Pendaftaran UNP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

spmb.unp.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNP Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNP Online, Pendaftaran Online UNP, PMB UNP, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNP, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Panduan Pendaftaran UNP, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, PPs UNP, Universitas Negeri Padang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai mahasiswa baru UNP. Mari simak selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Padang adalah Ibukota dari Sumatera Barat. Di Padang terdapat beberapa Perguruan Tinggi ternama seperti UNAND dan UNP, dan lainnya.

UNP atau Universitas Negeri Padang adalah salah satu Universitas Negeri yang ada di Padang, tepatnya terletak Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Moto yang dimiliki Universitas Negeri Padang (UNP) adalah Alam Takambang Jadi Guru atau dalam bahasa Indonesia adalah Alam Terkembang Jadi Guru.

Sejarah singkat berdirinya UNP yaitu pada 1 September 1954 sebagai FKIP UNAND, kemudian pada 10 Juni 1958 sebagai IKIP Padang, dan akhirnya pada 24 Agustus 1999 resmi menjadi sebuah Universitas yaitu Universitas Negeri Padang (UNP) hingga saat ini

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Padang (UNP), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi : Administrasi Pendidikan, Bimbingan Dan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru PAUD, Psikologi
  • Fakultas Bahasa dan Seni terdiri dari program studi : Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Bahasa dan Sastras Inggris, Seni Rupa, Seni Drama Tari dan Musik.
  • Fakultas MIPA terdiri dari program studi : Kimia, Fisika, Biologi, Matematika
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari program studi : Sejarah, Geografi, PPKN, Sosiologi, IAN
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan terdiri dari program studi : Pendidikan Olahraga, Kepelatihan, Kesehatan dan Rekreasi.
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Otomotif, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Elektro, Teknik Sipil
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi : Akuntansi, Manajemen Perdagangan, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Pendidikan Ekonomi

Program Magister UNP terdiri dari program studi :
  • Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Ilmu Lingkungan, Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dasar, Pendidikan Fisika, Pendidikan Antropologi/Sosiologi, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni & Budaya, Pendidikan Kimia, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Olahraga, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Fisika, Magister Pendidikan Biologi, Magister Pendidikan Kimia, Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Pendidikan Ekonomi

Program Studi S-3 (Doktor) : Ilmu Pendidikan dengan orientasi:
  • Pengembangan Sumberdaya Pendidikan (PSDP), Pendidikan MIPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Lingkungan, Pendidikan Kejuruan

Itulah sedikit informasi tentang UNP. Mudah-mudahan sedikit informasi tersebut bisa menambah wawasan anda terutama bagi yang ingin kuliah di UNP.

Bagi anda yang ingin kuliah di UNP, maka anda perlu mengetahui informasi penting yaitu mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNP.

Pada tahun ini, UNP kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melaui jalur seleksi nasional dan jalur seleksi mandiri. Informasi lengkapnya dapat anda pahami berikut ini.

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP Jalur Nasional

Jalur seleksi nasional merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh Pemerintah. Jalur nasional terdiri dari beberapa yaitu SNBP, SNBT, dan KIP Kuliah.

UNP adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nasional tersebut. Penjelasan mengenai jalur seleksi nasional tersebut dapat anda pahami berikut ini.

1. Pendaftaran UNP Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diperuntukkan bagi siswa berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini, 

Seleksi SNBP didasarkan pada hasil penelusuran rapor dan portofolio akademik.

Pendaftarannya dilakukan secara online yang dimulai dari rekomendasi kepala sekolah untuk siswa-siswi berprestasinya. Siswa-siswi yang telah direkomendasikan harus melengkapi data pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNP Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dibuka untuk siswa SMA sederajat lulusan tiga tahun terakhir, termasuk tahun ini. 

Jalur SNBT ini seleksinya dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Pendaftaran secara online di laman resmi SNBT.

Untuk penjelasan yang dibutuhkan seperti  tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan penjelasan lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNP

Bidikmisi adalah program pemberian dana bantuan pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar dapat mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi. 

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

UNP adalah salah satu PTN yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, silahkan daftarkan diri melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut seperti syarat mendaftar KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

2. Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP Jalur Mandiri

1. Pendaftaran Jalur Mandiri UNP

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara langsung oleh UNP. Jalur seleksi mandiri ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru program pendidikan S1, D4, dan D3.

Bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional namu telah dinyatakan tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat : spmb.unp.ac.id . Informasi lainnya dapat anda baca pada alamat tersebut.

2. Pendaftaran Program Pascasarjana UNP

Selain menerima menerima mahasiswa baru jenjang Diploma atau Sarjana, UNP juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana (Magister/Doktor)

Tata cara pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana
  1. Persiapkan Fotocopy Ijazah S1 dan Foto digital dengan ukuran maksimal 200KB, yang  akan digunakan untuk mengisi formulir online.
  2. Buka Browser (Moziila Firefox, Chrome, dll) anda dan ketikkan URL spmb.unp.ac.id/pps lalu pilih program Magister (S2) atau Doktor (S3)
  3. Isikan User ID dan PIN yang tertera pada bukti pembayaran dari Bank Nagari kemudian klik tombol Login
  4. Isikan semua data yang ada pada formulir Tahap 1. Kemudian klik tombol Lanjut
  5. Pilih Program Studi Pilihan anda kemudian Klik tombol Lanjut
  6. Siapkan file foto digital anda di komputer, kemudian klik tombol Browse untuk mengambil File foto, setelah selesai Klik Tombol Upload untuk mengunggah foto anda. Klik tombol Lanjut untuk ketahap berikutnya
  7. Silahkan cek seluruh isian data yang ada pada halaman konfirmasi, jika ada kesalahan silahkan klik tombol Perbaiki, jika sudah benar maka klik tombol Benar
  8. Klik tombol setuju pada halaman persetujuan jika anda menyetujui pernyataan yang ada pada halaman pernyataan
  9. Klik tombol Cetak Bukti Pendaftaran untuk mencetak Bukti Pendaftaran.
  10. Cetak bukti pendaftaran dan simpan. Setelah selesai mencetak silahkan tutup halaman dengan klik tombol keluar untuk keluar dari aplikasi SPMB Online.

Itulah tata cara yang dapat anda lakukan pada saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru Program Pascasarjana UNP. Untuk informasi lainnya dapat anda baca pada alamat pendaftaran seperti di atas.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNP (Universitas Negeri Padang) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat terutama bagi anda yang ingin kuliah di UNP.

Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNP. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Cukup sekian info dari admin dan salam sukses. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan.