Pendaftaran POLIBATAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

registrasi.polibatam.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polibatam Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Registrasi Polibatam (Politeknik Negeri Batam), Penerimaan Mahasiswa Baru Polibatam, Pendaftaran Poltek Batam, Pendaftaran Politeknik Negeri Batam, Jalur Masuk ; SNBP, SNBT, UMPB, Bidikmisi, KIP Kuliah, Lanjut Jenjang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran POLIBATAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri kuliah di Politeknik Negeri Batam. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.


Politeknik Negeri Batam atau disingkat dengan nama POLIBATAM adalah salah satu perguruan tinggi negeri berbentuk Politeknik yang menyelenggarakan pendidikan jenjang Vokasi yang berada di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Batam, Bintan, dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

Pada awalnya, Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. 

Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam.

Adapun jurusan dan program studi yang ada di POLIBATAM yaitu :

Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D4 Akuntansi Manajerial
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan
  • D4 Logistik Perdagangan Internasional
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan (International Class)
  • D2 Jalur Cepat Distribusi Barang

Jurusan Teknik Elektro, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Elektronika Manufaktur
  • D3 Teknik Instrumentasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Elektronika
  • D4 Teknik Mekatronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknik Robotika

Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknologi Geomatika
  • D4 Animasi
  • D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
  • D4 Rekayasa Keamanan Siber
  • D4 Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan
  • D4 Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi
  • Program Profesi Insinyur (PSPPI)

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Politeknik Negeri Batam. Dilihat dari program studi yang ada di POLIBATAM, cukup banyak pilihan program yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa.

Pilihlah program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang dimiliki agar nantinya pada saat mengikuti perkuliahan dalam dijalankan dengan baik.

Nah, bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di POLIBATAM, maka yang dapat dilakukan adalah mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Pendaftaran dapat dilakukan pada tiap tahun ajaran baru akan dimulai yaitu sekitar awal tahun hingga bulan Juli. Untuk lebih jelasnya dapat disimak di bagian bawah.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya dapat memilih salah satu jalur seleksi yang dibuka oleh POLIBATAM, Jalur seleksi yang dibuka terdiri dari jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri.

Jalur seleksi nasional dilaksanakan bersamaan dengan Politeknik Negeri se-Indonesia. Biasanya  jalur ini dibuka paling awal. Jalur seleksi nasional yang dimaksud yaitu jalur SNBP.

Selanjutnya yaitu jalur mandiri, jalur ini dikelola secara mandiri oleh POLIBATAM untuk memberi kesempatan pada calon mahasiswa baru. Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa.

Sebelum mengetahui jalur-jalur seleksi mandiri apa saja yang dibuka oleh POLIBATAM, terlebih dahulu pahami cara pendaftaran calon mahasiswa baru berikut yang berlaku khusus untuk jalur mandiri (selain jalur SNBP).

Cara Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru POLIBATAM Jalur Mandiri :
  1. Buka alamat registrasi.polibatam.ac.id
  2. Klik menu "Form Pendaftaran"
  3. Pilih dan klik jalur seleksi yang akan diikuti
  4. Lalu mengisi Form Pendaftaran hingga selesai
  5. Mencetak kartu peserta
  6. Mengikuti seleksi
  7. Menunggu hasil seleksi

Selanjutnya admin berikan informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur masuk ke POLIBATAM, baik itu untuk jalur nasional ataupun jalur mandiri yang terurai pada persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftara, cara mendaftar, dan ketentuan terkait lainnya. Silahkan simak di bawah ini.

A. Pendaftaran POLIBATAM Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi nasional masuk ke politeknik negeri / PTN yang ada di Indonesia yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi siswa.

Calon peserta SNBP merupakan siswa SLTA sederajat yang berprestasi lulusan tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa berprestasinya dengan mengisi data di PDSS. Selanjutnya siswa dapat memulai proses pendaftaran dengan membuat akun SNPMB kemudian mengisi data lengkap hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, biaya, portofolio, datar perguruan tinggi, link pendaftaran, cara mendaftar, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP.

B. Pendaftaran POLIBATAM Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau SNBT adalah jalur seleksi nasional masuk ke politeknik negeri / PTN se-Indonesia yang salah satunya adalah jalur masuk ke POLIBATAM yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian UTBK.

Jalur SNBT memberikan kesempatan untuk calon peserta yang tidak mendapat kesempatan mengikuti jalur SNBP atau jalur lainnya, Atau bagi peserta yang telah mengikuti jalur lainnya tetapi dinyatakan tidak lolos.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat yang memenuhi persyaratan.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online di laman resminya dengan membuat akun SNPMB lalu mengisi formulir pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta. 

