Pendaftaran UNSULBAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unsulbar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSULBAR Online, Pendaftaran Online UNSULBAR, PMB UNSULBAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSULBAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSULBAR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNSULBAR, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNSULBAR, Universitas Sulawesi Barat / UNIVSULBAR / UNSULBAR. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran UNSULBAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang ingin kuliah di UNSULBAR. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

UNSULBAR memiliki kepanjangan nama Universitas Sulawesi Barat adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Sulawesi Barat.

UNSULBAR berlokasikan di Jl. Prof. Dr. H. Bahasruddin Lopa, SH., Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) yaitu :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari : Program Studi Manajemen Hutan, dan Program Studi Agrobisnis.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari : Program Studi Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Hukum, dan Program Studi Pend. Bahasa Inggris.
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari : Program Studi Matematika, Program Studi Pend. Matematika, Program Studi Pend. Biologi, Program Studi Pend. Fisika.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Program Studi Manajemen, dan Program Studi Akuntansi.
  • Fakultas Perikanan & Peternakan terdiri dari : Program Studi Produksi Ternak, Program Studi Budidaya Perairan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari : Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Kesehatan terdiri dari : Program Studi DIII Keperawatan

Itulah daftar fakultas dan program studi yang ada di UNSULBAR. Silahkan anda pilih salah satu saat anda mendaftarkan diri di UNSULBAR. Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi masuk ke UNSULBAR yang dibuka pada tahun ini.

A. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Peserta berprestasi yang akan mengikuti seleksi SNBP diseleksi berdasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Siswa yang telah direkomendaskam dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Informasi lainnya seperti informasi tata cara pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa lulusan jenjang SLTA sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk juga lulusan tahun ini yang dilakukan berdasarkan hasil tes UTBK serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Tanpa melalui pihak sekolah, pendaftaran SNBP langsung dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran SNBT secara online.

Informasi lain seperti panduan pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran UNSULBAR Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional (SNBP dan SNBT), UNSULBAR juga menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan dan dikelola secara langsung oleh UNSULBAR sebagai panitia seleksi mahasiswa baru.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional tetapi tidak lulus, atau bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur nasional, maka anda masih memliki kesempatan untuk bisa kuliah di UNSULBAR dengan mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat unsulbar.ac.id . Keterangan lain yang anda butuhkan dapat anda baca melalui alamat tersebut.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UNSULBAR

Seperti pada Perguruan Tinggi Negeri lainnya, UNSULBAR juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan program bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Informasi lebih lanjut seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, langkah-langkah pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran UNSULBAR (Universitas Sulawesi Barat). Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda. Ayo sukai halaman web kami dan turut berbagi pada teman lainnya yang membutuhkan.