Proses Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SNBT 2024/2025

Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman UTBK SNBT 2024 -- Proses Pendaftaran UBTK SNBT, Seleksi - Ujian - Tes UTBK SNBT, Pengumuman UTBK SNBT, Alur - Prosedur - Tata Cara Mendaftar UTBK SNBT, Pelaksanaan Ujian Seleksi UTBK SNBT, Pengumuman Kelulusan Hasil Seleksi SNBT. Cara Daftar SNBT Online, Ujian Seleksi UTBK SNBT, Pengumuman Lulus SNBT, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Proses Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SNBT 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalurSNBT. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.


A. Pendaftaran SNBT

Seperti yang telah di bahas pada artikel-artikel sebelumnya bahwa SNBT merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan melalui tes / ujian yang dikenal dengan nama UTBK.

Mengenai pelaksanaan, SNBT dibuka setelah SNBP. Jadi, bagi peserta SNBP yang dinyatakan tidak lulus pada jalur tersebut maka dapat mendaftarkan diri kembali dengan mengikuti jalur SNBT. Sedangkan yang dinyatakan lulus SNBP, tidak diperbolehkan mendaftar SNBT.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online melalui website resminya.

Disinipun admin turut membantu menyampaikan informasi seputar pendaftaran SNBT beserta ketentuan, persyaratan, dan lain-lain yang berkaitan dengan pendaftaran SNBT.

Proses pendaftaran UTBK dan SNBT dilaksanakan bersamaan. Pendaftarannya adalah pendaftaran UTBK SNBT, tesnya adalah tes UTBK, dan pengumumannya adalah pengumuman hasil UTBK SNBT.

Pastikan saat melakukan pengisian data pendaftaran harus lengkap dan benar agar tidak ada kesalahan yang bisa merugikan anda. Baca panduan selengkapnya pada artikel di bawah ini : 
Alur dan Tata Cara Pendaftaran UTBK SNBT
Bagi kalian yang mengalami kesulitan, maka dapat menghubungi call center, atau menemukan solusi di website atau bertanya pada panitia.
Gedung D lt.2, Kemdikbudristek Jl. Pintu I Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 3104041 
Email: snpmb@bppp.kemdikbud.go.id; halo-snpmb@bppp.kemdikbud.go.id
B. Ujian Seleksi SNBT

Ujian tertulis pada SNBT kini telah diganti dengan UTBK yang diadakan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Setelah mendaftar UTBK SNBT, peserta SNBT mengikuti ujian berbasis komputer (UTBK) sesuai jadwal.

Lihat jadwal seleksi SNBT selengkapnya di bawah ini:
Jadwal Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman UTBK SNBT
Semua peserta diharapkan datang ke lokasi ujian sekitar 30 menit sebelum pelaksanaan ujian. Satu hari sebelumnya, peserta diharapkan mengecek lokasi agar pada saat pelaksaaan ujian peserta langsung tahu lokasi ujiannya tanpa bingung mencarinya.

Biasanya, dikarenakan suatu kampus tidak bisa menampung banyaknya peserta SNBT yang akan mengikuti ujian, maka ujiannya dilaksanakan di Sekolah-sekolah yang ada di sekitar kampus. Nah, itulah perlunya peserta mencari lokasi ujian satu hari sebelum pelaksanaan.

Pada saat ujian, bawalah perlengkapan ujian yang diperlukan, serta yang paling penting adalah membawa kartu peserta ujian, serta berpakaianah rapi dan sopan agar terlihat sebagai calon mahasiswa yang baik.


C. Pengumuman SNBT

Setelah semua ujian seleksi dilaksanakan, peserta tinggal menunggu hasilnya saja. Sambil menunggu pengumuman SNBT, ada baiknya peserta SNBT membaca informasi-informasi penting terkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru masuk PTN. Misalnya tentang jalur mandiri.

Hal ini juga perlu untuk dilakukan sebagai persiapan andaikan saja nantinya peserta SNBT tidak lulus seleksi, maka dapat mengikuti jalur mandiri yang diselenggarakan oleh PTN, dan telah tahu cara mendaftarnya karena sudah membaca. Ada jalur mandiri bersama yang dikenal dengan nama SMM PTN Barat, jalur mandiri undangan, dan ada juga jalur mandiri lokal.

Bersyukur jika kalau dinyatakan lulus seleksi, tinggal melakukan pendaftaran ulang, membayar biaya UKT, dan mengikuti kegiatan kampus sesuai petunjuk dari pihak kampus.

Nah, untuk pengumuman SNBT ini akan diumumkan secara online melalui website resmi Pengumuman SNBT dan laman mirror beberapa PTN.


Kembali ke Artikel Lengkap (persyaratan, jadsal, biaya, dll) : Pendaftaran UTBK SNBT

Itulah informasi mengenai Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SNBT. Semoga informasi yang telah admin sampaikan di atas bermanfaat untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk bisa lulus seleksi jalur SNBT ini dapat terkabulkan. Aamiin. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa berbagi pada teman lainnya.