Pendaftaran UNILA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unila.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNILA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNILA Online, Pendaftaran Online UNILA, PMB UNILA, Simanila UNILA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Seleksi Mahasiswa Baru UNILA, Info Pendaftaran UNILA, Cara Pendaftaran UNILA, Panduan Pendaftaran UNILA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNILA, Unila Lampung. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNILA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru UNILA. Mari simak selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNILA atau Universitas Lampung adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama dan tertua di kota Lampung yang telah didirikan pada tanggal 23 September 1965. UNILA terletak di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Rajabasa, Bandarlampung, Lampung, Indonesia.

Bagi anda yang tinggal di Lampung, maka tidak perlu kuliah keluar provinsi karena di Lampung telah ada UNILA yang saat ini telah masuk dalam jajaran Universitas ternama di Indonesia.

Pada saat ini telah banyak Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Lampung (UNILA), baik jenjang Diploma, Sarjana, maupun Pascasarjana, berikut info selengkapnya :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Akuntansi D3, Keuangan, Perbankan & Asuransi D3, Pemasaran D3, Perpajakan D3, Akuntansi S1, Ekonomi Pembangunan S1, Manajemen S1, Akuntansi S2, Ekonomi Pembangunan S2, Manajemen S2, Ilmu Ekonomi S3, Profesi Akuntansi Sp1.

Fakultas Hukum
  • Doktoral Ilmu Hukum S3, Magister Hukum S2, Ilmu Hukum S1

Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan
  • Bimbingan Konseling S1, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1, Pendidikan Bahasa Inggris S1, Pendidikan Biologi S1, Pendidikan Ekonomi S1, Pendidikan Fisika S1, Pendidikan Geografi S1, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi S1, Pendidikan Kimia S1, Pendidikan Matematika S1, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah S1, Pendidikan Seni Tari  S1, Pendididikan Bahasa Prancis S1, Pendidikan Anak Usia Dini S1, Pendidikan IPS S2, Teknologi Pendidikan S2, Manajemen Pendidikan S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah S2, Keguruan IPA S2, Keguruan Guru SD S2, Pendidikan Matematika S2, Pendidikan Bahasa Inggris S2, dan Pendidikan Fisika S2.

Fakultas Pertanian
  • Perkebunan D3, Agribisnis S1, Agroteknologi S1, Budidaya Perairan S1, Kehutanan S1, Teknologi Hasil Pertanian S1, Peternakan S1, Teknik Pertanian S1, Magister Agribisnis S2, Magister Agronomi S2, Magister Teknologi Industri Pertanian S2, Manajemen Sumberdaya Alam S2, Magister Ilmu Kehutanan S2, Teknologi Pangan S2, Ilmu Penyuluhan Pembangunan / Pemberdayaan Masyarakat S2, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian S2, Agroekoteknologi S2, Doktor Ilmu Pertanian S3

Fakutas Teknik
  • Survai Dan Pemetaan D3, Teknik Mesin D3, Teknik Arsitektur Bangunan Gedung D3, Teknik Elektro S1, Teknik Geofisika S1, Teknik Kimia S1, Teknik Mesin S1, Teknik Sipil S1, Teknik Arsitektur S1, Teknik Geodesi S1, Teknik Informatika S1, Teknik Sipil S2, Teknik Mesin S2

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Sekretaris D3, Hubungan Masyarakat D3, Perpustakaan D3, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Sosiologi S1, Administrasi Publik S1, Administrasi Bisnis S1, Hubungan Internasional S1, Magister Ilmu Pemerintahan S2, Magister Ilmu Administrasi (FISIP) S2.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Manajemen Informatika D3, Fisika S1, Kimia S1, Matematika S1, Ilmu Komputer S1, Biologi S1, Ilmu Kimia (FMIPA) S2, Ilmu Biologi (FMIPA) S2, Ilmu Matematika (FMIPA) S2, Magister Fisika S2.

Fakultas Kedokteran
  • Pendidikan Dokter S1

Melihat begitu banyak program studi yang telah ada di UNILA, maka anda memiliki banyak pilihan untuk memilih program studi tentunya yang sesuai dengan minat dan bakat anda.

Jika salah satu program studi yang anda minati ada di UNILA, mari silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNILA.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda mejadi calon mahasiswa baru UNILA, tentu saja anda harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNILA.

Seperti tahun sebelumnya, UNILA kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka terdiri dari jalur SNBP dan SNBT untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, sedangkan jalur mandiri dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNILA tersebut, maka anda dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh pemerintah. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur SNBP dan SNBT.