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal. biaya, cara mendaftar, biaya, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran UTBK SNBT atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT.

C. Pendaftaran POLIBATAM Jalur PMDK

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan atau jalur PMDK merupakan jalur seleksi masuk ke POLIBATAM yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari lulusan tahun ini yang memiliki prestasi non-akademik.

Calon mahasiswa yang lulus pada program PMDK mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa yaitu beasiswa PMDK dengan mengajukan pendaftaran beasiswa terlebih dahulu. Beasiswa PMDK diperuntukkan bagi peserta PMDK yang memiliki prestasi non akademik atau nilai ujian nasional murninya tertinggi. Peserta yang dinyatakan mendapat beasiswa PMDK berupa pembebasan biaya perkuliahan selama 1 semester.

Peserta yang dinyatakan tidak diterima pada PMDK-Prestasi tetap mendapat kesempatan untuk mendaftar kembali di Jalur lainnya.

Persyaratan Pendaftaran :
  • Calon Lulusan SLTA sederajat tahun ini
  • Memiliki prestasi non akademik minimal tingkat kota selama SMA / SMK / MA
  • Surat rekomendasi dari sekolah.

Pendaftaran secara online di web: registrasi.polibatam.ac.id . Untuk informasi lain cek di laman tersebut.

D. Pendaftaran POLIBATAM Jalur UMPB

Ujian Masuk Politeknik Negeri Batam atau UMPB merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh pihak kampus untuk menyeleksi calon mahasiswa melalui ujian tertulis.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin masuk untuk program studi D3 & D4 reguler Pagi, D3 & D4 reguler malam, dan kelas Industri.

1. Persyaratan Pendaftaran
  • siswa / siswi atau alumni SMA / SMK / MK sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  • Memiliki KTP & KK
  • Mendaftar secara online
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran

2. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi Registrasi POLIBATAM di alamat registrasi.polibatam.ac.id dengan memilih jalur seleksi yang akan diikuti lalu melakukan pengisian biodata diri secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu peserta.

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sekitar bulan April hingga Juli untuk beberapa gelombang. Rincian jadwal dapat dilihat langsung di website resmi.

E. Pendaftraan POLIBATAM Jalur Mandiri Lainnya

Selain jalur seleks mandiri PMDK dan UMPB, masih ada jalur seleksi mandiri lainnya seperti jalur :
  • Afirmasi
  • Magister Terapan
  • Program Diploma II Distribusi Barang (D2FT) (Program Kerjasama)
  • Program Diploma Melalui Micro-Credential+ RPL
  • Program Profesi Insinyur (PSPPI)
  • RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan temukan di laman https://registrasi.polibatam.ac.id/jalur-masuk/

E. Pendaftaran KIP Kuliah POLIBATAM

POLIBATAM juga memberikan kesempatan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidika tinggi di POLIBATAM dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah

Calon peserta yang ingin mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur seleksi yang dibuka oleh POLIBATAM yaitu SNBP, SNBT, atau mandiri.

Calon peserta juga harus memiliki kartu KIP, KKH, KKS, KPS atau surat keterangan tidak mampu, serta memenuhi persyartan lain yang telah ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online mellaui laman di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Penjelasan selengkapnya tentang KIP Kuliah seperti tata cara pendaftaran, syarat pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran POLIBATAM Jalur D4 Lanjut Jenjang

Jalur D4 Lanjut Jenjang merupakan jalur seleksi masuk ke POLIBATAM yang diperuntukkan bagi lulusan D3 pada jurusan yang serumpun.

Program Studi yang Dibuka adalah:
  • Akuntansi Manajerial (D4 Lanjut Jenjang)
  • Administrasi Bisnis Terapan (D4 Lanjut Jenjang)
  • Teknik Multimedia & Jaringan (D4 Lanjut Jenjang)
  • Teknik Mekatronika (D4 Lanjut Jenjang)

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat registrasi.polibatam.ac.id kemudian pilih jalur seleksi lalu mengisi data secara langkap hingga mencetak kartu peserta. Jadwal Pendaftaran dan Ujian dapat dilihat langsung di alamat website tersebut.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke POLIBATAM beserta ketentuan terkait lainnya. Untuk penjelasan lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di websiite resmi Registrasi Polibatam di alamat registrasi.polibatam.ac.id 

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan infomasi, silahkan ikuti yang ada di website resmi.

Silahkan ikuti jalur seleksi yang diminati. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi melalui jalur seleksi yang diikuti tersebut.

Baca Juga :
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran POLIBATAMJalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi calon mahasiswa baru semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan semoga sukses untuk kita semua.