Pendaftaran ULM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

admisi.ulm.ac.id 2024 -- Pendaftaran ULM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ULM Online, Pendaftaran Online ULM, PMB ULM / UNLAM, Admisi ULM UNLAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru ULM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ULM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran ULM, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs ULM, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Lambung Mangkurat. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran ULM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru ULM. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kalimantan Selatan adalah salah satu Provinsi di Pulau Kalimantan yang sedang berkembang. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Di Kalimantan Selatan terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri seperti IAIN Antasari, Poliban, Politala, Poltekkes Banjarmasin, ULM, dan lain-lain.

ULM atau yang memiliki kepanjangan nama yaitu Universitas Lambung Mangkurat dan diberi dijulukan sebagai Universitas Perjuangan merupakan Perguruan Tinggi Negeri tertua di Kalimantan, Indonesia. Kampus ULM Lokasinya terletak di Jl. Brigjen. Hasan Basery Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

ULM telah dididirikan pada 21 September 1958 dan diresmikan pada 1 November 1960. Moto Universitas Lambung Mangkurat (ULM) adalah Waja Sampai Kaputing.

Program Studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), baik jenjang Diploma, Sarjana, ataupun Pascasarjana, yaitu :

Program Diploma
  • D-III Akuntansi, dan D-III Perpajakan

Program Sarjana
  • S1 Agribisnis, S1 Agrobisnis Perikanan, S1 Agroekoteknologi, S1 Agronomi, S1 Akuntansi, S1 Arsitektur, S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Biologi, S1 Budidaya Hutan, S1 Budidaya Perairan, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Farmasi, S1 Fisika, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Administrasi Niaga, S1 Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, S1 Ilmu Hukum, S1 Ilmu Kelautan, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Ilmu Komputer, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Tanah, S1 Kehutanan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kimia, S1 Manajemen, S1 Manajemen Hutan, S1 Manajemen Sumber Daya Perairan, S1 Matematika, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Biasa, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, S1 Pendidikan Sosiologi Antropologi, S1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, S1 Peternakan, S1 Produksi Ternak, S1 Psikologi, S1 Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Sipil, S1 Teknologi Hasil Hutan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, dan S1 Teknologi Industri Pertanian.

Program Pascasarjana
  • S2 Administrasi Pembangunan, S2 Administrasi Publik, S2 Ekonomi Pertanian, S2 Ilmu Administrasi Bisnis, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kehutanan, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Agronomi, S2 Manajemen Pendidikan, S2 Manajemen, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Ilmu Perikanan, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Pendidikan IPS, S2 Pendidikan Biologi, S2 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, S2 Teknik Sipil, S3 Ilmu Pertanian

Berdasarkan informasi yang telah admin berikan tentang ULM, mungkin bisa memberikan sedikit gambaran awal bagi anda yang ingin kuliah di ULM. Jika memang anda berminat kuliah di ULM, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ULM.

Pada tahun ini, ULM kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru ULM Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pemerintah. Jalur nasional tersebut terdiri dari jalur SNBP dan SNBT.

Jalur SNBP dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan dan biaya pendaftaran gratis, sedangkan jalur SNBT dikenal dengan sebutan jalur tertulis dan biaya pendaftarannya ditanggung oleh peserta.

ULM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam seleksi jalur SNBP dan SNBT. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kedua jalur tersebut, maka akan diberikan penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran ULM Jalur SNBP

SNBP adalah seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus jenjang SMA / sederajat pada tahun ini.

Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa-siswi terutama dilihat dari nilai raport, portofolio, dan pretasi-prestasi lain yang relevan.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Jika telah direkomendasikan, calon peserta bisa melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran ULM Jalur SNBT

SNBT merupakan seleksi bersama masuk ke perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan bagi calon peserta yang telah lulus jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini melalui jalur tes UTBK.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk melakukan pengisian data secara online sampai mencetak kartu peserta.

Penjelasan yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah ULM

Bidikmisi adalah pemberian dana bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga berekonomi rendah dan juga akademik yang baik.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah

Calon peserta yang ingin mendaftar dapat melakukan pendaftaran KIP Kuliah secara online di alamat web kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru ULM Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh ULM untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru yang ingin kuliah di ULM.

1. Pendaftaran Jalur Mandiri ULM

Jalur mandiri ULM dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana. Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi pada saat pengumuman anda dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri.

Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan lain sesuai penjelasan dari ULM. Informasi selengkapnya dapat dilihat di admisi.ulm.ac.id

2. Pendaftaran Pascasarjana ULM

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana ULM, maka anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur seleksi masuk Pascasarjana ULM. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran pascasarjana ULM dapat anda baca melalui alamat pascasarjana.ulm.ac.id
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran ULM (Universitas Lambung Mangkurat). Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda terutama yang ingin kuliah di ULM.

Admin selaku pengurus web ini turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk ULM pada tahun ini. Admin juga mengucapkan terima kasih untuk anda yang telah setia mengunjungi web ini untuk menemukan informasi yang ada. Sekian dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.