Pendaftaran SNMPN Politeknik 2023/2024 (snmpn.politeknik.or.id)

snmpn.politeknik.or.id 2023 -- Pendaftaran SNMPN Online, PMB Jalur SNMPN, Persyaratan Pendaftaran SNMPN, Jadwal Pelaksanaan SNMPN, Panduan Pendaftaran SNMPN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN, Pendaftaran Online SNMPN, Tata Cara Mendaftar SNMPN, Jalur Seleksi Nasional (SNMPN), Jalur Undangan (SNMPN), Jalur Tanpa Tes Tertulis (SNMPN), Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri. 2025. 2026.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran SNMPN Politeknik 2023/2024 (snmpn.politeknik.or.id). Informasi ini diberikan dengan tujuan agar bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran SNMPN. Informasi selengkapnya dapat anda ketahui berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Banyak sekali jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Negeri, diantaranya adalah jalur SNMPN, jalur SBMPN, jalur mandiri, jalur kerjasama dengan instansi pemerintah / swasta, dan lain-lain. Fokus kita pada pembahasan kali ini adalah jalur SNMPN.

SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi undangan untuk menyeleksi calon peserta yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Seleksi jalur SNMPN dilakukan tanpa ujian tertulis, namun seleksinya dilakukan dengan memberi penilaian terhadap prestasi siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lain yang relevan, serta hasil ujian nasional.

Hanya sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan yang dapat mendaftarkan siswa-siswinya. Untuk sekolah yang tidak mendapatkan undangan, maka dapat mengusulkan diri ke alamat SNMPN untuk mengikuti SNMPN. Jika disetujui, maka sekolah tersebut akan mendapatkan undangan.

Siswa-siswi yang dapat mengikuti SNMPN tentunya adalah siswa-siswi yang secara konsisten terus menunjukkan prestasinya disetiap semester. Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPN ini maka dapat mengikuti seleksi jalur lainnya, misal jalur SBMPN atau jalur mandiri Politeknik Negeri.

Berdasarkan data pendaftar SNMPN tahun 2015 yang mencapai 219.327 peserta dan 5433 sekolah, maka hal itu menunjukkan banyaknya peserta yang berminat untuk mengikuti seleksi SNMPN.

Untuk tahun ini, pendaftar SNMPN diperkirakan akan bertambah melihat sekolah yang sebelumnya belum mendapat undangan dari panitia SNMPN, untuk tahun ini mendapat kesempatan untuk mengikuti SNMPN.

Dengan banyaknya sekolah yang mendapat undangan dari panitia SNMPN, tentunya peserta yang akan mendaftarpun akan semakin bertambah.

Melihat baanyaknya peserta yang mendaftar, maka persaingan untuk lulus SNMPN semakin sulit. Namun anda perlu meyakinkan diri bahwa anda memiliki prestasi yang baik selama masa di sekolah dan terus konsisten menunjukkan prestasi tersebut.

Dengan bermodal prestas-prestasi tersebut, maka keyakinan diri untuk lulus seleksi SNMPN akan semakin kuat. Jangan lupa pula untuk berdoa agar harapan anda untuk lulus dapat terkabulkan. Aamiin.

Baiklah, kita akan membahas secara lengkap informasi tentang Pendaftaran SNMPN. Silahkan pahami dengan baik penjelasannya berikut ini.

Sebelum melakukan pendaftaran, terlebih dahulu harus mengetahui beberapa persyaratan pendaftaran serta ketentuan umum yang telah ditentukan oleh panitia SNMPN. Berikut ini informasi ketentuan umum dan persyaratan pendaftarannya.

A. Persyaratan Pendaftaran SNMPN

1. Persyaratan Umum
  1. Hanya untuk yang akan lulus 2023
  2. Sekolah wajib memiliki NPSN
  3. Siswa wajib memiliki NISN
  4. Siswa mendapatkan rekomendasi dari sekolah

2. Persyaratan SNMPN untuk Siswa
  • Siswa yang boleh mendaftar adalah siswa lulusan tahun 2024

Itulah ketentuan umum dan persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi ketika akan mendaftar SNMPN. Setelah memenuhi ketentuan dan persyaratan tersebut, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran SNMPN dengan tata cara yang akan admin jelaskan berikut ini.

B. Tata Cara Pendaftaran SNMPN

Seperti yang disebutkan di atas bahwa peserta yang akan mendaftar SNMPN harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Dengan demikian, maka Kepala Sekolah terlebih dahulu mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya ke alamat SNMPN. Berikut tata caranya.

