Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SBMPTN 2020/2021

Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SBMPTN 2020 -- Materi Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), Jenis Ujian UTBK, Kelompok Ujian UTBK, Materi Ujian Keterampilan Bidang Seni dan Keolahragaan, Jenis Ujian SBMPTN, Kelompok Ujian SBMPTN, Jenis Tes SBMPTN, Materi Ujian SBMPTN (Tes Potensi Skolastik (TPS) - Tes Kompetensi Akademik (TKA)), Kelompok Ujian SBMPTN (Saintek, Soshum, Campuran), Materi Tes SBMPTN. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SBMPTN 2020/2021. Informasi ini sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya tentang SBMPTN. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Salah satu jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling favorit adalah jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah jalur ujian tertulis nasional masuk ke Perguruan Tinggi di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Sebelum mendaftar SBMPTN, terlebih dahulu harus mendaftar UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Nantinya nilai UTBK dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN.

Sebagai gambaran awal, kalian perlu mengetahui apa saja jenis ujian dan kelompok ujian UTBK. Secara umum jenis ujian UTBK ada 2 yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Sedangkan kelompok ujian UTBK ada 2 yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dan Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).

Nah, sebelum kalian mengikuti tes pada waktu yang telah ditentukan, sebaiknya mempelajari dulu materi apa yang akan diujikan agar apa yang kalian pelajari cocok dengan soal yang diujikan.

Hal ini cukup penting untuk kalian lakukan karena dengan mempelajari materi yang sesuai diharapkan akan muncul soal tes sesuai dengan materi tersebut sehingga materi yang telah kalian pelajari tidak sia-sia.

Berikut ini admin berikan informasi mengenai jenis ujian UTBK dan juga kelompok ujian UTBK. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

A. Jenis Ujian UTBK SBMPTN

Jenis ujian UTBK terdiri atas :

  • Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) 
Jenis ujian tersebut sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian


TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

B. Kelompok Ujian UTBK SBMPTN

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi:
  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

        Info Penting!!!
        • Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

        Itulah Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SBMPTN yang dapat admin bagikan. Kalian dapat melihat bahwa materi-materi yang akan diujikan adalah materi-materi tingkat SLTA. Dengan demikian tentu ada sudah mempelajari materi tersebut di Sekolah. Kalian tinggal mengingatnya lagi agar lebih paham.

        Untuk informasi lainnya seputar SBMPTN seperti persyaratan, biaya pendaftaran, cara pendaftaran, dan lain sebagainya silahkan baca pada artikel berikut :

        Sedangkan untuk proses pendaftaran, seleksi, dan pengumuman dapat dibaca pada artikel berikut :


        Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan tentang Jenis Ujian dan Kelompok Ujian UTBK SBMPTN. Semoga informasi tersebut bisa memberikan sedikit pencerahan untuk kalian semua.

        Ayo turut berbagi (G+1) atau share (FB) informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.