Pendaftaran ISI Yogyakarta 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.isi.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Admisi / PMB ISI Jogja, Pendaftaran Kuliah  Diploma, Sarjana, Pascasarjana ISI Yogyakarta, PMB ISI Yogyakarta, Pendaftaran Online ISI Yogyakarta, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah,  Cara Pendaftaran Online ISI Yogyakarta, Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Jogja. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran ISI Yogyakarta 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke ISI Yogyakarta. Langsung saja penjelasannya disimak berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang dikenal dengan ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang seni pada program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Lokasi kampus ISI Yogyakarta yaitu di sebelah selatan pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Parangtritis Km. 6 Sewon, Bantul. 

ISI Yogyakarta dibentuk atas dasar Keputusan Presiden RI No. 39/1984 tanggal 30 Mei 1984 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tanggal 23 Juli 1984.

ISI Yogyakarta merupakan penggabungan dari tiga pendidikan tinggi seni yang telah ada sebelumnya, yaitu Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia “ASRI”, Akademi Musik Indonesia “AMI”, dan Akademi Seni Tari Indonesia “ASTI”.

Kuliah di kampus ISI Yogyakarta sebagai perguruan tinggi seni ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki jiwa seni, baik seni rupa, seni pertunjukan, ataupun seni media rekam.

Pengalaman belajar yang sesuai dengan jiwa kalian akan membuat semangat belajar terus stabil, ilmu-ilmu yang dibutuhkan pun bisa didapatkan disini, serta fasilitas yang lengkap. Dengan demikian, maka harapan untuk menjadi seniman bisa terwujudkan kelak.

Adapun fasiltas-fasilitas yang ada di ISI Yogyakarta diantaranya yaitu :
  • Ruang sidang atau seminar dan ruang dosen.
  • peralatan-peralatan pendidikan yang sesuai dengan tiap-tiap jurusannya.
  • Ruang kuliah teori, ruang kuliah audio visual, ruang studio fotografi, ruang gelap / kamar gelap, studio komputer, studio editing.
  • Perpustakaan dan Galeri
  • Masjid Al-Muhtar
  • Fasilitas Olah Raga seperti lapangan sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, tenis meja
  • dan lain-lain

Sedangkan Fakultas dan Program Studi yang ada di ISI Yogyakarta, yaitu sebagai berikut :

1. Fakultas Seni Rupa terdiri dari program studi : 
  • Seni Murni, D-3 Batik dan Fashion, Disain Interior, D-3 Batik dan Fashion, Disain Interior, Disain Komunikasi Visual, Desain Produk, Tatakelola Seni
2. Fakultas Pertunjukan terdiri dari program studi : 
  • Tari, Karawitan, Penciptaan Musik, Teater, Etnomusikologi, Pedalangan, Sendratasik
3. Fakultas Seni Media Rekam terdiri dari program studi :
  • Televisi dan Film, Fotografi, dan D3 Animasi
4. Program Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Magister Penciptaan & Pengkajian Seni, Magister Tata Kelola Seni, Doktor Penciptaan & Pengkajian Seni

Dilihat dari banyaknya pilihan program studi yang ada di ISI Yogyakarta, maka mudah untuk menentukan satu pilihan program studi yang sesuai dengan potensi yang kalian miliki.

Selanjutnya admin berikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta. Perlu diinformasikan bahwa ISI Yogyakarta melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Berikut penjelasan selengkapnya.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional dilaksanakan bersamaan dengan perguruan tinggi lain secara nasional. Ada 2 jalur nasional yang dikuti yaitu jalur SNBP dan SNBT.

A. Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang mana seleksinya dilakukan tanpa tes.

ISI Yogyakarta merupakan salah satu PTN yang tergabung dalam jalur SNBP ini. siswa-siswi yang akan lulus pada tahun ini serta memenuhi kriteria dan persyaratan dapat mengikuti seleksi jalur SNBP untuk masuk ke ISI Yogyakarta.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi titik awal proses pendaftaran SNBP. Apabila telah direkomendasikan, calon peserta dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi SNBP lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran,  jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan program studi, dan lainnya dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBT

ISI Yogyakarta juga tergabung dalam jalur seleksi SNBT. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa pada umumnya yang berasal dari sekolah tingkat SLTA lulusan 3 tahun terakhir.

Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Tanpa melalui pihak sekolah, pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara langsung oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk mengisi formulir pendaftaran online.

Keterangan lebih lengkap seperti syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

II. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Jalur Mandiri

Jalur Mandiri dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta dan dikelola oleh panitia. Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Jalur-Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Jalur Umum / Reguler

Jalur Umum / Reguler diperuntukkan bagi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang seleksinya dilakukan melalui tes.

