Proses Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN 2020/2021

Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN 2020 -- Proses Pendaftaran SBMPTN, Seleksi - Ujian - Tes SBMPTN, Pengumuman SBMPTN, Alur - Prosedur - Tata Cara Mendaftar SBMPTN, Pelaksanaan Ujian Seleksi SBMPTN, Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SBMPTN. Cara Daftar SBMPTN Online, Ujian Seleksi SBMPTN : UTBC / UTBK, Pengumuman Lulus SBMPTN, 2022. 2023.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Proses Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN 2020/2021. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.



Seperti yang telah di bahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa SBMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan melalui tes / ujian.

Ujian SBMPTN telah diganti dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau dikenal dengan nama UTBK. UTBK dilaksanakan terlebih dahulu sebelum pendaftaran SBMPTN. Nilai UTBK yang dimiliki peserta dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Mengenai pelaksanaan, SBMPTN dibuka setelah SNMPTN. Jadi, bagi peserta SNMPTN yang dinyatakan tidak lulus pada jalur tersebut maka dapat mendaftarkan diri kembali dengan mengikuti jalur SBMPTN. Sedangkan yang dinyatakan lulus SNMPTN, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui website resmi SBMPTN di alamat sbmptn.ltmpt.ac.id.

Disinipun admin turut membantu menyampaikan informasi seputar pendaftaran SBMPTN beserta ketentuan, persyaratan, dan lain-lain yang berkaitan dengan pendaftaran SBMPTN.

Calon peserta yang ingin mendaftar SBMPTN dapat melakukannya sendiri. Ini berbeda dengan SNMPTN, pada waktu mendaftar SNMPTN, calon peserta didaftarkan oleh pihak sekolah. Nah, untuk pendaftaran SBMPTN dilakukan sendiri oleh calon peserta.

Pastinya, sebelum mendaftar SBMPTN, calon peserta sudah harus mengikuti tes UTBK karena nilai yang diperoleh dari tes tersebut yang bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Dengan kata lain bahwa, salah satu syarat mendaftar SBMPTN adalah memiliki nilai UTBK.

Jika  telah memiliki nilai UTBK, calon peserta bisa mendaftar SBMPTN dengan membuka website resmi pendaftaran SBMPTN di alamat sbmptn.ltmpt.ac.id kemudian mengisi data pendaftaran secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu SBMPTN. Baca panduan selengkapnya pada artikel di bawah ini : 
Alur dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
Bagi kalian yang mengalami kesulitan, maka dapat menghubungi call center, atau menemukan solusi di website atau bertanya pada panitia.
Gedung BPPT Lantai 23
Jl. M.H. Thamrin 8, Jakarta 10340
Email: sekretariat@ltmpt.ac.id
Telp. : (021) 3104041
Faks. : (021) 3104042
B. Ujian Seleksi SBMPTN

Ujian tertulis pada SBMPTN kini telah diganti dengan UTBK yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang diadakan sebelum pelaksanaan SBMPTN. Jadi, calon peserta SBMPTN mengikuti ujian berbasis komputer (UTBK) terlebih dahulu sebelum mengikuti SBMPTN.

Di tahun ini, seleksi SBMPTN didasarkan pada hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Lihat jadwal seleksi SBMPTN selengkapnya di bawah ini:
Jadwal Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN dan UTBK
Semua peserta diharapkan datang ke lokasi ujian sekitar 30 menit sebelum pelaksanaan. Satu hari sebelumnya, peserta diharapkan mengecek lokasi agar pada saat pelaksaaan ujian peserta langsung tahu lokasi ujiannya tanpa bingung mencarinya.

Biasanya, dikarenakan suatu kampus tidak bisa menampung banyaknya peserta SBMPTN yang akan mengikuti ujian, maka ujiannya dilaksanakan di Sekolah-sekolah yang ada di sekitar kampus. Nah, itulah perlunya peserta mencari lokasi ujian satu hari sebelum pelaksanaan.

Pada saat ujian, bawalah perlengkapan ujian yang diperlukan, serta yang paling penting adalah membawa kartu peserta ujian, serta berpakaianah rapi dan sopan agar terlihat sebagai calon mahasiswa yang baik.


C. Pengumuman SBMPTN

Setelah semua ujian seleksi dilaksanakan, peserta tinggal menunggu hasilnya saja. Sambil menunggu pengumuman SBMPTN, ada baiknya peserta SBMPTN membaca informasi-informasi penting terkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru masuk PTN. Misalnya tentang jalur mandiri.

Hal ini juga perlu untuk dilakukan sebagai persiapan, andaikan saja nantinya peserta SBMPTN tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur mandiri yang diselenggarakan oleh PTN, dan telah tahu cara mendaftarnya karena sudah membaca. Ada jalur mandiri bersama yang dikenal dengan nama SMM PTN Barat, jalur mandiri undangan, dan ada juga jalur mandiri lokal.

Bersyukur jika kalau dinyatakan lulus seleksi, tinggal melakukan pendaftaran ulang, membayar biaya UKT, dan mengikuti kegiatan kampus sesuai petunjuk dari pihak kampus.

Nah, untuk pengumuman SBMPTN ini akan diumumkan secara online melalui website resmi Pengumuman SBMPTN dan laman mirror beberapa PTN.


Kembali ke Artikel Lengkap : Pendaftaran SBMPTN
Itulah informasi mengenai Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN. Semoga informasi yang telah admin sampaikan di atas bermanfaat untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk bisa lulus seleksi jalur SBMPTN ini dapat terkabulkan. Amin. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa berbagi pada teman lainnya.