Pendaftaran POLINELA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

polinela.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLINELA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online POLINELA, Pendaftaran POLINELA, PMB POLINELA, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLINELA, Pendaftaran POLINELA Jalur SNMPN - SBMPN - Mandiri - PMKAB - KIP Kuliah, Penerimaan Mahasiswa Baru POLINELA, Pendaftaran D3 D4 S2 POLINELA, Pendaftaran Kuliah Polinela, Pendaftaran Politeknik Negeri Lampung. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran POLINELA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Lampung, dan juga untuk lulusan Diploma yang ingin lanjut studi di POLINELA. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Negeri Lampung atau yang sering disebut dengan nama POLINELA adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan profesional / vokasi.

Politeknik Negeri Lampung atau POLINELA, pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung dan resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Lampung sejak tanggal 7 April 2001, berdasarkan SK. Mendiknas RI No. 036/O/2001 (Wikipedia).

Adapun jurusan kuliah dan program studi yang ada di POLINELA yaitu sebagai berikut :

Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, terdiri dari Program Studi :
  • D3. Produksi Tanaman Pangan
  • D3. Hortikultura
  • D4. Teknologi Perbenihan
  • D4. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, terdiri dari Program Studi :
  • D3. Produksi Tanaman Perkebunan. 
  • D4. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan.

Jurusan Teknologi Pertanian, terdiri dari Program Studi :
  • D3. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan
  • D3. Mekanisasi Pertanian
  • D3. Teknologi Pangan
  • D4. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • D4 Pengembangan Produk Agroindustri

Jurusan Peternakan, terdiri dari Program Studi :
  • D3 Produksi Ternak
  • D3 Budidaya Perikanan
  • D3 Perikanan Tangkap
  • D4 Teknologi Produksi Ternak
  • D4 Teknologi Pembenihan Ikan

Jurusan Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari Program Studi :
  • Agribisnis (D3)
  • Akuntansi (D3)
  • Manajemen Informatika (D3)
  • Perjalanan Wisata (D3)
  • Agribisnis Pangan (D4)
  • Akuntansi Perpajakan (D4)

Program Pascasarjana, terdiri dari Program Studi :
  • Magister Terapan Ketahanan Pangan

Itulah sekilas informasi mengenai kampus POLINELA. Bagi kalian yang berminat untuk kuliah di POLINELA, maka perlu untuk mengenal kampus ini dengan membaca informasi di atas.

Selanjutnya, untuk yang ingin mendaftar kuliah di POLINELA, maka perlu untuk membaca informasi di bawah ini.

Secara umum informasi yang akan disajikan terdiri dari jalur seleksi yang dibuka oleh POLINELA mulai dari jalur SNBP, jalur SNBT, jalur Mandiri,  hingga jalur masuk program pascasarjana terapan.

Kalian harus mencermati informasi penting serta melanjutkan bacaan pada artikel lanjutan yang diberikan.

Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran POLINELA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang ditujukan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia yang salah satunya adalah POLINELA.

Jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa SLTA sederajat yang berprestasi lulusan tahun ini saja yang memenuhi persyaratan.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SNBP, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya seperti jalur seleksi SNBT, atau jalur mandiri yang dibuka oleh POLINELA.

Nah, untuk pendaftaran jalur SNBP diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya.Setelah itu siswa-siswi akan diberi kode akses untuk login lalu melanjutkan proses pendaftaran hingga finish.

Tak ada biaya pendaftaran di jalur ini.

Keterangan lain seperti persyaratan, jadwal, laman pendaftaran, biaya, cara mendaftar, mekanisme seleksi, daftar Politeknik dan program studinya, serta lainnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP Undangan.

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi akademik yang baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP

B. Pendaftaran POLINELA Jalur SBMPN

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasonal masuk ke Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah POLINELA.

Jalur ini seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK, dan kemungkinan juga ada seleksi wawancara pada program studi tertentu.

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur sebelumnya (SNBP), maka bisa mengikuti jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Jalur SNBT ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat.

Pendaftarannya dilakukan sendiri secara online di laman resminya untuk mengisi data secara langkao dan benar hingga mencetak kartu peserta.

Ada biaya pendaftaran untuk mengikuti jalur seleksi ini.

Penjelasan lebih lanjut mengenai SNBT dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran SNBT Online yang membahas tentang persyaratan, jadwal, link pendaftaran, biaya, cara mendaftar, pilihan program studi, pilihan politeknik negeri, dan lainnya.

Untuk calon mahasiswa dari keluarga yang memiliki keterbatasan ekonomi, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah yang dikenal dengan nama KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT.

D. Pendaftaran POLINELA Jalur Mandiri

Jalur selanjutnya yang dibuka adalah jalur mandiri. Jalur Mandiri Polinela adalah jalur seleksi yang dibuka oleh POLINELA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas dengan menggunakan hasil seleksi ujian tulis / prestasi / beasiswa, dan / atau seleksi wawancara sesuai ketentuan panitia.

