Registrasi Akun SNPMB 2024/2025 untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Cara Registrasi Akun SNPMB 2024 -- Cara Membuat Akun SNPMB, Registrasi Akun SNPMB untuk SNBP, Registrasi Akun SNPMB untuk UTBK SNBT, Cara Mendaftar Akun SNPMB, Cara Mendapatkan Akun SNPMB, Pengisian Data Registrasi Akun SNPMB, Jadwal Registrasi Akun SNPMB, Tata Cara Registrasi Akun SNPMB, Langkah-langkah Registrasi Akun SNPMB, Peserta SNBP - UTBK SNBT Wajib Daftar Akun SNPMB, Alur Registrasi Akun SNPMB. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Registrasi Akun SNPMB 2024/2025 untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT. Informasi ini ditujukan bagi para siswa-siswi yang ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan masuknya melalui jalur SNBP atau SNBT. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.


Informasi yang admin sampaikan kali ini sebagai pelengkap dari informasi sebelumnya tentang SNBP. Silahkan cek artikelnya di Pendaftaran SNBP. Jika belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu.

Untuk melakukan serangkaian proses pendaftaran di jalur SNBP ataupun jalur SNBT (UTBK-SNBT), terlebih dahulu harus diawali dengan registrasi akun SNPMB.

Registrasi akun SNPMB harus dilakukan oleh pihak sekolah dan juga siswa sebagai calon peserta seleksi.

Pihak sekolah harus turut mensosialisasikan alur pendaftaran jalur SNBP dan UTBK SNBT yang terkini kepada para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri sehingga mereka tidak melakukan kesalahan dalam mengikuti serangkiian proses pendaftaram dan seleksi dari jalur SNBP ataupun jalur UTBK SNBT.

Jika proses pendaftarannya saja salah, maka bisa langsung gugur sejak awal tanpa mengikuti tahapan seleksi. Tentu ini bisa menjadi kerugian besar. Dapat dikatakan belum berperang tetapi sudah kalah. Maka jangan sampai terjadi seperti ini.

Nah, bagi para siswa yang akan mengikuti seleksi jalur SNBP ataupun UTBK SNBT, secara umum proses pendaftaran hingga pengumumannnya adalah sebagai berikut :

Alur Pendaftaran hingga Pengumuman SNBP secara umum :
  • Melakukan registrasi akun SNPMB -> Pemeringkatan -> Pengisian dan Verifikasi PDSS SNBP -> Mendaftar SNBP -> Pengumuman Kelulusan SNBP

Alur Pendaftaran hingga Pengumuman UTBK SNBT secara umum :
  • Melakukan registrasi akun SNPMB -> Mendaftar UTBK-SNBT -> Mengikuti Tes UTBK ->  Pengumuman Kelulusan UTBK SNBT

Info : Alur pendaftaran di atas bisa saja berubah sesuai ketentuan SNPMB.

Melihat alur pendaftaran di atas, tahapan awal yang harus dilakukan oleh siswa sebagai calon peserta yaitu melakukan registrasi akun SNPMB. Tahapan ini harus dilakukan oleh calon peserta, baik calon peserta yang akan mendaftar SNBP ataupun UTBK SNBT.

Waktu registrasi akun SNPMB untuk mendaftar SNBP dan UTBK SNBT :
  • Waktu registrasi akun SNPMB untuk mendaftar SNBP dilakukan lebih awal
  • Sedangkan waktu registrasi akun SNPMB untuk mendaftar UTBK SNBT, dibuka kemudian setelah serangkaian kegiatan SNBP berakhir.

Untuk lebih jelasnya mengenai kapan waktu registrasi akun SNPMB untuk mendaftar SNBP atau UTBK SNBT tersebut, maka dapat dilihat pada artikel berikut : Jadwal SNBP dan UTBK SNBT

Sekolah melakukan registrasi akun SNPMB di laman portal SNPMB dengan memilih menu sekolah, kemudian masukkan kombinasi NPSN dan kode registrasi Dapodik / EMIS, serta lengkapi kolom yang tersedia.

Sedangkan siswa melakukan registrasi akun SNPMB di laman portal SNPMB dengan memilih menu siswa, lalu masukkan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir, serta lengkapi kolom yang tersedia.

