Pendaftaran ISI Surakarta 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

spmb.isi-ska.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru Jenjang D3 & D4 ISI Surakarta, SPMB ISI Solo, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Surakarta, SPMB Online ISI Solo, Cara Pendaftaran Online ISI Surakarta, Pendaftaran Kuliah di ISI Surakarta, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur SNBP, SNBP, KIP Kuliah, Mandiri, Pendaftaran Institut Seni Indonesia Surakarta. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran ISI Surakarta 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke ISI Surakarta. Langsung saja simak di bawah ini pembahasannya.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Indonesia Surakarta atau ISI Surakarta atau dikenal pula dengan nama ISI Solo adalah sebuah perguruan tinggi seni negeri di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI) yang menyelenggarakan pendidikan dibidang seni.

Lokasi kampus ISI Surakarta yaitu di Jalan Ki Hadjar Dewantara No.19, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126.

Pada awalnya, ISI Surakarta merupakan sebuah perguruan tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional.

Pada tanggal 20 Maret 1976 dilaksanakan pemindahan pengelolaan ASKI Surakarta dari Direktorat Jenderal Kebudayaan kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemudian pada tanggal 12 September 1988 tentang peningkatan status Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta.

Akhirnya, pada tahun 2006 Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta berubah status menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Untuk Fakultas, Jurusan dan Program Studi yang ada di ISI Surakarta, yaitu sebagai berikut :

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Jurusan Kriya terdiri dari Program Studi Kriya Seni, Program Studi Batik, Program Studi Keris dan Senjata Tradisional (D4)
  • Jurusan Seni Rupa Murni terdiri dari Program Studi Seni Rupa Murni
  • Jurusan Desain terdiri dari Program Studi Desain Interior, dan Program Studi Desain Komunikasi Visual
  • Jurusan Seni Media Rekam terdiri dari Program Studi Televisi dan Film, Program Studi Fotografi

2. Fakultas Seni Pertunjukan
  • Jurusan Pedalangan terdiri dari Program Studi Seni Teater, Prodi Seni Pedalangan
  • Jurusan Etnomusikologi terdiri dari Program Studi Etnomusikologi
  • Jurusan Tari terdiri dari Program Studi Seni Tari
  • Jurusan Karawitan terdiri dari Program Studi Seni Karawitan

3. Program Pascasarjana
  • Magister (S2) Penciptaan dan Pengkajian Seni
  • Doktor (S3) Penciptaan dan Pengkajian Seni

Melihat banyaknya jurusan dan program studi yang ada di ISI Surakarta tentunya memudahkan para calon mahasiswa baru untuk menentukan pilihan program studi yang diinginkan sesuai potensi diri.

Seperti yang diuraikan di bagian atas bahwa ISI Surakarta merupakan perguruan tinggi seni negeri. Nah.. bagi kalian yang bercita-cita ingin menjadi seorang yang ahli dan profesional di bidang seni, maka dapat menentukan langkah awal dengan kuliah di kampus seni, salah satu kampus yang bisa dipilih yaitu ISI Surakarta.

Di kampus ISI Surakarta, kalian akan mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan bidang yang kalian minati, pengalaman belajar yang berkesan, serta fasilitas pendukung pengajaran yang lengkap.

Lingkungan kampus yang hijau, teduh, dan asri yang sangat mendukung penyelenggaraan pembelajaran dengan sarana seperti Teater Terbuka, Teater Humardani dan Taman Eden akan membuat kalian merasa nyaman kuliah di kampus ini.

Selain itu, sarana belajar telah berbasis teknologi audio visual dan multimedia, yang meliputi: Teater Besar, Teater Kecil, Kelas / Ruang Multimedia, dan Studio-Studio yang ada di setiap Jurusan / Program Studi, serta fasiltas lainnnya seperti Masjid, ruang seminar, dan sarana olah raga.

Fasilitas dan sarana yang lengkap sangat layak untuk menjadikan kampus ISI Surakarta menjadi pilihan utama dalam menuntut ilmu di kampus seni.

Untuk siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat lainnya yang tertarik untuk kuliah di ISI Surakarta, maka dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru.

ISI Surakarta membuka penerimaan mahasiswa baru di setiap tahun ajaran baru. Di tahun ajaran baru ini, ISI Surakarta membuka beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Penjelasan mengenai jalur-jalur seleksi tersebut diberikan berikut ini.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Surakarta Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional yang diikuti oleh ISI Surakarta yaitu jalur SNBP dan SNBT.

A. Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang ditujukan bagi siswa berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Jalur ini juga disebut dengan jalur tanpa tes.

Seleksi didasarkan pada prestasi-prestasi siswa yang dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah direkomendasikan barulah bisa mendaftar SNBP.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai SNBP seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan hal lainnya telah admin rangkum tersendiri pada artikel yang berjudul : Pendaftaran SNBP
B. Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang ditujukan bagi lulusan tingkat SMA / sederajat 3 tahun terakhir termasuk di dalamnya lulusan tahun ini (3 tahun kebelakang termasuk tahun ini).

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia.

Untuk penjelasan selengkapnya seperti persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.
II. Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Surakarta Jalur Mandiri

A. Pendaftaran Jalur Reguler

Jalur Reguler adalah jalur mandiri masuk ke ISI Surakarta yang diperuntukk bagi calon mahasiswa. Seleksi dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi kalian yang telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi dinyatakan tidak lulus, nah jalu reguler dapat menjadi solusinya. Gunakan kesempatan ini sebagik mungkin dengan melakukan persiapan yang baik pula.

Pendaftaran jalur reguler dilakukan secara online melalui website spmb.isi-ska.ac.id atau mendaftar secara langsung di sekeretariat penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta. Untuk informasi lainnya silahkan tanyakan pada panitia atau membaca di web tersebut.

B. Pendaftaran KIP Kuliah ISI Surakarta 

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang memiliki prestasi yang baik.

Namun nama Bidikmisi kini telah diubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di alamat : kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Untuk informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

C. Pendaftaran Program Pascasarjana

Penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana dibuka hampir bersamaan dengan penerimaan program Diploma pada jalur mandiri. Calon mahasiswa program Pascasarjana dapat melakukan pendaftaran secara online di laman SPMB PPS ISI Surakarta. Informasi lebih lanjut silahkan baca di pps.isi-ska.ac.id

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ISI Surakarta melalui jalur seleksi nasional ataupun jalur mandiri. Silahkan ikuti jalur yang diinginkan dengan prediksi bahwa jalur tersebut dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan anda.

Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan baca langsung di website resmi ISI Surakarta di alamat isi-ska.c.id , pps.isi-ska.ac.id , dan spmb.isi-ska.ac.id . Informasi ini pun bersumber dari web tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan info, maka ikuti yang ada di alamat web tersebut.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran ISI Surakarta Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semuanya.

Admin turut mendoakan semoga kalian diterima menjadi mahasiswa baru ISI Surakarta. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Cukup sekian dan jangan lupa untuk kembali.