Pendaftaran ISBI Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.isbi.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISBI Bandung, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Bandung, PMB Online ISBI Bandung, Pendaftaran Kuliah Diploma, Sarjana, Pascasarjana ISBI Bandung, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Bandung, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran ISBI Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di kampus ISBI Bandung pada tahun ini. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau dikenal pula dengan nama ISBI Bandung adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Seni dan Budaya pada program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana.

Lokasi kampus ISBI Bandung yaitu di Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265

ISBI Bandung muncul dari aspirasi masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya lembaga pendidikan tinggi seni tari di Bandung. Berdasarkan Surat Keputusan Walikota-madya Bandung nomor 5539/68, tanggal 31 Maret 1968 di Bandung didirikan Konservatori Tari (KORI).

Kemudian KORI mengalami perubahan pada tahun 1971 menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung. Lalu ASTI berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung pada tahun 1995. Dan akhirnya pada tahun 2014, STSI berubah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Fasilitas Pendidikan yang ada di SBI Bandung yaitu Gedung Pertunjukan, Studio, Lab Bahasa, Klinik Kesehatan, Tempat Ibadah, Peralatan Pertunjukan, Perpustakaan, Sarana Olahraga, Kantin, dan lain-lain.

Fakultas dan Program Studi di ISBI Bandung, yaitu :

1. Fakultas Seni Pertunjukan, terdiri dari :
  • Program Studi Tari, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penciptaan, Penyajian, Pengkajian
  • Program Studi Karawitan, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penciptaan, Penyajian, Pengkajian
  • Program Studi Teater, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Penyutradaraan, Pemeranan, Penulisan Lakon, Penataan Artistik, Pengkajian
  • Program Studi Angklung dan Musik Bambu, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan

2. Fakultas Seni Rupa dan Desain, terdiri dari :
  • Program Studi Seni Rupa Murni, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Seni Lukis, Seni Patung, Pengkajian
  • Program Studi Kriya, Jenjang Pendidikan D3, Kompetensi Utama : Tata Pentas, Tata Grafis (DKV)
  • Program Studi Rias dan Busana, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan

3. Fakultas Budaya dan Media, terdiri dari :
  • Program Studi Film dan Televisi, Jenjang Pendidikan D4, Kompetensi Utama : Penciptaan
  • Program Studi Etno Studi, Jenjang Pendidikan S1, Kompetensi Utama : Pengkajian

4. Program Pascasarjana, terdiri dari :
  • Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ISBI Bandung merupakan kampus negeri yang menyelenggarakan pendidikan bidang seni. Diresmikan pada tahun 2014. Lokasinya di Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265. Memiliki cukup banyak program studi dan memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap.

Setelah mengetahui uraikan di atas, tentunya kalian dapat memiliki gambaran mengenai kampus ISBI Bandung terutama yang sangat berminat sekali untuk kuliah di kampus ini.

Berkuliah di kampus ISBI Bandung dapat menjadikan kalian seorang yang ahli dan profesional di bidang ilmu seni. Pembelajaran yang didukung dengan fasilitas lengkap dapat memberikan kemudahan dalam penguasaan materi. Dengan begitu, ilmu-ilmu yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang bisa didapatkan di kampus ini.

Bagi kalian suka menyanyi, menggambar, melukis, mendesain, serta yang memiliki jiwa seni lainnya, maka asahlah kemampuan di kampus ini. Untuk bisa belajar di ISBI Bandung, terlebih dahulu kalian mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Pendaftaran dapat dilakukan pada saat dibukanya penerimaan mahasiswa baru. Kalian dapat mengikuti salah satu jalur seleksi yang dibuka, baik jalur seleksi nasional ataupun jalur mandiri. Penjelasan mengenai jalur-jalur tersebut dapat disimak berikut ini.

I. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke PTN, salah satunya ISBI Bandung

Jalur ini ditujukan khusus bagi siswa berprestasi dan akan lulus sekolah di tahun ini. Bagi yang tidak berprestasi unggul, maka silahkan ikuti jalur lainnya.

Calon peserta yang akan mendaftar di jalur SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Informasi berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

II. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBT

Berikutnya adalah jalur SNBT yang merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke PTN, salah satunya ISBI Bandung.

Seleksi SNBT diadakan melalui ujian atau tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN. 

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya yang dilakukan sendiri oleh calon peserta.

Informasi penting lainnya mengenai jadwal pendaftaran, laman resmi, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, pengumuman SNBT dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

III. Pendaftaran KIP Kuliah ISBI Bandung

ISBI Bandung turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi untuk bisa kuliah dengan memberikan bantuan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Kini, Bidikmisi berganti menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Pendaftaran KIP Kuliah tersebut menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi lebih lanjut seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

IV. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur Mandiri

Selain membuka jalur-jalur nasional, ISBI Bandung juga membuka jalur mandiri untuk menerima calon mahasiswa baru. Jalur ini dibuka setelah jalur seleksi nasional. Berikut penjelasannya.

1. Berkas Persyaratan Pendaftaran
  1. Scan Foto
  2. Scan Akta Kelahiran (batas usia pendaftar maksimal 23 Tahun, pendaftar usia diatas 23 Tahun wajib melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari instansi tempat bekerja)
  3. Scan Kartu Keluarga
  4. Scan Surat Keterangan Lulus/Ijazah
  5. Scan Surat Keterangan Sehat
  6. Scan Surat Keterangan Kelakuan Baik
  7. Scan Surat Keterangan Sehat Khusus, antara lain:
    • Tidak Buta Warna, bagi Jurusan Televisi & Film, Kriya Seni, Seni Murni, dan Tata Rias Busana
    • THT, bagi Jurusan Televisi & Film, Tari, Karawitan, Teater, dan Angklung & Musik Bambu.
  8. Scan Surat Keterangan Penggunaan Beban Listrik
  9. Surat Pernyataan (cetak pada menu biodata di formulir online).
    • Tata Tertib ISBI Bandung
    • Biaya Pendidikan
    • Penyalahgunaan Narkoba

                                  2. Alur Pendaftaran
                                  1. Calon Mahasiswa Melakukan Pembayaran Pembelian Formulir Online secara tunai di Sekretariat PMB ISBI Bandung atau melalui transaksi bank.
                                  2. Kemudian mengakses dan mengisi formulir online menggunakan username dan pin yang diperoleh setelah melakukan pembayaran pemesanan formulir di pmb.isbi.ac.id
                                  3. Selanjutnya formulir akan melalui proses verifikasi oleh petugas di sekretariat untuk memeriksa apakah data pada formulir telah sesuai dengan persyaratan 
                                  4. Calon Mahasiswa dapat mencetak kartu peserta pada waktu yang telah ditentukan dan formulir dinyatakan lolos verifikasi.
                                  5. Mengikuti ujian sesuai dengan nomor urut peserta ujian saringan masuk yang terdapat pada kartu peserta ujian.
                                  6. Melihat pengumuman hasil ujian secara online
                                  7. Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus, selanjutnya melakukan registrasi ulang dengan melakukan pembayaran biaya kuliah dan membawa persyaratan yang dicantumkan pada website dan dokument panduan PMB.

                                  V. Pendaftaran ISBI Bandung Program Pascasarjana

                                  Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, ISBI Bandung juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Untuk informasi pendaftaran, maka dapat dilihat langsung di alamat isbi.ac.id


                                  Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ISBI Bandung jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diminati dengan memprediksikan bahwa jalur tersebut memberikan peluang besar untuk kelulusan.

                                  Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di web resmi di alamat isbi.ac.id

                                  Mari Baca Juga :
                                  Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga saja informasi tersebut bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kalian. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali bersama teman lainnya juga ya.