2. Jalur Khusus

a. Pendaftaran KIP Kuliah ISI Yogyakarta 

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah RI bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi dan prestasi akademik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat website resmi : kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Ketengan lainnya seperti persyaratan KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

b. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Program ini dikhususkan untuk Lulusan tahun ini dengan syarat:
  1. 25% ranking tertinggi kelas pada semester III, IV,V yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah
  2. Memiliki sertifikat prestasi di bidang seni sesuai Program Studi yang dipilih pada tingkat Kabupaten / Propinsi / Nasional (3 tahun terakhir)

c. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD)

Program ini dikhususkan untuk memberi kesempatan bagi utusan daerah (instansi / organisasi) untuk kepentingan pengembangan potensi di bidang seni daerah dengan syarat:
  • Memiliki prestasi di bidang seni sesuai dengan Program Studi yang dipilih.
  • Menyertakan rekomendasi dari Pemerintah Daerah Propinsi / Kabupaten / Kotamadya

d. Penelusuran Pendidikan Linier

Program ini diselenggarakan khusus untuk Lulusan SMK tahun ini dari rumpun ilmu yang sama dengan Jurusan / Program Studi yang dipilih.

Program Studi yang ditawarkan: Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Musik, Penyajian Musik, Etnomusikologi, Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Televisi, Fotografi, dan D3 Animasi.

e. Pendidikan Lanjutan

Program ini diselenggarakan khusus untuk memberi kesempatan bagi Lulusan Program Diploma D3 pada Program Studi sejenis / linier untuk melanjutkan studi di ISI Yogyakarta. Program ini dilaksanakan di geombang II.

Persyaratan :
  1. Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia.
  2. Melampirkan fotokopi Ijazah D3 / setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  3. Melampirkan fotokopi SK Akreditasi Program Studi asal, yang telah dilegalisasi
  4. Program Studi yang ditawarkan: Kriya Seni, Seni Tari, Seni Karawitan, Fotografi, dan Televisi,

3. Jalur Non Reguler

Seleksi Jalur Non Reguler hanya dilaksanakan pada gelombang II dengan prosedur yang sama dengan Seleksi Jalur Reguler. Jalur ini merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada.

Program Studi yang dibuka pada jalur non reguler yaitu : Desain Komunikasi Visual, Desain Interior (Fakultas Seni Rupa) dan Televisi serta Fotografi (Fakultas Seni Media Rekam)

Bagi yang ingin mendaftar, maka harus melampirkan Ijasah dan SKHUN terbaru yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.

4. Jalur Pendidikan di Luar Domisili / Kemitraan

a. Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta
  • Memiliki KTP di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
b. Kemitraan Rintisan Institut Seni dan Budaya Indonesia Kalimantan Timur.
  • Memiliki KTP di wilayah Propinsi Kalimantan Timur

B. Ketentuan Umum
  1. Bagi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat tahun lalu dan sebelumnya harus memiliki ijazah dan SKHUN, dan bagi lulusan Paket C memiliki ijasah dan nilai hasil ujian.
  2. Bagi lulusan SMA / SMK / MA atau sederajat tahun ini telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Mengikuti placement tes dan wawancara sesuai program studi yang dipilih

C. Ketentuan Khusus

Selain persyaratan-persyaratan di atas, calon peserta diwajibkan pula memiliki kesehatan sesuai dengan program studi yang dipilih sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran yaitu:
  1. Fakultas Seni Pertunjukan : Sehat paru-paru dan THT
  2. Semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Pendidikan Musik, Penciptaan Musik, Penyajian Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi : tidak buta warna menurut Dokter spesialis
  3. Semua program studi di Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam : tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi

D. Prosedur Pendaftaran
  1. Calon peserta membuka alamat web pmb.isi.ac.id
  2. Klik tombol "Booking" lalu Isi data secara lengkap lalu cetak / simpan data diri pendaftaran
  3. Membayar biaya pendaftaran melalui BNI (Teller, ATM, Internet Banking)
  4. Mengisi formulir pendaftaran online di pmb.isi.ac.id dengan klik tombol "Login"
  5. Setelah data pendaftaran lengkap, cetak kartu tes, biodata, dan surat pernyataan
  6. Kirim berkas verifikasi melalui Pos atau datang langsung
  7. Panitia melakkan verifikasi berkas
  8. Pengumuman lolos verifikasi secara online di website
  9. Jika lolos, ikuti ujian seleksi
  10. Melihat pengumuan hasil seleksi di web PMB ISI
  11. Untuk yang diterima, silahkan melakukan registrasi sesuai jadwal

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka dalam 2 gelombang dimuali dari bulan April hingga Juli. Jadwal lengkap dapat dilihat di website resmi.

F. Lain-lain

Informasi lain yang diperlukan dapat menghubungi kontak panitia pada no Telp 0274-379133, 373659 , Fax 0274-371233 , E-mail arts@isi.ac.id , website isi.ac.id

III. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

Calon mahasiswa baru program Pascasajana ISI Yogyakarta yang ingin mendaftarkan diri harus dapat memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan administrasi. Setelah itu, dapat melakukan pendaftaran secara online melalui alamat pmbpasca.isi.ac.id . Prosedur pendaftaran sama dengan prosedur pada jalur mandiri di atas. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi.


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua syarat, ketentuan, jadwal, dan lain-lain yang berlaku.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka silahkan ikuti yang ada di web resmi

Mari Baca Juga :

Demikian infomasi mengenai Pendaftaran ISI Yogyakarta Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga saja apa yang telah admin bagikan di atas bermanfaat bagi kalian terutama yang ingin kuliah di ISI Yogyakarta. Terima kasih, cukup sekian, dan jangan lupa untuk sering ke blog ini ya. Success!!!.