Pendaftaran PNL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.pnl.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNL Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru PNL, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru PNL, Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Lhokseumawe, Pendaftaran Kuliah di PNL, Jalur Masuk PNL ; Jalur SNBP, SNBT, USMP, Bidikmisi, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran PNL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi politeknik negeri di PNL. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.


Politeknik Negeri Lhokseumawe atau disingkat PNL adalah salah satu Politeknik Negeri di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan bidang Vokasi.

Politeknik Negeri Lhokseumawe berlokasikan di Jl. Banda Aceh-Medan Km. 280,3, Buketrata, Mesjid Punteut, Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Indonesia.

Pada awal berdirinya tahun 1985 bernama Politeknik Unsyiah yang merupakan bagian dari Universitas Syiah Kuala. Pendiriannya didanai oleh Bank Dunia XIII dengan membuka tiga jurusan program Diploma 3 yaitu, jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Proses penyelenggaraan pendidikan pertama dimulai pada tanggal 5 Oktober 1987.

Setelah beberapa waktu beroperasi, akhirnya Politeknik Negeri Lhokseumawe mengalami perubahan status dari Politeknik Universitas Syiah Kuala menjadi Politeknik Negeri Lhokseumawe yang didasarkan pada Surat Keputusan Mendikbud No. 100/O/1997 tanggal 9 Mei 1997.

Saat ini, jurusan dan program studi yang ada di PNL sudah banyak. Berikut daftarnya.

Jurusan dan Program Studi di PNL :

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D2 Jalur Cepat Pengukuran dan Penggambaran Tapak Bangunan Gedung
  • D3 Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  • D3 Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

Jurusan Teknik Kimia terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Kimia
  • D3 Teknologi Pengolahan Minyak dan Gas
  • D4 Teknologi Rekayasa Kimia Industri

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Industri
  • D3 Teknologi Mesin
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur
  • D4 Teknologi Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Listrik
  • D3 Teknologi Telekomunikasi
  • D3 Teknologi Elektronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi
  • D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

Jurusan Tata Niaga terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4  Manajemen Keuangan Sektor Publik
  • D4  Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
  • S2 Keuangan Islam

Jurusan Teknologi Informasi Komputer terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan
  • D4 Teknik Informatika

Melihat profil singkat mengenai Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) di atas, tentunya kalian telah memiliki sedikit gambaran seperti apa kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) ini.

Selanjutnya, bagi kalian yang berminat untuk menempuh pendidikan di PNL, maka dapat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru PNL pada tahun ajaran ini.

Di setiap tahun ajaran baru, PNL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. Melalui jalur-jalur seleksi tersebut, calon mahasiswa akan diseleksi sesuai dengan ketentuan jalur masing-masing.

Antara satu jalur dengan jalur lainnya berbeda mengenai cara mendaftar, persyaratan, dan ketentuan seleksinya. Jadi, kalian harus membaca informasi mengenai jalur-jalur tersebut dengan teliti agar tidak salah.

Silahkan pilih salah satu jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan. Dengan mengikuti satu jalur dan dinyatakan lulus, maka tidak perlu mengikui jalur lainnya. Jika tidak lulus di satu jalur, maka dapat mengikuti jalur lainnya yang masih dibuka.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan bidang vokasi. Dalam arti lain bahwa vokasi sama dengan diploma. 

Di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), pendidikan Diploma yang diselenggarakan adalah pendidikan jenjang Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). Silahkan pilih salah satu program studi jenjang D 3 atau D 4 yang ada di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL).

Nah, sekarang bagi yang ingin mendaftarkan diri, silahkan baca informasi di bawah ini tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Lhokseumawe beserta ketentuannya.

A. Pendaftaran PNL Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN di Indonesia salah satunya Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang mana siswa tersebut akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali dengan pemberian rekomendasi oleh Kepala Sekolah yang mengisi data di laman PDSS. Setelah itu siswa dapat memulai pendaftraan dengan terlebih dahulu membuat akun SNPMB lalu melakukan pengisian data pendaftaran hingga mencetak bukti pendaftaran.

Untuk informasi lebih lanjut seperti prosedur, persyaratan, jadwal, biaya pendaftaran, mekanisme seleksi, daftar pilihan Politeknik, pilihan program studi, dan lain-lain semuanya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBP.

B. Pendaftaran PNL Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN  yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur SNBT terbuka untuk para lulusan SLTA sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir (lulus tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi).

Proses pendaftaran SNBT dilakukan secara online oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mengakses laman resmi untuk membuat akun SNPMB lalu melengkapi data online yang tersedia sampai selesai (mencetak kartu peserta). Laman pendaftaran dapat ditemukan pada artikel lanjutan di bawah ini.

Informasi seperti laman pendaftaran, persyaratan, biaya, jadwal, daftar perguruan tinggi, pilihan program studi, cara mendaftar, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran UTBK SNBT atau Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SNBT.

C. Pendaftaran PNL Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal oleh PNL.

Jalur ini bisa menjadi alternatif untuk kalian yang belum lolos melalui jalur seleksi nasional di atas.

Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh PNL, yaitu :

1. Jalur PPMPN

Penelusuran Prestasi Masuk Politeknik Negeri (PPMPN) adalah jalur seleksi mandiri masuk ke PNL yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA atau sederajat lulusan tahun ini dan tahun kemaren yang memiliki prestasi di Bidang Olahraga, Seni dan IPTEK yang dibuktikan dengan sertifikat / piagam kejuaraan yang dimenangkan selama di bangku sekolah.

2. Jalur SMMPN

Seleksi Mandiri Masuk Politeknik Negeri (SMMPN) dalah jalur seleksi mandiri masuk ke PNL yang diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK / MA atau sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang mana seleksinya dilakukan melalui tes.

3. D2 Jalur Cepat

Bagi yang ingin masuk ke PNL dan memilih D2 Jalur Cepat Pengukuran dan Penggambaran Tapak Bangunan Gedung, maka dapat mengikuti seleksi di jalur ini.

4. Jalur Alih Jenjang

Jalur ini dibuka untuk menerimaan calon mahasiswa dari Jenjang Diploma Tiga melanjutkan ke Sarjana Terapan.

5. Jalur Masuk Magister Terapan

Jalur ini dibuka untuk lulusan Lulusan S1 / D4 yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana terapan.


Untuk pendaftaran jalur mandiri di atas melalui laman http://pmb.pnl.ac.id/. Informasi lengkap mengenai jalur-jalur mandiri di atas dapat diakses melalui laman tersebut juga/

D. Pendaftaran KIP Kuliah PNL

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akademik baik.

Calon peserta yang ingin mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur sleeksi masuk yang dibuka oleh PNL yaitu jalur SNBP, SNBT, atau mandiri.

Informasi selengkapnya tentang KIP Kuliah seperti tata cara pendaftaran, syarat pendaftaran, tanggal pendaftaran, tanya jawab KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, keunggulan KIP Kuliah dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berjudul :  Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah informasi mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru beserta ketentuannya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat ditemukan langsung di website resmi PMB PNL di alamat pmb.pnl.ac.id 

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti update terbaru di laman web PNL.

Sumber : http://pmb.pnl.ac.id/

Mari Baca Juga :

Demikian penyampaikan tentang Pendaftaran PNL (Politeknik Negeri Lhokseumawe). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk bisa diterima di PNL dapat terkabulkan. Aamiin.

Jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada teman lainnya dan teruslah berkunjung ke blog ini. Thank