian, Doktor Ilmu Teknik, Doktor Ilmu Pendidikan IPS, Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS)

Dari sejumlah program studi yang ada di USK tersebut, mungkin ada salah satu yang anda minati. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru USK.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USK, maka anda perlu mengetahui informasi tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USK.

Dengan mengetahui jalur-jalur tersebut, maka anda dapat menentukan pilihan jalur mana yang harus dipilih yang diperkirakan dapat memberikan peluang paling besar untuk bisa lulus ujian seleksi masuk USK.

Berikut beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USK yang dapat anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru USK.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru USK Jalur Seleksi Nasional

Jalur seleksi nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselangarakan secara langsung oleh Pemerintah. USK merupakan salah satu Universitas negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nasional tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran USK Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan hanya bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yanga mana seleksinya dilihat dari rapor dan portofolio akademik.

Pendaftaran SNBP dilakukan online yang dimulai dari rekomendasi pihak sekolah untuk siswa-siswi yang berprestasi. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran USK Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ditujukan kepada siswa SMA sederajat lulusan tiga tahun terakhir, yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SNBT.

Informasi tentang jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, pengumuman SNBT dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah USK

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah. 

KIP Kuliah adalah program pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dengan akademi baik dan dari keluarga miskin untuk kuliah. Bantuan tersebut berupa biaya pendidikan selama mahasiswa tersebut kuliah dalam masa studi normal.

Bagi yang memenuhi syarat, maka dapat mengajukan diri untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lengkap seputar KIP Kuliah, dapat anda kunjungi pada artikel yang telah dirangkum secara khusus tentang KIP Kuliah yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru USK Jalur Seleksi Mandiri

1. Pendaftaran Jalur Mandiri Bersama (SMMPTN Barat)

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilakukan secara bersama-sama oleh PTN-PTN di wilayah barat Indonesia. USK adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur SMMPTN Barat ini. Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di USK, maka bisa mengikuti jalur SMMPTN Barat ini.

Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran SMMPTN Barat

2. Pendaftaran Jalur Mandiri USK (JMU)

Jalur Mandiri USK (JMU) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma III yang diadakan secara langsung oleh USK.

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan SMA, MA, SMK dan Ijazah persamaan lainnya yang setara, lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Lulusan paket C yang merupakan lulusan 3 tahun akhir termasuk lulusan tahun ini harus memiliki raport selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program pilihannya.

Pendaftaran Jalur Mandiri USK (JMU) dilakukan secara online melalui alamat pmb.usk.ac.id. Untuk informasi lainnya dapat diakses melalui alamat tersebut.

3. Pendaftaran Program Pascasarjana USK

Selain menerima mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana, USK juga menerima mahasiswa baru program Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah Program Pascasarjana di USK, silahkan daftarkan diri anda melalui alamat pps.usk.ac.id . Informasi lainnya dapat anda akses melalui alamat tersebut.

Penting!!!

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi USK.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran USK Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin berikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin mengingatkan anda untuk melakukan persiapan semaksimal dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh. Dengan persiapan yang maksimal, semoga keinginan anda untuk bisa lulus seleksi dapat terwujudkan. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.