Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020/2021 Update Terbaru

portal.ltmpt.ac.id 2020 -- Update SBMPTN, Update UTBK, Pendaftaran SBMPTN Terbaru, Pendaftaran Online SBMPTN, PMB Jalur SBMPTN, Persyaratan Pendaftaran SBMPTN, Jadwal Pelaksanaan SBMPTN, Info Pendaftaran SBMPTN, Panduan Pendaftaran SBMPTN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Tata Cara Mendaftar SBMPTN, Jalur Seleksi Nasional (SBMPTN), Jalur Seleksi Ujian Tertulis (SBMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2022. 2023.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020/2021 Update Terbaru. Informasi ini diberikan dengan maksud agar bisa memberikan panduan kepada anda yang akan melakukan proses pendaftaran SBMPTN. Untuk mengetahui informasinya, ayo simak selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Ada beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur undangan yang disebut dengan SNMPTN, jalur ujian tertulis seperti SBMPTN, dan jalur mandiri, serta jalur-jalur lainnya.

Semua jalur tersebut diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru sehingga nantinya dapat diperoleh mahasiswa baru yang memiliki kualitas baik. Kualitas baik tersebut salah satunya ditunjukkan dengan kemampuan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Bagi anda lulusan SMA / MA / SMK / MAK / Sederajat lainnya yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir, maka anda bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Dengan adanya jalur SBMPTN, untuk peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN dan pada waktu pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi lagi melalui jalur SBMPTN.

Atau bagi calon peserta SBMPTN yang sebelumnya memang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN, maka dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Berdasarkan data peserta SBMPTN tahun 2015 lalu, bahwa peserta SBMPTN mencapai 693.185 orang, sedangkan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri hanya sekitar 121.653 orang. Dari data tersebut, maka dapat diketahui bahwa hanya sekitar 18 % jumlah peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN.

Melihat persaingan yang begitu banyak, bagi anda yang berniat mengikuti SBMPTN tahun ini, maka harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Misalnya, belajar kelompok membahas soal-soal SBMPTN dari tahun ke tahun yang dapat anda lakukan setiap hari atau sesuai kesepakatan bersama teman-teman.

Selain itu, anda juga dapat mengikuti bimbel atau try out yang disediakan oleh lembaga pendidikan seperti bimbel-bimbel yang telah terkenal, dan lain sebagainya.

Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan diiringi dengan berdoa, mudah-mudahan harapan anda untuk lulus SBMPTN dapat terwujudkan. Amin.

Ketika anda ingin mendaftar SBMPTN, maka anda harus mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal seleksi, biaya pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studinya, daftar PTN se-Indonesia, dan ketentuan lainnya.

Untuk mengetahui informasi-informasi tersebut, maka langsung saja kita akan membahasnya secara lengkap berikut ini. Perhatikan dan pahami dengan baik.

I. Ketentuan - Ketentuan UTBK dan SBMPTN Update Terbaru di Masa Pandemik Covid-19

Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan. Kalau tahun lalu, calon peserta mendaftar UTBK dulu baru mendaftar SBMPTN. Namun di tahun ini dilaksanakan bersamaan.

Mungkin ketentuan ini berlaku saat ada pandemik covid-9 saja. Pastinya, calon peserta harus mengikuti ketentuan UTBK dan SBMPTN update terbaru saat ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

A. Ketentuan Umum UTBK

Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali

B. Persyaratan UTBK

Persyaratan UTBK adalah sebagai berikut :
  1. Siswa SMA / MA / SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  2. Lulusan SMA / MA / SMK / Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Membayar biaya UTBK.