Jalur SNBP dikenal sebagai jalur undangan masuk PTN dan biaya seleksi telah ditanggung oleh Pemerintah. Sedangkan jalur SNBT dikenal dengan jalur tertulis dan biaya seleksi ditanggung oleh peserta,

UNILA adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi SNBP dan SNBT. Jadi anda bisa memilih jalur SNBP atau SNBT jika ingin masuk ke UNILA. Pembahasan mengenai kedua jalur tersebut dapat disimak berikut ini.

1. Pendaftaran UNILA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi  masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Salah satunya masuk ke UNILA.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus pada tahun ini dan selalu konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester berdasarkan penelusuran nilai rapor dan portofolio akademik.

Mencermati pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi jalur SNBP karena hanya siswa-siswi berprestasi yang bisa mengikuti jalur ini. Jadi, suatu kebanggaan tersendiri bagi siswa-siswi yang bisa mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Bagi yang tertarik dan memenuhi persyaratan, mintalah rekomendasi dari pihak sekolah untuk mendaftarkan dirimu di jalur SNBP ini, ikuti beberapa tahapan pendaftaran hingga mencetak akrtu peserta.

Informasi penting lainnya seperti cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, tanggal atau jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan mengikuti SNBP, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNILA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Salah satunya adalah masuk ke UNILA.

Jalur SNBT dapat diikuti oleh peserta yang telah lulus dari sekolah jenjang SLTA yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Calon peserta tidak harus memiliki prestasi yang unggul, calon peserta yang tidak memiliki prestasi pun bisa mendaftar jalur SNBT ini.

Selain itu, bagi peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi pada saat pengumuman telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat juga mengikuti jalur SNBT.

Pendaftarannya dilakukan dilakukan sendiri dan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di laman resmi SNBT.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNILA

Salah satu Program Pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga miskin yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi adalah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan. Bantuan biaya pendidikan tersebut dikenal dengan nama Bidikmisi.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNILA merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah kepada calon penerima yang memenuhi persyaratan.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lainnya mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNILA juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jalur mandiri UNILA dikenal dengan sebutan Simanila.

Simanila terbagi menjadi 3 jalur, yaitu jalur Simanila Reguler, Simanila Paralel, dan Simanila Vokasi. Selain itu, dibuka pula penerimaan mahasiswa baru program Spesialis & Profesi, jalur PMPAP, dan penerimaan jenjang Pascasarjana. Penjelasan dari masing-masing jalur tersebut akan diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran Simanila Reguler

Simanila Reguler adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana untuk semua program studi di UNILA. Perkuliahan diselenggarakan secara normal dari pagi hingga siang atau sampai sore hari.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti jalur Simanila Reguler ini.

2. Pendaftaran Simanila Paralel

Sedikit berbeda dengan Simanila Reguler, bahwa Simanila Paralel dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana pada beberapa program studi tertentu di UNILA. Perkuliahan diselenggarakan mulai dari sore sampai malam hari. Biasanya untuk mahasiswa yang telah bekerja memilih kelas Paralel ini.

3. Pendaftaran Simanila Vokasi

Simanila Vokasi adalah jalur seleksi mandiri untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma 3. Jalur ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada masyaratkat yang putra-putrinya ingin melanjutkan pendidikan lanjut di bidang keterampilan dan kompetensi keahlian khusus.

4. Pendaftaran PMPAP

PMPAP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan di UNILA. Jalur ini khusus diperuntukkan bagi peserta Lulusan SMA Di Provinsi Lampung yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

5. Pendafaran Program Spesialis & Profesi

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Progam Spesialis & Profesi di UNILA, maka anda dapat mengikuti seleksi masuk untuk program tersebut sesuai ketentuan dari UNILA.

6. Pendaftaran Pascasarjana UNILA

UNILA kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana yang terdiri dari Magister (S2) dan Doktor (S3).

Calon peserta yang ingin mendaftar harus membeli PIN di Bank BRI. Saat membeli PIN, anda juga akan mendapatkan KAP (Kode Akses Pendaftar). Gunakan PIN dan KAP tersebut untuk melakukan pendaftaran secara online.

7. Pendaftaran SMMPTN Barat

UNILA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SMMPTN Barat. Jalur ini hampir sama seperti jalur SNBT dalam hal seleksinya. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNILA, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat ini.

Silahkan baca informasi selengkapnya : Pendaftaran SMMPTN Barat

Penting!!!

Untuk informasi selengkapnya mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri UNILA, maka dapat anda lihat di alamat simanila.unila.ac.id . Sedangkan informasi penerimaan program Pascasarjana UNILA dapat anda lihat di pasca.unila.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNILA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan juga bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang tersedia. 

Sekian info dari admin, jangan lupa untuk berkunjung kembali dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.