Cukup banyak jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh POLINELA untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Jalur mandiri yang di maksud yaitu :

1. Seleksi Mahasiswa Baru Polinela berdasarkan Prestasi Akademik dan Non Akademik (SMBP-PAN)

SMBP-PAN merupakan salah satu jalur masuk dan seleksi Mandiri Politeknik Negeri lampung melalui mekanisme seleksi prestasi akademik dan non akademik. Jalur ini terbuka bagi calon peserta siswa SMA/SMK/MA/Sederajat dengan pola seleksi tertuang dalam satu sistem seleksi terpadu dan diselenggarakan secara mandiri melalui mekanisme pendaftaran online.

2. Seleksi Mahasiswa Baru Polinela Berdasarkan Tes Ujian Tulis (SMBP-T)

SMBP-T merupakan salah satu jalur masuk dan seleksi Mandiri Politeknik Negeri lampung melalui mekanisme seleksi tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Jalur ini terbuka bagi calon peserta lulusan tahun ini dan lulusan 2 tahun sebelumnya dari pendidikan menengah (SMA / MA / SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli).

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes di lingkungan Politeknik Negeri Lampung dengan pola seleksi tertuang dalam satu sistem seleksi terpadu dan diselenggarakan secara mandiri melalui mekanisme pendaftaran online.

3. Seleksi Mahasiswa Baru Polinela Jalur Beasiswa Kerja Sama Pemprov Lampung (e-KPB)

Program beasiswa ini adalah beasiswa Pendidikan (beasiswa UKT) yang diberikan kepada anak-anak di provinsi Lampung yang orang tuanya merupakan aktiv dalam program kartu petani Berjaya. 

Jalur ini ini terbuka bagi seluruh lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli) dengan orang tua peserta KPB dengan melampirkan KPB.

4. Seleksi Mahasiswa Baru Polinela Jalur RPL Lanjut Jenjang

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Lanjut Jenjang di Politeknik Negeri Lampung merupakan proses pengakuan terhadap capaian pembelajaran / hasil belajar dari pendidikan formal di program studi/perguruan tinggi lain ke program studi di Politeknik Negeri Lampung. 

RPL terhadap hasil belajar yang berasal dari pendidikan formal di perguruan tinggi sama dengan proses alih kredit (credit transfer). 

Penerimaan mahasiswa Jalur Lanjut Jenjang dilakukan melalui evaluasi terhadap transkrip nilai dan silabus / capaian pembelajaran setiap mata kuliah dengan menyandingkan terhadap capaian pembelajaran mata kuliah di program studi. 

5. Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan salah satu jalur masuk dan seleksi Mandiri Politeknik Negeri lampung melalui mekanisme seleksi tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan tes Wawancara.

Jalur ini terbuka bagi calon peserta lulusan 3 tahun teakhir dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli).

Keikutsertaan dalam UTBK dan Wawancara merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Mandiri di lingkungan Politeknik Negeri Lampung dengan pola seleksi tertuang dalam satu sistem seleksi terpadu dan diselenggarakan secara mandiri melalui mekanisme pendaftaran online.


Informasi lebih lanjut untuk jalur-jalur seleksi mandiri di atas dapat dilengkapi di laman ini : https://pmb.polinela.ac.id/jalur-penerimaan/


E. Pendaftaran KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yaitu program pemberian bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang juga memiliki potensi akademik baik.

Penyaluran KIP Kuliah di POLINELA melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri (jika dibuka).

Pendaftaran KIP Kuliah melalui link kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Pahami informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, ketentuan-ketentyan, dan lainnya pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

D. Pendaftaran POLINELA Program Pascasarjana

Jalur masuk program pascasarjana POLINELA dikenal dengan nama SMPT atau Seleksi Masuk Pascasarjana Terapan.

Syarat Pendaftaran
  1. Masyarakat umum / PNS / Swasta yang memiliki ijazah sarjana D4 / S1
  2. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  3. Mengikuti seluruh tahapan pendaftaran dan seleksi

Tata Cara Pendaftaran

Tata cara pendaftaran SMPT Polinela dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pendaftar melakukan pendaftaran user akun pendaftaran di laman pendaftaran yang dibuka atau datang langsung pada sekretariat panitia pendaftaran SMPT Polinela di kampus Polinela Jl. Soekarno Hatta Rajabasa Bandar Lampung.
  2. Pendaftar melakukan registrasi pembayaran biaya pendaftaran pada BANK tujuan yang telah ditentukan.
  3. Pendaftar melengkapi dan menyelesaikan seluruh tahapan pengisian borang pendaftaran pada layanan registrasi.
  4. Pendaftar melengkapi dan menyelesaikan seluruh tahapan pengisian borang pendaftaran pada layanan registrasi pendaftaran online, dan mengunduh dokumen terkait apabila melakukan pendaftaran online. 
  5. Pendaftar mengikuti proses wawancara sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang ditetapkan

Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh POLINELA. Silahkan kalian pilih salah satu jalur seleksi yang diperkiraan memiliki peluang untuk lulus paling besar.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin bagi yang mengikuti seleksi ujian tulis pada jalur yang diikuti.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi POLINELA.


Demikian informasi mengenai Pendaftaran POLINELA (Politeknik Negeri Lampung). Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Admin mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog ini. Ajak pula teman untuk membaca di disini. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua.