Pendaftaran UNS 2020/2021 (Universitas Sebelas Maret)

spmb.uns.ac.id 2020 -- Pendaftaran UNS Online, Pendaftaran Online UNS, SPMB UNS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Cara dan Panduan Pendaftaran UNS, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, PPs UNS, UNS Solo, UNS Surakarta, Universitas Sebelas Maret. 2022. 2023.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran UNS 2020/2021 (Universitas Sebelas Maret). Dengan adanya informasi pada artikel ini, mudah-mudahan bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru UNS. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dengan ibu kotanya yaitu Semarang. Di Jawa Tengah banyak sekali Perguruan Tinggi ternama seperti  UNSOED, UNNES, UNDIP, UNS, dan lain-lain.

Untuk kedepan mungkin ada sedikit perubahan jika Jawa Tengah terpecah menjadi baru yaitu Provinsi Surakarta, sehingga UNS dan ITS masuk ke Surakarta. Namun hal itu buka menjadi topik bahasan kita. Disini kita akan membahas Pendaftaran UNS.

UNS atau Universitas Sebelas Maret Surakarta adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia yang terletak di Kota Surakarta, tepatnya di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Sesuai namanya, Universitas Sebelas Maret (UNS) telah didirikan pada tanggal 11 Maret 1976.

Program Studi Jenjang Diploma di Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu :
  • Bahasa Mandarin, Usaha Perjalanan Wisata, Bahasa Inggris, Desain Komunikasi Visual, Komunikasi Terapan, Perpustakaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Pemasaran, Akuntansi, Manajemen Perdagangan, Manajemen Bisnis, Keuangan dan Perbankan, Perpajakan, Kebidanan, Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Teknologi Hasil Pertanian, Agribisnis, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Farmasi, Teknik Informatika, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Bidan Pendidik.

Program Studi Jenjang Sarjana (S1) di Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu :
  • Sastra Jawa, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Seni Rupa Murni, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, Kriya Seni, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Agroteknologi, Agribisnis, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Peternakan, Teknologi Pangan, Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Industri, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreas, Farmasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ekonomi, Hubungan Internasional, Pendidikan Geografi, Sastra Arab, Pendidikan Bahasa jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Fisika,Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sosiologi Antropologi, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Tanah, Teknik Elektro, Statistika, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Program Studi Jenjang Magister (S2) di Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu :
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Ekonomi, Akuntansi, Teknik Industri, Pendidikan Seni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kimia, Biosain, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Ilmu Fisika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Pendidikan Ekonomi, Kenotariatan, Seni Rupa, Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sains, Pendidikan Kependudukan Dan Ling Hidup, Ilmu Lingkungan, Ilmu Linguistik, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Publik, Penyuluhan Dan Komunikasi Pembangunan, Sosiologi, Ilmu Hukum, Kajian Budaya, Teknologi Pendidikan, Agribisnis, Agronomi, Ilmu Gizi, Ilmu Kedokteran Keluarga, dan Manajemen.

Program Studi Jenjang Doktor (S3) di Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu :
  • Ilmu Lingkungan, Ilmu Linguistik, Ilmu Pertanian, Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Kajian Budaya, Pendidikan Bahasa Indonesia, Ilmu Hukum, Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Kedokteran.

Program Studi Pendidikan Profesi di Universitas Sebelas Maret (UNS) yaitu :
  • Program Studi Pendidikan Profesi terdiri dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terdiri dari :
  • Obstetri dan Ginekologi, Bedah, Psikiatri, Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Orthopaedi dan Traumatologi, Ilmu Kesehatan THT Bedah Kepala dan Leher, Ilmu Kesehatan Anak, Anestesiologi & Reanimasi, Ilmu Penyakit Dalam, Patologi Klinik, Kardiologi & Kedokteran Vaskuler, Ilmu Penyakit Syaraf, Penyakit Kulit & Kelamin

Melihat banyak sekali program studi yang ada di UNS tersebut, tentunya ada salah satu yang anda minati. Admin juga tahu bahwa pembaca disini tentunya mencari salah program studi diminati di UNS.

Jika salah satu dari beberapa program studi yang anda cari ada di UNS, maka selanjutnya silahkan anda daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNS.

UNS membuka jalur masuk untuk mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN, sedangkan jalur mandiri yang dibuka cukup banyak yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Program Profesi.

Berikut ini akan dijelaskan jalur-jalur masuk UNS untuk mahasiswa baru program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis, dan Profesi.

A. Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Diploma UNS

1. Pendaftaran PMDK Diploma UNS

Bagi anda siswa-siswi yang memiliki prestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang ingin kuliah di UNS untuk jenjang Diploma, maka anda dapat mengikuti seleksi jalur PMDK Prestasi.

Seleksi dilakukan tanpa tes, namun didasarkan pada prestasi-prestasi siswa pada bidang yang dimiliki. Ada 3 macam PMDK jenjang Diploma di UNS, yaitu :
  • PMDK Prestasi Akademik, diperuntukan bagi peserta yang berprestasi akademik
  • PMDK Prestasi Olahraga (POR) & Seni, diperuntukkan bagi peserta yang berprestasi di bidang Olahraga (POR) & Seni
  • PMDK Prestasi Khusus, diperuntukkan bagi peserta yang memiliki keahlian khusus yang telah diakui.

