Pendaftaran Polman Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polman-bandung.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polman Bandung Jalur SNBP - SNBT- Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru Polman Bandung, Pmb Polman Bandung, Polman Bandung Biaya Kuliah, Jurusan Polman Bandung, Akreditasi Polman Bandung, Jalur SNBT, Jalur SNBP, Jalur Mandiri Polman Bandung, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Polman Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin mendaftar kuliah di Politeknik Manufaktur Bandung pada tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Manufaktur Bandung atau yang disebut Polman Bandung adalah politeknik pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB).

Diberi nama Politeknik Mekanik Swiss-ITB (PMS-ITB) karena politeknik ini merupakan hasil kerjasama pemerintah Indonesia melalui ITB dan Pemerintah Swiss melalui Swiss Contact (Wikipedia).

Tahapan Sejarah Polman Bandung

Desember 1973, Penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemerintah Konfederasi Swiss dengan pemerintah Republik Indonesia tentang pendirian Politeknik Mekanis Swiss-ITB, yang kemudian disingkat PMS-ITB.

Tahun 1975, Pembangunan kampus PMS – ITB, bertempat di komplek Kanayakan Dago (JL.IR.H.Juanda),Bandung.

Januari 1976, Mulai Pendidikan Program Diploma dengan 3 (Tiga)Program Studi,yaitu Teknik Pembuatan Perkakas Presisi,Teknik Pemeliharaan Mesin,dan Teknik Gambar dan Perancang

24 Maret 1977, Peresmian Politehnik Mekanik Swiss – ITB oleh Mentri Pendidikan & Kebudayaan RI yang saat itu adalah Bapak Sjarif Thajeb.Tanggal ini di tetapkan sebagai tanggal Dies Natalis PMS – ITB.

Desember 1978, Lulusan angkatan pertama PMS – ITB

September 1980, Mengembangkan Program Studi Teknik Gambar dan Perancangan berkapsitas penuh satu kelas.

Agustus 1982, Unit Pelayanan Industri sebagai bagian tersendiri untuk menerima dan mengerjakan jasa produksi bagi kebutuhan industri

Tahun 1985, Menerapkan Sistem Pembelajaran Berbasis Produksi (Production Based LEarning – PBL)

Tahun 1987, Membuka Program Studi Teknik Pola Pengecoran Logam

Tahun 1991, Menerapkan Sistem Pembelajaran 3-2-1 Kooperatif, disamping PBL.

Juni 1991, Politeknik Mekanik Swiss – ITB berubah nama menjadi Politeknik Manufaktur Bandung – ITB disingkat POLMAN – ITB.

Tahun 1994, Berakhir MOU Proyek Politeknik antara Pemerintah Konfederasi Swiss dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Tahun 1995, Membuka Program Studi baru, Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika

Oktober 1996, Restruksisasi Organisasi POLMAN-ITB.

Tahun 1998, Kemandirian POLMAN-ITB, menjadi lembaga pendidikan politeknik yang mandiri dengan nama Politeknik Manufaktur Bandung disingkat POLMAN-Bandung atau POLMAN.

2002, Semua program studi yang terdiri dari Teknik Manufaktur, Teknik Perancangan Manufaktur, Teknik Pengecoran Logam, dan Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika masing-masing meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Bergabung dalam aliansi Indonesian-German Institute (IGI).

Tahun 2003, Menetapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 pada 2 (dua) bidang :

Higher Education Services dengan Nomor Sertifikat 2032807 berlaku dari 11 April 2003 – 11 april 2006. Design & Manufacturing of Metal Casting Products, Precision Tooling, Production Machines & System Control dengan nomor sertifikat 2032845 berlaku dari 11 April 2003 – 11 April 2006.

Tahun 2004, Mendirikan Unit Inkubator Bisnis.

Tahun 2006, Kerjasama dengan Norma BV Hengelo, Belanda, untuk pengembangan dan peningkatan permesinan presisi tinggi (precision amchining).