C. Jenis Pendaftaran

Jenis pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dibagi menjadi dua tipe:
  1. Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK).
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud)

D. Tahapan Pendaftaran

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Silahkan ikuti salah satu saja. Berikut penjelasannya.
Bacaan Terkait : Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN dan UTBK SBMPTN
Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A:
  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
  8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman https://www.ltmpt.ac.id. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
  9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman  https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
  11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B:
  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mengisi jenis jurusan SMTA
  8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  9. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Baca Lebih Lanjut :

D. Jenis Tes

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka tes UTBK Tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

E. Kelompok Ujian

Kelompok Ujian pada UTBK dibagi menjadi 2 (dua) kelompok sebagai berikut.
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

F. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

Ketentuan mengenai jumlah pilihan PTN dan program studi, yaitu :
  1. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

G. Biaya UTBK

Ketentuan mengenai biaya UTBK adalah sebagai berikut :
  1. Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui channel ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya

H. Jadwal Pelaksanaan UTBK SBMPTN

Silahkan kunjungi artikel ini untuk menemukan informasinya : Jadwal Registrasi Akun LTMPT, SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

I. Daftar PTN pada SBMPTN

Di bawah ini dapat dilihat daftar nama PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SBMPTN.

Daftar PTN pada SBMPTN Wilayah 1

Daftar PTN pada SBMPTN Wilayah 2

Daftar PTN pada SBMPTN Wilayah 3

Daftar PTN pada SBMPTN Wilayah 4

Selain PTN di atas, ada beberapa Politeknik Negeri yang tergabung dalam jalur SBMPTN, yaitu :



Informasi Terkait : Proses Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman SBMPTN

Itulah informasi mengenai pendaftaran SBMPTN dan juga UTBK yang dilaksanakan secara bersamaan. 

Kalian cukup ikuti ketentuan di atas. Untuk informasi di bawah ini hanya sekedar tambahan saja bagi yang ingin mengetahui informasi pendaftaran SBMPTN tahun sebelumnya.

II. Ketentuan - Ketentuan SBMPTN Tahun Sebelumnya

A. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN tahun ini

                Jika anda dapat memenuhi persyaratan di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan seperti alur berikut :

                B. Alur Pendaftaran SBMPTN
                1. Mendaftarkan diri untuk ikut tes UTBK
                2. Mengikuti ujian UTBK
                3. Jika lulus UTBK, maka hasil UTBK bisa digunakan untuk mendaftar SBMPTN
                4. Melakukan pendaftaran SBMPTN
                5. Melihat hasil pengumuman SBMPTN sesuai jadwal

                C. Tata Cara Pendaftaran SBMPTN

                Untuk penjelasan lebih rinci mengenai pendaftaran SBMPTN akan diuraikan berikut ini.
                1. Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di alamat : sbmptn.ltmpt.ac.id
                2. Mengisi biodata pendaftaran secara lengkap dan benar
                3. Memilih PTN dan program studi sesuai ketentuan
                4. Mengunggah borang portofolio*) bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. 
                5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN
                6. Lakukan pengisian data hingga selesai
                7. Periksalah kembali kebenaran data pendaftaran anda
                8. Jika telah yakin benar, silahkan mencetak kartu peserta SBMPTN

                *) Borang Portofolio

                Khusus untuk pendaftar program studi bidang seni dan olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN.

                Jenis Portofolio SBMPTN adalah:
                • Portofolio Olahraga
                • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
                • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)
                • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater / Drama)
                • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)
                • Portofolio Seni Karawitan
                • Portofolio Etnomusikologi
                • Portofolio Fotografi
                • Portofolio Film dan Televisi


                Itulah tata cara yang dapat anda lakukan ketika mendaftar SBMPTN secara online. Untuk peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengusulkan diri untuk mengikuti progam Bidikmisi SBMPTN.

                D. Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

                Seperti telah dijelaskan di atas, bagi peserta SBMPTN yang berasal dari keluaga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN. Ketentuan pendaftarannya akan dijelaskan berikut ini.

