Pendaftaran UBB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.ubb.ac.id 2024 -- Pendaftaran UBB Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UBB Online, Pendaftaran Online UBB, PMB UBB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran UBB, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UBB, Universitas Bangka Belitung. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UBB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UBB. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Bangka Belitung adalah salah satu kepulauan yang ada di Indonesia. Hal yang terkenal di Bangka Belitung yaitu sebagai daerah penghasil timah. Selain itu, ada Perguruan Tinggi terkenal di disini yaitu Universitas Bangka Belitung.

Universitas Bangka Belitung atau yang sering disebut dengan UBB adalah Perguruan Tnggi Negeri (PTN) yang terletak di Bangka Belitung, Indonesia.

Lokasi Universitas Bangka Belitung (UBB) tepatnya berada di Kampus Terpadu Balun Ijuk Merawang Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Indonesia.

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi didirikan pada 12 April 2006 yang didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 52/ /O/ 2006 tertanggal 12 April 2006 dan diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 21 November 2010.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Bangka Belitung (UBB), yaitu :

Fakultas Teknik :
  • Prodi Teknik Mesin
  • Prodi Teknik Elektro
  • Prodi Teknik Pertambangan
  • Prodi Teknik Sipil
  • Prodi Kimia
  • Prodi Fisika
  • Prodi Matematika
  • Prodi Teknologi Informasi
  • Prodi Arsitektur
  • Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Prodi D-III Keperawatan

Fakultas Ekonomi :
  • Magister (S2) Manajemen
  • Prodi Akuntansi
  • Prodi Manajemen
  • Prodi Ekonomi
  • Prodi Bisnis Digital

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
  • Prodi Sosiologi
  • Prodi Ilmu Politik
  • Prodi Sastra Inggris

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi :
  • Magister (S2) Ilmu Pertanian
  • Prodi Agroteknologi
  • Prodi Agribisnis
  • Prodi Biologi
  • Prodi Akuakultur
  • Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan
  • Prodi Ilmu Kelautan

Fakultas Hukum :
  • Magister (S2) Hukum
  • Prodi Ilmu Hukum

Itulah sedikit informasi mengenai UBB. Dari sedikit informasi tersebut semoga bisa menambah wawasan anda terutama yang ingin kuliah di UBB.

Bagi anda yang ingin kuliah di UBB, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan memilih salah satu dari beberapa jalur seleksi masuk yang ada di UBB.

Berikut admin berikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ada di UBB. Simak informasinya dengan baik.

1. Pendaftaran UBB Jalur SNBP

UBB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UBB dapat mengikuti seleksi jalur SNBP sebagai jalur seleksi masuk UBB.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa berprestasi di sekolah yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berminat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Calon peserta yang mendaftar SNBP diseleksi berdasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Pendaftaran SNBP dimulai dari rekomendasikan yang diberikan oleh pihak sekolah untuk siswa berprestasinya. Setelah itu siswa akan diberi kode akses untuk login dan melengkapi data pendaftaran sampai selesai.

Panduan pendaftaran, biaya pendaftaran, persyaratan pendaftaran, laman pendaftaran, ketentuan pilihan program studi,  jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UBB Jalur SNBT

Selain jalur SNBP, UBB juga turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SNBT yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UBB dapat memilih jalur SNBT sebagai jalur seleksi.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh siswa SLTA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Peserta SNBT akan diseleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN. 

Pendaftarannya dilakukan sendiri tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mengakses laman resmi SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran online sampai mencetak kartu peserta.

Untuk panduan pendaftaran, biaya pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran UBB Jalur Mandiri

Selain menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur nasional, UBB juga menyeleksi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini dapat menjadi alternatif terakhir untuk bisa masuk ke UBB. Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus seleksi, maka dapat kembali mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UBB melalui jalur mandiri ini

Seleksi jalur mandiri dilakukan melalui ujian tertulis di lokasi yang telah ditentukan. Untuk proses pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.ubb.ac.id . Informasi lainnya dapat dibaca pada alamat tersebut.

4. Pendaftaran KIP Kuliah UBB

Bidikmisi merupakan program pemberian biaya bantuan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berpotensi akademik baik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Proses pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Keterangan lain seperti cara pendaftaran KIP-Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal lainnya terkait KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran SMMPTN Barat

UBB merupakan salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SMMPTN Barat. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UBB bisa mengikuti jalur seleksi masuk SMMPTN Barat ini. Untuk infomasi lebih lanjut, silahkan baca pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

6. Pendaftaran Pascasarjana UBB

Bagi yang ingin mendaftarkan diri di program pascasarjana UBB, silahkan daftarkan diri dengan terlebih dahulu memahami semua ketentuan pendaftarannya yang ada di laman https://daftar.ubb.ac.id/home

Penting!!!
Untuk informasi yang belum diberikan disini, maka dapat anda lihat langsung di web resmi UBB. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang di web resmi UBB.
Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UBB (Universitas Bangka Belitung) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UBB dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UBB. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses dari admin ini. Ayo bagikan artikel ini pada teman-teman lainnya.