Itulah tahapan sejarah singkat Polman Bandung dari tahun 1973 hingga 2006.

Untuk lokasi kampus POLMAN Bandung terletak di Jalan Kanayakan 21, Dago, Coblong, Bandung 40135.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Politeknik Manufaktur mempunyai diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Perpustakaan
  • Layanan Internet untuk Mahasiswa (Gratis)
  • UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
  • Poliklinik POLMAN
  • Koperasi POLMAN
  • Masjid Ilman Hadid POLMAN
  • Kantin POLMAN
  • Workshop Manufaktur
  • Workshop Foundry
  • Workshop Perancangan
  • Workshop Otomasi
  • Sarana Olah Raga
  • Amphiteather
  • dan lain sebagainya

Adapun jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Manufaktur Bandung yaitu :

1. Jurusan Teknik Manufaktur (ME), yang terdiri dari :
  • D3 Prodi Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi (D/H Teknik Pembuatan Perkakas Presisi)
  • D3 Prodi Pemeliharaan Mesin (D/H Teknik Pemeliharaan Mesin)
  • D3 Prodi Teknologi Manufaktur (D/H Teknik Mekanik Umum)
  • D4 Prodi Teknologi Rekayasa Manufaktur (D/H Teknik Mesin Dan Manufaktur)

2. Jurusan Teknik Perancangan Manufakur (DE), yang terdiri dari :
  • D3 Prodi Teknologi Perancangan Perkakas Presisi (D/H Teknik Perancangan Perkakas Presisi)
  • D3 Prodi Teknologi Perancangan Mekanik (D/H Teknik Perancangan Mekanik Umum)
  • D4 Prodi Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur (D/H Perancangan Manufaktur)

3. Jurusan Teknik Pengecoran Logam (FE), yang terdiri dari :
  • D3 Prodi Teknologi Pengecoran Logam (D/H Teknik Pengecoran Logam)
  • D4 Konsentrasi Teknologi Foundry

4. Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur Dan Mekatronika (AE), yang terdiri dari :
  • D3 Prodi Mekatronika (D/H Teknik Mekatronika)
  • D4 Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi

Itulah sekilas informasi mengenai kampus Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung). Dari informasi singkat tersebut terutama dilihat dari jurusan dan program studinya, mungkin ada salah satu yang kalian minati. 

Jika ada salah satu program studi yang diminati, maka kalian bisa mendaftarkan diri untuk kuliah di kampus Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung).

Untuk bisa masuk ke Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung), ada beberapa jalur seleksi yang bisa diikut, yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri.

Jalur SNBP dibuka paling awal, kemudian disusul oleh jalur SBMPN, dan diakhiri dengan jalur mandiri.

Jalur SNBP dan jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang dikelola oleh panitia nasional. Sedangkan jalur mandiri dikelola langsung oleh pihak kampus Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung).

Kalian bisa memilih salah satu jalur saja. Namun jika dinyatakan tidak lulus pada jalur yang diikuti, maka bisa mengikuti jalur berikutnya apabila masih dibuka serta memenuhi semua ketentuan yang berlaku.

Di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur mandiri Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung). Untuk itu, silahkan disimak informasinya di bawah ini dengan baik.

A. Pendaftaran Polman Bandung Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi unggul sewaktu di masa SLTA sederajat. Seleksi didasarkan pada prestasi akademik siswa yang terutama dilihat dari nilai raport.

Proses pendaftaran SNBP dilakukan secara online yang diawali oleh pihak sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di PDSS. 

Kemudian calon peserta dapat memulai pendaftaran dengan melakukan registrasi akun SNPMB. Setelah akun terbuat, lalu melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi seperti persyaratan pendaftaran, biaya pendafaran, daftar politeknik dan program studinya, jadwal, mekanisme seleksi, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP Online.

Info Tambahan :

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga memiliki potensi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui program KIP Kuliah untuk jalur seleksi SNBP.

Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP

B. Pendaftaran Polman Bandung Jalur SNBT

Jalur berikutnya yang dibuka yaitu jalur SNBT (UTBK SNBT)

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik negeri / PTN yang ada di Indonesia yang salah satunya adalah Polman Bandung.

Pada jalur SNBT, seleksi didasarkan pada hasil tes UTBK yang mana nilai tes yang tinggi akan memiliki peluang besar untuk dinyatakan lolos seleksi.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan secara online melalui laman resminya. Calon peserta membuat akun SNPMB kemudian melengkapi data pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Untuk informasi penting lainnya berupa persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan politeknik lengkap dan program studinya, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran UTBK SNBT.

Informasi Penting :

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang memiliki keterbatas ekonomi dalam membiaya pendidikannya, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui program KIP Kuliah. Baca lebih lanjut : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBT

C. Pendaftaran Polman Bandung Jalur Mandiri

Selain membuka jalur nasional yaitu jalur SNBP dan jalur SNBT, Polman Bandung juga membuka jalur seleksi mandiri untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang tidak lolos dari kedua jalur di atas. Jalur mandiri dapat menjadi alternatif terakhir.

Jalur mandiri Polman Bandung merupakan jalur seleksi yang dikelola oleh pihak kampus untuk menjaring calon mahasiswa barunya.

Calon peserta harus menyiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa lolos dari jalur seleksi mandiri ini.

Jalur mandiri ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa untuk program D3 / D4 reguler, D4 alih jenjang, dan D4 paralel.

# Jalur Mandiri D3 & D4 Reguler

Memiliki Ijazah SLTA Jurusan IPA, SMK dengan   jurusan yang relevan (SMA/SMK/MA/MAK) dan pada saat diterima sebagai mahasiswa baru usia maksimum 21 tahun,

# Jalur Mandiri D4 Alih Jenjang

Yaitu bagi lulusan Diploma III (D3) yang ingin melanjutkan program Sarjana Terapan (S.TrT). 

Calon peserta :
  • Memiliki Ijazah D3 yang linear dengan pilihan program studi D4 yang akan dipilih.
  • Batas usia maksimal 25 tahun pada saat diterima sebagai mahasiswa baru
  • memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan

# Jalur Paralel (Kelas Eksekutif )

Bagi lulusan diploma III (D3) yang sudah atau sedang bekerja untuk melanjutkan ke Sarjana Terapan (S.TrT). 

Calon peserta :
  • Memiliki Ijazah D3 yang linear dengan pilihan program studi D4 yang akan dipilih.
  • Batas usia maksimal 25 tahun pada saat diterima sebagai mahasiswa baru
  • memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan

Untuk informasi lebih lanjut dapat di cek di web https://pmb.polman-bandung.ac.id/ lalu klik jalur mandiri

Untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah. 

KIP Kuliah yang diikuti adalah KIP Kuliah jalur Mandiri. Informasi lebih lanjut baca di : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri

D. Pendaftaran KIP Kuliah Polman Bandung

KIP Kuliah adalah program pemberikan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Dalam hal mahasiswa yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Sekedar informasi bahwa kebelumnya KIP Kuliah bernama Bidikmisi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Setelah mendatar KIP Kuliah, kemudian mengikuti jalur seleksi masuk ke Polman Bandung, yaitu jalur SNBP atau jalur SNBT sebagai tahapan seleksi penerimaan KIP Kuliah. Apabila dibuka, maka bisa mengikuti jalur penerimaan KIP Kuliah melalui jalur seleksi mandiri.

Keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lainnya dapat ditemukan secara lengkap pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke Polman Bandung. Silahkan ikuti salah satu jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Sumber : https://pmb.polman-bandung.ac.id/


Demikian informasi mengenai Pendaftaran Polman Bandung Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran untuk kalian.

Terima kasih atas waktu yang telah diluangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel terkait lainnya di blog ini. Ajak pula teman lainnya membaca disini. Cukup sekian dan salam sukses.