                Ketentuan Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN
                1. Calon peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah
                2. Calon peserta mendaftar Bidikmisi melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
                3. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN
                4. Lakukan pendaftaran SBMPTN melalui laman sbmptn.ltmpt.ac.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.
                5. Calon peserta Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
                6. Calon peserta Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN namun berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

                Itulah ketentuan pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN yang perlu anda perhatikan. Jika telah memahami ketentuan tersebut, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN.

                Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP Kuliah. Baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah yang telah diberikan di atas.

                Harus diingat, bahwa yang boleh mendaftar Bidikmisi adalah calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga mampu, silahkan daftarkan diri anda mengikuti SBMPTN-nya saja.

                Pada saat melakukan pengisian data pendaftaran SBMPTN, maka anda diharuskan mengisi pilihan PTN dan program studinya. Berikut ada beberapa ketentuan yang harus anda ketahui sebagai panduan saat memilih PTN dan program studinya.

                E Ketentuan Pemilihan PTN dan Program Studi
                1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
                2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
                  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
                  • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
                  • Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum
                3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
                4. Peserta SBMPTN dapat memilih program studi di PTN mana pun.

                Itulah ketentuan yang harus anda ikuti dalam memilh PTN dan Program Studi saat mendaftar SBMPTN. Selanjunya anda perlu mengetahui kriteria penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN.

                F. Kriteria Penerimaan SBMPTN
                1. Lulus pendidikan menengah
                2. Lulus SBMPTN 2020
                3. Sehat jasmani dan rohani
                4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

                G. Jenis Ujian SBMPTN

                Ujian SBMPTN terdiri dari ujian soal dan ujian keterampilan. Ujian soal dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer atau dikenal dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diperuntukkan bagi semua calon peserta SBMPTN. Sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya yang diperuntukkan bagi peserta yang memili program studi bidang Seni dan Keolahragaan.

                1. Ujian Tertulis (UTBK)

                UTBK diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Pelaksanaan UTBK dilaksanakan terlebih dahulu baru kemudian mendaftar SBMPTN. Adapun kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi:
                • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
                • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).
                Setiap peserta dapat memilih kelompok ujian Saintek dan / atau Soshum

                2. Ujian Keterampilan

                Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan :
                • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
                • Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik
                Selanjutnya anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan SBMPTN agar anda dapat mengontrol kegiatan SBMPTN. Berikut informasinya.

                H. Jadwal Pelaksanaan SBMPTN
                • Jadwal pelaksanaan SBMPTN telah kami rangkum pada artikel yang berjudul Jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Silahkan baca selengkapnya dengan mengunjungi link di atas.

                Sebagai pelengkap dari informasi yang anda miliki, maka anda perle mengetahui daftar Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SBMPTN. Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SBMPTN ini merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut informasinya.

                I. Daftar PTN pada SBMPTN

                Daftar nama PTN telah diberikan di atas. Silahkan cek di atas.

                J. Lain-lain
                • Peserta yang diterima melalui jalur SNMPTN tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN
                • Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id

                Itulah serangkaian informasi mengenai SBMPTN. Semoga bisa bermanfaat bagi anda terutama yang akan mendaftar SBMPTN. Untuk para guru yang membaca informasi ini, silahkan dibagikan kepada para siswanya di Sekolah agar mereka bisa memperoleh informasi SBMPTN juga.

                Admin memberikan saran untuk anda yang telah mendaftar agar mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh mulai dari sekarang. Anda masih memiliki waktu yang cukup untuk belajar.

                Ingatlah, pesaing anda banyak, untuk itu maka anda harus menguasai materi-materi yang akan diujikan pada saat ujian SBMPTN. Semoga anda berhasil.

                Silahkan Baca Juga Pendaftaran Jalur Undangan :

                Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Update Terbaru. Semoga informasi yang telah dibahas di atas dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran online SBMPTN.

                Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri pilihan anda. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu dan setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang tersedia.

                Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan agar meraka juga bisa memperoleh informasi dengan cepat dan tepat.