Pendaftaran KIP Kuliah Peserta UTBK SNBT 2024/2025

KIP Kuliah SNBT 2024 -- Jadwal KIP Kuliah SNBT, Syarat KIP Kuliah UTBK SNBT, Beasiswa KIP Kuliah, Pendaftaran KIP Kuliah SNBT Online, Pendaftaran KIP Kuliah SNBT, Pendaftaran KIP Kuliah SNBT, Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah SNBT, Beasiswa KIP Kuliah Kemdikbud. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran KIP Kuliah Peserta UTBK SNBT 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar SNBT dan juga KIP Kuliah. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.


Biaya kuliah atau biaya pendidikan perorangan adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk membiayai pendidikannya sampai selesai mengikuti ketentuan di suatu Perguruan Tinggi.

Mahalnya biaya kuliah atau biaya pendidikan dapat membuat seseorang yang awalnya memiliki niat ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, namun akhirnya niat tersebut hilang dikarenakan masalah biaya pendidikan yang begitu mahal.

Pemerintah berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menyalurkan dana bantuan pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa penyaluran KIP Kuliah ini dilakukan melalui jalur nasional dan juga jalur mandiri. Penyaluran KIP Kuliah melalui jalur nasional diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penyaluran KIP Kuliah melalui jalur nasional terbagi menjadi 2 jalur, yaitu KIP Kuliah jalur SNBP, dan KIP Kuliah jalur SNBT.

Selain itu, ada pula KIP Kuliah untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang disalurkan melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri PTKIN.

KIP Kuliah SNBT diberikan bukan hanya untuk siswa-siswi berprestasi, tetapi juga untuk siswa-siswi yang memiliki prestasi biasa-biasa saja juga bisa mendaftar, namun yang utama yaitu berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi.

Info : Siswa-siswa yang dimaksud di atas adalah siswa-siswi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri.

Dengan adanya KIP Kuliah ini, maka calon mahasiswa tersebut dapat terbantu dalam hal membayar biaya kuliah dan biaya hidup selama kuliah.

Untuk bisa mendaftar KIP Kuliah jalur SNBT, maka calon mahasiswa tersebut harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah dan juga memenuhi persyaratan pendaftaran SNBT. Berikut informasi selengkapnya untuk  anda.

A. Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah adalah sebagai berikut :
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi :

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

B. Persyaratan Pendaftaran UTBK SNBT

Persyaratan UTBK SNBT adalah sebagai berikut :
  1. Peserta harus memiliki Akun SNPMB Siswa. Registrasi Akun SNPMB Siswa dapat dilakukan di Portal SNPMB.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA / SMK / MA Kelas 12 pada tahun 2024 atau Peserta didik Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024). Siswa yang belum mempunyai ijazah harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 sekurang-kurangnya disertai dengan:
    • identitas, meliputi nama, kelas, NISN dan NPSN;
    • pas foto terbaru (berwarna);
    • tanda tangan Kepala Sekolah / Madrasah; dan
    • stempel / cap sekolah.
  4. Siswa lulusan SMA / SMK / MA Sederajat tahun 2022 dan 2023 atau Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 22 tahun (per 1 Juli 2024).
  5. Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.
  7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  8. Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  9. Membayar biaya UTBK.

                          Setelah anda dapat memenuhi kedua persyaratan pendaftaran di atas, maka anda dapat melakukan pendaftaran KIP Kuliah SNBT.

                          Untuk penjelasan lebih rinci mengenai KIP Kuliah dan jalur UTBK SNBT dapat dibaca pada artikel berikut ini :

                          Ingatlah.! bahwa anda terlebih dahulu melakukan pendaftaran KIP Kuliah dan selanjutnya mendaftar SNBT seperti yang dijelaskan pada alur pendaftaran KIP Kuliah SNBT di atas.

                          Dengan tata cara pendaftaran yang diberikan pada artikel tersebut, semoga dapat memberikan panduan untuk anda dalam proses pendaftaran KIP Kuliah SNBT. Pada artikel tersebut juga dijelaskan tentang jadwal pelaksanaan dan ketentuan lainnya.

                          Setelah mendaftar KIP Kuliah dan mendaftar SNBT, selanjutnya anda harus mengikuti ujian seleksi SNBT seperti peserta SNBT lainnya.

                          Setelah anda mengikuti ujian seleksi SNBT, maka anda tinggal menunggu pengumuman SNBT. Jika anda nanti dinyatakan lulus seleksi SNBT, maka anda memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah. Namun jika anda tidak lulus seleksi SNBT, maka peluang anda untuk mendapatkan KIP Kuliah telah hilang.

                          Untuk anda yang telah dinyatakan lulus SNBT, maka selanjutnya panitia KIP Kuliah biasanya akan melakukan survey ke rumah anda untuk membuktikan kesesuaian informasi yang diperoleh dengan fakta yang ada.

                          Jika anda dinyatakan layak untuk mendapatkan KIP Kuliah, maka panitia akan mengumuman kelulusan seleksi KIP Kuliah SNBT melalui website resmi masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang anda pilih pada saat pengisian data pendaftaran.

                          Sedangkan bagi anda yang dinyatakan tidak lulus SNBT, tentunya KIP Kuliah pun tidak bisa diperoleh.  Namun anda tetap memiliki peluang untuk mendapatkan KIP Kuliah melalui jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masing-masing.

                          Informasi mengenai KIP Kuliah jalur mandiri PTN dapat anda baca pada artikel yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Mandiri. Bukan hanya KIP Kuliah jalur mandiri PTN, pada artikel tersebut juga dijelaskan KIP Kuliah Jalur Mandiri PTS. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi artikel tersebut.


                          Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran KIP Kuliah Peserta UTBK SNBT. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam proses pendaftaran KIP Kuliah SNBT.

                          Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi SNBT dan akhirnya bisa mendapatkan KIP Kuliah. Jika anda bisa mendapatkan KIP Kuliah, maka gunakanlah bantuan biaya tersebut untuk membiayai pendidikan anda dan kebutuhan lain yang sesuai ketentuan.

                          Mari sama-sama berdoa semoga kita semua bisa menjadi orang-orang yang terdidik sehingga hidup kita bisa bahagia. Mari kita raih kesuksesan semuda mungkin.