Pendaftaran UIN STS Jambi 2024/2025

uinjambi.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN STS Jambi, Pendaftaran Online UIN STS Jambi, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN STS Jambi, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN STS Jambi, Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jalur Seleksi Maba UIN STS Jambi, Jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, PMBK, Bidikmisi, KIP Kuliah, Reguler. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UIN STS Jambi 2024/2025. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/
UIN STS Jambi atau UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi adalah salah satu PTKIN yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Jambi Ma. Bulian KM.16 Sei. Duren, Kec. Jaluko, Kab. Muaro Jambi 36363, Jambi-Indonesia.

Status sebelumnya yaitu IAIN STS Jambi, saat ini telah beralih status menjadi UIN STS Jambi. Perubahan status ini didasarkan pada Peraturan Presiden No. 37/2017.

UIN STS Jambi telah memiliki beberapa fakultas dan program studi yang nantinya dapat anda pilih ketika anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.
  • Fakultas Tarbiyah terdiri dari program studi Tadris Biologi, Tadris Bhs. Inggris, Tadris Fisika, Tadris Matematika, Pdd. Agama Islam, Pdd. Bhs. Arab, Kependidikan Islam, dan Pdd. Guru MI.
  • Fakultas Adab terdiri dari program studi Bhs & Sastra Arab, Bhs & Sastra Inggris, Sejarah Peradaban Islam, dan Ilmu Perpustakaan
  • Fakultas Syariah terdiri dari program studi Muamalat, Ekonomi Islam, Jinayah Siyasah, Akhwal Syakshiyah, Ilmu Pemerintahan, Politik Islam, dan Perb. Madzhab & Hukum
  • Fakultas Ushuluddin terdiri dari program studi Tafsir Hadits
  • Pascasarjana terdiri dari program studi Manajemen Pdd. Islam, dan Filsafat Islam

Itulah fakultas dan program studi yang ada di UIN STS Jambi. Dari program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri and menjadi calon mahasiswa baru UIN STS Jambi.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru IAIN STS Jambi, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur seleksi masuk yang dibuka pada tahun ini. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran UIN STS Jambi Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN merupakan jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin kuliah di UIN, IAIN, atau STAIN.

Jalur SPAN-PTKIN seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis namun melalui seleksi nilai raport dan prestasi lainnya yang relevan.

Pendaftaran diawali oleh Kepala Sekolah yang mendaftarkan sekolah dan siswa-siswinya ke PDSS SPAN-PTKIN. Setelah itu, siswa akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login pendaftaran SPAN-PTKIN. Login ke span.ptkin.ac.id lalu isi biodata pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Informasi lainnya berupa tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, daftar PTKIN se-Indonesia, mekanisme seleksi, jumlah pilihan PTKIN dan prodi, dan informasi lin yang dibutuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran SPAN-PTKIN Online.

2. Pendaftaran UIN STS Jambi Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan jalur seleksi ujian tertulis nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke UIN, IAIN, dan STAIN.

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui um.ptkin.ac.id . Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta terlebih dahulu harus membayar biaya pendaftaran di Bank untuk mendapatkan Username dan password yang nantinya dapat digunakan untuk login pendaftaran ke um-ptkin.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut berupa tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan PTKIN dan prodi, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran UM-PTKIN Online.

3. Pendaftaran UIN STS Jambi Jalur PMBK

PMBK atau Prestasi Minat, Bakat dan Keterampilan Khusus adalah jalur seleksi untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin kuliah di UIN STS Jambi. Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa tersebut terutama dilihat dari raport dan rangking kelas.

Syarat Pendaftaran Untuk jalur PMBK dan Reguler yaitu:
  1. Membayar Uang pendaftaran ke Bank BSM atas nama BLU IAIN
  2. Photo copy Ijazah SMA, SMK, MA paket C atau sederajat (dilegalisir) 2 lbr. (tiga tahun terakhir waktu mendaftar)
  3. Mengisi Form Pendaftaran (diambil di bagian Akademik Rektorat)
  4. Pas Photo Warna 3x4  sebanyak 3 lbr.
  5. Pas Photo Warna 2x3 sebanyak 2 lbr.
  6. Surat Keterangan Rangking dari Kepala Sekolah (bagi peserta tes jalur PMBK).
  7. Photo copy sertifikat penghargaan yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.(Bagi pendaftar jalur PMBK)
  8. Map kertas (Fak. Ushuluddin: Biru, FITK: Kuning, Fak. Syari'ah: Hijau, Fak. Adab: Merah)

4. Pendaftaran UIN STS Jambi Jalur Reguler

Jalur reguler merupakan salah satu jalur seleksi masuk ke UIN STS Jambi. Bagi yang belu mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur sebelumnya, silahkan mengikuti jalur reguler ini. Syarat pendaftaran jalur reguler sama seperti jalur PMBK di atas, silahkan lihat kembali.

Alur Pendaftaran Jalur Reguler
  1. Calon peserta membayar biaya pendaftaran di Bank
  2. Kemudian menyerahkan bukti pembayaran ke Bag. Administrasi untuk memperoleh No. Daftar dan Kode Akses / Token Pendaftaran
  3. Calon peserta mengakses alamat admisi.iainjambi.ac.id untuk melakukan pendaftaran
  4. Selanjutnya mengisi biodata pendaftaran, mengupload foto, memilih program studi, dan data lainnya.
  5. Setelah selesai mengisi data pendaftaran lalu cetak kartu peserta
  6. Ikuti ujian tertulis dan lisan sesuai jadwal
  7. Memantau hasil seleksi di website
  8. Melakukan registrasi ulang bagi yang lulus

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN STS Jambi 

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke UIN STS Jambi yang dapat anda pilih. Pilihlah salah satu jalur tersebut yang diperkirakan dapat memberikan peluang besar untuk lulusan anda.

Untuk informasi yang belum disampaikan disini maka dapat anda lengkapi dengan membuka website resmi UIN STS Jambi.

Catatan :
Untuk informasi yang belum dimuat disini silahkan anda lihat langsung di website resmi UIN STS Jambi. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN STS Jambi.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UIN STS Jambi. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan semoga proses pendaftaran yang anda lakukan dapat berjalan lancar.