Pendaftaran ITS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

smits.its.ac.id 2024 -- Pendaftaran ITS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ITS Online, Pendaftaran Online ITS, PMB ITS, SMITS ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS, Penerimaan Mahasiswa Baru ITS, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Seleksi Mahasiswa Baru ITS, Info Pendaftaran ITS, Cara Pendaftaran ITS, Panduan Pendaftaran ITS, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs ITS, Institut Teknologi Sepuluh November. 2026. 2027.

Informasi kali ini yang akan disampaikan berjudul Pendaftaran ITS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru ITS. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Di Jawa Timur telah didirikan banyak PTN yang sekarang telah masuk dalam jajaran PTN ternama di Indonesia, PTN yang ada di Jawa Timur diantaranya yaitu UNESA, UM, UNAIR, UB, ITS, UPN Veteran Jatim, dan lain-lain.

ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November adalah salah satu PTN yang ada di Jawa Timur yang lokasinya yaitu Campus ITS Sukolilo terletak di Jalan Raya ITS, Jawa Timur 60111, Indonesia.

Sesuan dengan namanya bahwa ITS atau Institut Teknologi Sepuluh November telah didirikan pada tanggal 10 November 1957. Moto dari Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah ITS Cak! (Cerdas, Amanah, Kreatif).

Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yaitu :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Jurusan Statistika, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Manajemen Bisnis.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, dan Desain Interior.
  • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Transportasi Laut.
  • Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Dari sejumlah program studi yang ada di ITS tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITS pada tahun ini.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiwa baru ITS, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh ITS untuk menerima mahasiswa baru.

Pada tahun ini, ITS kembali mengikutsertakan diri dalam penerimaan mahasiswa baru jalur nasional, selain itu, ITS juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Berikut informasi selengkapnya.

A. Penerimaan Mahasiswa Baru ITS Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Jalur tersebut yaitu jalur SNBP dan SNBT. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran ITS Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seeksi SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi semua ketentuan, persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketetapan dari panitia seleksi.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal dari pendaftaran SNBP ini. Pihak sekolah tentunya sudah paham dengan serangkaian proses pendaftaran SNBP yang dilakukan pada tiap tahun.

Panduan pendaftaran dan hal lain seperti informasi biaya pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran ITS Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus sekolah jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara mandiri oleh calon peserta dengan mengisi formulir pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Informasi mengenai jadwal pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan pengumuman SNBT, lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah ITS

Bidikmisi adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk bisa kuliah dengan memberikan bantuan biaya pendidikan.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

ITS merupakan salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah kepada calon penerima yang memenuhi persyaratan.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.

B. Penerimaan Mahasiswa Baru ITS Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan dan dikelola secara langsung oleh ITS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Ada beberapa jalur mandiri yang dibuka ole ITS. Berikut informasinya :

1. Pendaftaran Lanjut Jenjang

Lanjut jenjang marupakan jalur yang diperuntukkan bagi lulusan D3 yang ingin melanjutkan ke jenjang D4. Di ITS, lanjut jenjang diperuntukkan bagi lulusan program Diploma Tiga (D-III) Teknik Sipil untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan program Diploma IV (D-IV) dalam Bidang Teknik Sipil.

Seleksi lanjut jenjang di ITS dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Seleksi Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Sipil Reguler dimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Bagi yang tidak lulus bisa mendaftar lanjut jenjang jalur mandiri.
  • Seleksi Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Sipil Mandiri dimana seleksinya dilakukan menggunakan hasil ter tertulus jalur reguler. Oleh karena itu, setiap calon peserta seleksi Program lanjut Jenjang D-IV Mandiri wajib terdaftar di Program lanjut Jenjang D-IV Reguler.

Pendaftaran Program Lanjut Jenjang D-IV Teknik Sipil Reguler dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya. Info lainnya dapat anda lihat di web ITS

2. Pendaftaran Lintas Jalur S1

Lintas jalur S1 merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan program Diploma Tiga (D-III) untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan sarjana (S1) dalam bidang keilmuan atau keteknikan tertentu.

Ada 2 jenis lintas jalur S1, yaitu :
  • Lintas Jalur S1 Reguler. Seleksi jalur ini dilakukan melalui ujian tertulis. Bagi yang tidak lulus, maka dapat menggunakan hasil tes jalur reguler ini untuk dijadikan dasar seleksi jalur mandiri.
  • Lintas Jalur S1 Mandiri. Seleksi jalur ini tidak melalui ujian tertulis, tetapi didasarkan pada nilai / skor yang diperoleh dalam ujian Program Lintas Jalur S-1 Reguler. Oleh karena itu, setiap calon peserta seleksi Program Lintas Jalur S-1 Mandiri wajib terdaftar di Program Lintas Jalur S-1 Reguler

Pendaftaran Program lintas jalur dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya. Info lainnya dapat anda lihat di web ITS

3. Pendaftaran Jalur UMDESAIN

UMDESAIN merupakan jalur seleksi masuk jenjang Sarjana di ITS Jurusan Desain Produk Industri. Seleksi jalur UMDESAIN dilakukan melalui ujian tertulis untuk semua peserta. Apa bila ada peserta yang tidak lulus seleksi, maka hasil tes jalur UMDESAIN ini masih bisa digunakan sebagai dasar seleksi jalur PKM jika berminat mendaftar jalur tersebut.

4. Pendaftaran Jalur PKM

PKM atau Program Kemitraan dan Mandiri merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru ITS. Sesuai namanya bahwa jalur PKM ini dibedakan menjadi Program Kemitraan dan Program Mandiri.
  • Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan / Pemprov / Pemkab / Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  • Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat

Seleksi PKM ITS untuk semua program studi akan didasarkan pada nilai / skor yang diperoleh dari hasil ujian SNBT tahun ini, kecuali program studi Desain Produk dan Industri yang didasarkan pada nilai / skor yang diperoleh pada ujian UMDESAIN tahun ini.

5. Pendaftaran Pascasarjana ITS

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana di ITS, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Ada banyak jalur masuk ke Pascasarjaa ITS, mulai dari biaya sendiri sampai dengan beasiswa dari berbagai instansi. Berikut jalur-jalurnya :
  • Biaya Sendiri, Beasiswa BPP DN (Dosen, Calon Dosen, dan Tendik), Beasiswa Fresh Graduate, Program Fresh Graduate Mandiri (Non Beasiswa), Beasiswa BU BPKLN, Beasiswa Sandwich, Beasiswa Industri, Beasiswa Program Menuju Doktor Sarjana Unggul (PMDSU), Beasiswa LPDP, Beasiswa Pra S2 / S2 – T3 / S2 – Saintek, dan Beasiswa Program Doktor Joint Degree

Penting!!!

Untuk informasi yang belum dimuat disini berkaitan dengan pendaftaran jalur mandiri ITS jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascaarjana maka dapat anda lihat selengkapnya di web ITS di alamat smits.its.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Pendaftaran ITS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat dan bisa memberikan panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru ITS.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ITS melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini.

Sekian informasi dari admin dan mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses sejak muda. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.