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tulis Mandiri

Jalur ujian mandiri merupakan jalur seleksi masuk ke UNS jenjang Diploma yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Hasil dari ujian tertulis dari peserta yang memenuhi kriteria maka peserta tersebut dapat dinyatakan lulus seleksi.

Jalur ini dapat disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur PMDK, atau yang sudah mengikuti PMDK tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur ujian tulis mandiri ini.

3. Pendaftaran SM-UNS Diploma

SM-UNS Diploma merupakan jalur seleksi mandiri masuk jenjang Diploma UNS yang seleksinya didasarkan pada pengelolaan data hasil ujian SBMPTN.

Calon peserta sebelumnya telah mengikuti seleksi SBMPTN tahun ini, tetapi pada saat pengumuman SBMPTN peserta dinyatakan tidak lulus, maka nilai SBMPTN yang dimiliki peserta dapat digunakan sebagai dasar seleksi jika peserta mendaftar jalur SM UNS.

SM-UNS ini bukan hanya dibuka untuk jenjang Diploma, tetapi juga dibuka untuk jenjang Sarjana UNS. Jadi yang ingin masuk jenjang Sarjana di UNS dapat juga mengikuti seleksi jalur SM-UNS.

B. Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Sarjana UNS

1. Pendaftaran UNS Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi yang dibuka bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksi SNMPTN didasarkan pada prestasi-prestasi yang dilihat dari rapor dan porotfolio akademik siswa-siswi tersebut.

Tahapan pendaftaran SNMPTN dimulai dari registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.

Baca Informasi Berikut : Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Info penting berupa panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran UNS Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon peserta untuk lulusan jenjang SMA / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir termasuk tahun ini.

Calon peserta yang dapat mendaftar SBMPTN bukan hanya yang memiliki prestasi tinggi, tetapi yang tidak berprestasi pun bisa mendaftar jalur SBMPTN.

SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN yaitu registrasi akun LTMPT, lalu mendaftar UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN.

Informasi UTBK lebih lanjut dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran UTBK

Baca juga artikel ini : Alur dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya SBMPTN, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNS

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa  yang memiliki kemampuan akademik baik tetapi berasal dari keluarga yang ekonomi kurang mampu.

UNS merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah tersebut.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tata cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran SM-UNS Sarjana

SM UNS atau Seleksi Mandiri UNS adalah jalur seleksi masuk UNS yang seleksinya menggunakan Pengolahan Data Hasil Ujian SBMPTN untuk Jenjang Sarjana dan Diploma. Sehingga peserta SM UNS harus sudah menjadi Peserta SBMPTN.

Dengan bahasa sederhana dijelaskan bahwa peserta SM-UNS pernah mengikuti seleksi SBMPTN tahun ini, tetapi pada saat pengumuman peserta tesebut dinyatakan tidak lulus SBMPTN, maka nilai SBMPTN yang diperoleh tersebut dapat digunakan sebagai dasar seleksi ketika mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SM UNS.

5. Pendaftaran SPMB Transfer S1

SPMB Transfer S1 merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan jenjang Diploma yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana di UNS di bidang yang relevan. Peserta yang demikian itu dapat mengikuti seleksi jalur SPMB Transfer S1.

C. Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UNS

1. Pendaftaran Program Magister (S2)

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di UNS, maka anda dapat mengikuti seleksi SPMB jenjang Magister.

Seleksi terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, dan Tes Wawancara/materi khusus untuk Peserta Program tertentu.

2. Pendaftaran Program Doktor (S3)

Untuk anda yang telah lulus jenjang Magister dan berencana untuk melanjutkan pendidikan jenjang Doktor di UNS, maka anda dapat mengikuti seleksi jalur SPMB Program Doktor (S3).

Seperti pada jenjang Magister bahwa seleksi yang diberikan terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris, dan Tes Wawancara / materi khusus untuk Peserta Program tertentu.

D. Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Profesi dan Spesialis UNS

1. Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)

Bagi anda yang ingin kuliah di UNS untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), maka anda dapat mengikuti seleksi masuk jalur SPMB Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Seleksi jalur ini dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/keterampilan di program studi masing-masing.

2. Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Selain program spesialis, UNS juga membuka program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), bagi anda yang ingin kuliah jenjang Profesi di UNS, silahkan daftarkan diri anda. Seleksi PPAk dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian khusus/ketrampilan di program studi masing-masing.

Penting!!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur SPMB UNS, baik SPMB Diploma, SPMB Sarjana, SPMB Pascasarjana, dan SPMB Profesi & Spesialis yang belum diberikan disini, maka dapat anda lihat langsung di alamat resmi SPMB UNS yaitu di spmb.uns.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNS (Universitas Sebelas Maret). Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi anda terutama yang akan kuliah di UNS.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNS melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel disini. 

Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan. Sekian info dari admin dan salam sukses.