Untuk mengecek NPSN, bisa dilakukan melalui cara sebagai berikut :
  1. Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Master Pendidikan Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  3. Klik nama provinsi
  4. Klik nama kabupaten
  5. Klik nama kecamatan
  6. Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah Angka NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah

Sedangkan untuk mengecek NISN bisa dilakukan dengan cara berikut :
  1. Buka laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Lalu klik menu Data Siswa
  3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama ; Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu

Selanjutnya, di bawah ini akan dijelaskan secara rinci cara registrasi akun SNPMB untuk sekolah dan siswa agar bisa mendaftar SNBP atau UTBK SNBT.

A. Registrasi Akun SNPMB oleh Sekolah

Tahapan Registrasi Akun SNPMB oleh Sekolah :
  1. Tidak punya akun ? Buatlah akun di portal SNPMB : portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan mengklik tombol Daftar lalu klik lagi Daftar pada menu Sekolah lalu masukkan NPSN, kode registrasi dapodik, alamat email, lalu submit.
  2. Membuka email verifikasi dan klik aktivasi akun
  3. Buka kembali laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk login / masuk menggunakan akun yang telah dibuat di portal SNPMB
  4. Memilih menu verifikasi dan validasi
  5. Memvalidasi data
  6. Klik tombol perbarui data
  7. Memvalidasi data
    • Jika data valid, tahapan registrasi selesai
    • Jika data tidak valid, ikuti tahapan pada no 8 - 9 di bawah ini.
  8. Melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PUSDATIN / PENDES
  9. Ulangi langkah registrasi dari memilih menu verifikasi dan validasi (mulai dari langkah ke 4 di atas). Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai (sampai data valid)

                              B. Registrasi Akun SNPMB Oleh Siswa untuk Mendaftar SNBP atau UTBK SNBT

                              Berikut tahapan registrasi akun SNPMB oleh siswa:
                              1. Tidak punya akun ? Buatlah akun di portal SNPMB : portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan mengklik tombol Daftar lalu klik lagi Daftar pada menu Siswa lalu masukkan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email lalu submit. (Untuk siswa RI di luar negeri dari sekolah non-Sekolah Rakyat Indonesia (SRI) dapat menggunakan NPSN 69999999)
                              2. Membuka email verifikasi dan klik aktivasi akun
                              3. Buka kembali laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk login / masuk menggunakan email dan pasword yang telah dibuat di portal SNPMB
                              4. Memilih menu verifikasi dan validasi data siswa
                              5. Memvalidasi data
                              6. Klik tombol perbarui data
                              7. Memvalidasi data
                                • Jika data valid, isilah biodata yang diminta, serta unggah pas foto terbaru
                                • Jika data tidak valid, laporkan ke pihak sekolah agar dilakukan koreksi data.
                              8. Jika data telah valid, dan biodata telah diisi serta pas foto telah diunggah, klik simpan permanen dan unduh bukti registrasi akun SNPMB
                              9. Registrasi selesai.

                              Setelah siswa melakukan registrasi akun SNPMB. Selanjutnya siswa / calon peserta dapat melakukan pendaftaran SNBP sesuai dengan jadwal pendaftaran.

                              Begitu juga dengan calon peserta yang ingin mendaftar SNBT (UTBK-SNBT) terlebih dahulu harus registrasi akun SNPMB. Setelah itu dapat melakukan pendaftar SNBT (UTBK-SNBT) sesuai jadwal.

                              Secara umum dan singkat, cara pendaftaran SNBP / SNBT yaitu :
                              1. Login ke laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
                              2. Klik di salah satu menu Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran UTBK SNBT
                              3. Mengisi / melengkapi biodata pendaftaran
                              4. Mencetak bukti Kartu Peserta 

                              Bagi yang mengalami kendala teknis saat melakukan Registrasi Akun SNPMB, silahkan menghubungi layanan Helpdesk HALO SNPMB, Anda dapat langsung mengirim tiket melalui halaman berikut : https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/helpdesk/id/penanya/create-ticket/

                              Atau kontak di Nomor 0804-1-450-450 , Jam layanan: 08.00 - 18.00 WIB

                              Itulah penjelasan mengenai registrasi akun SNPMB yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dan calon peserta agar bisa mendaftar jalur SNBP atau UTBK SNBT.

                              Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi SNPMB.

                              Baca Juga :

                              Demikian penjelasan singkat mengenai Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT. Semoga informasi di atas bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih atas waktunya, cukup sekian dan salam sukses.