Pendaftaran UNTIRTA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.untirta.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTIRTA Online, Pendaftaran Online UNTIRTA, PMB UNTIRTA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNTIRTA, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNTIRTA, Pendaftaran Kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNTIRTA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan utamanya bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNTIRTA atau Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Universitas Negeri yang terletak di Jalan Raya Jakarta KM. 04, Kec. Serang, Banten, Indonesia, yang memiliki dua kampus yaitu kampus Serang dan kampus Cilegon.

UNTIRTA telah didirikan pada tanggal 1 Oktober 1981 sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kemudian berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada tangal 19 Maret 2001.

Moto dari UNTIRTA adalah Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan, sedangkan julukan untuk UNTIRTA adalah Kampus Peradaban.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi.
  • Program Studi Baru terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan IPA, dan Program Studi Seni Drama, Tari, dan Musik.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Islam (S1), Keuangan Perbankan (D3), Akuntansi (D3), Perpajakan (D3), Pemasaran (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, ddan Perikanan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Akuntansi, dan Magister Manajemen

Berdasarkan keterangan di atas, mungkin bisa menambah sedikit wawasan anda. Selain itu, dengan mengetahui sedikit gambaran tentang UNTIRTA tersebut, mudah-mudahan akan semakin meningkat minat anda terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Pada saat anda ingin kuliah di UNTIRTA, maka anda juga harus mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNTIRTA.

Pada tahun ini, UNTIRTA kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Informasi selengkapnya diberikan berikut ini.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur ini terdiri dari jalur SNBP, SNBT dan KIP Kuliah.

1. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi masuk ke PTN di Indonesia, salah satunya jalur masuk ke UNTIRTA.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini. Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Pendaftarannya diawali oleh rekomendasi kepala sekolah sebagai langkah awal. Siswa yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon peserta lulusan jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengakses laman resmi untuk mengisi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNTIRTA

Bidikmisi merupakan salah satu program dari pemerintah untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi / finansial.

Bidikmisi kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan untuk siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi terkendala masalah ekonomi namun calon peserta memiliki potensi akademik baik semasa di sekolah.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti cakupan KIP Kuliah, keunggulan KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara langsung oleh UNTIRTA yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian lain sesuai ketentuan masing-masing program studi.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri UNTIRTA

Salah satu tujuan diadakannya jalur mandiri yaitu untuk memberikan kesempatan lebih banyak kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Mungkin sebelumnya calon peserta telah mengikuti jalur lainnya, namun telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri. Informasi labih lanjut mengenai jalur mandiri UNTIRTA dapat anda lihat di alamat pmb.untirta.ac.id

2. Pendaftaran SMMPTN Barat

UNTIRTA adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang tergabung alam jalur seleksi SMMPTN Barat. Jalur ini pola seleksinya hampir sama dengan jalur SNBT. Bagi anda yang ingin mendaftarakan diri, baca terlebih dahulu informasinya pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

3. Pendaftaran Pascasarjana UNTIRTA

Bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA pada program Pascasarjana, silahkan anda daftarkan diri anda dengan mengikuti seleksi pada program Pascasarjana.

Biasanya pendaftaran dibuka pada beberapa gelombang, jadi bagi yang belum bisa mengikuti seleksi gelombang awal, maka bisa mengikuti seleksi gelombang berikutnya. Info lebih lengkap dapat anda baca di alamat pasca.untirta.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UNTIRTA (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNTIRTA.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di web ini. 

Sekian info dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Aamiin. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.