1. Pendaftaran SNMPN oleh Kepala Sekolah
  1. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya melalui laman berikut ini : https://snmpn.politeknik.or.id/ . Baca : Petunjuk Pendaftaran SNMPN untuk Sekolah
  2. Login menggunakan username dan password sekolah yang terdapat pada undangan SNMPN.
  3. Setelah login, isilah data-data sekolah dan data siswa pendaftar sesuai formulir pendaftaran yang tersedia.
  4. Setelah mengisi data, maka akan mendapatkan username dan password untuk masing-masing siswa.
  5. Berikan username dan password kepada masing-masing Siswa pendaftar.
  6. Siswa pendaftar melakukan pendaftaran SNMPN menggunakan username dan password yang telah diperolehnya.

2. Pendaftaran SNMPN oleh Siswa Pendaftar
  1. Siswa Pendaftar mendaftar melalui alamat : https://snmpn.politeknik.or.id/.Baca : Petunjuk Pendaftaran SNMPN untuk Siswa
  2. Silahkan login menggunakan username dan password yang telah diperoleh dari Kepala Sekolah
  3. Isilah data diri anda dengan lengkap dan benar berupa biodata pendaftaran, memilih program studi, memilih Politeknik, dan lainnya sesuai pada formulir pendaftaran yang tersedia.
  4. Jika telah selesai mengisi data, cetaklah kartu tanda peserta SNMPN sebagai tanda bukti pendaftaran online.

Gambaran awal sampai akhir proses pendaftaran SNMPN dapat anda baca selengkapnya pada artikel berikut : Prosedur Pendaftaran SNMPN

Itulah tata cara pendaftaran yang dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah ataupun oleh siswa pendaftar SNMPN. Setelah melakukan pendaftaran SNMPN, maka selanjutnya anda perlu mengetahui kriteria penerimaan SNMPN agar anda dapat memperkirakan apakah anda bisa lulus SNMPN atau tidak.

Dengan mengetahui kriteria penerimaan SNMPN, maka anda juga dapat mempersiapkan diri untuk bisa memenuhi kriteria penerimaan tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

C. Kriteria Penerimaan Jalur SNMPN
  1. Lulus seleksi SNMPN tahun ini
  2. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran
  3. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima

Itulah kriteria penerimaan SNMPN yang harus dipenuhi jika ingin lulus seleksi SNMPN. Selain mengetahui informasi tersebut, anda juga perlu mengetahui lainnya berupa jadwal pelaksanaan SNMPN. Silahkan lihat dibawah ini.

D. Jadwal Pelaksanaan SNMPN 2022. Jadwal 2023 akan di update segera
  • Pendaftaran SNMPN : 3 Januari - 18 Maret 2022
  • Pengisian Data Oleh Sekolah : 3 Januari - 11 Maret 2022
  • Validasi SNMPN :  3 Januari - 25 Maret 2022
  • Pengumuman Kelulusan: 6 April 2022, lihat pada artikel : Pengumuman SNMPN

Itulah jadwal pelaksanaan SNMPN yang dapat anda jadikan pedoman dalam pelaksanaan SNMPN mulai dari proses pendaftaran sampai dengan pengumuman kelulusan.

G. Biaya Pelaksanaan SNMPN

Mengenai biaya pelaksanaan SNMPN, bahwa biaya pelaksanaan SNMPN seperti tahun-tahun sebelumnya adalah gratis. Mengapa gratis? karena biaya penyelenggaraan SNMPN telah ditanggung oleh Pemerintah.

Hal ini sedikit meringankan beban biaya bagi peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendaftar SNMPN.

Bagi anda siswa calon peserta SNMPN yang merupakan siswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka dapat mengajukan bantuan pendidikan yang disebut dengan Program Bidikmisi jalur SNMPN.

H. Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPN

Salah satu jalur penyaluran KIP Kuliah adalah SNMPN. KIP Kuliah jalur SNMPN diperuntukkan khusus bagi siswa calon peserta SNMPN yang memiliki prestasi yang unggul di sekolah serta berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Calon peserta SNMPN yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program KIP Kuliah jalur SNMPN.

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah SNMPN akan dibahas secara khusus pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi artikel kami yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah . Lanjutkan dengan bacaan ini : Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNMPN

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Baca informasinya pada artikel berikut : Pendaftaran Bidikmisi.

Selanjutnya anda perlu mengetahui Politeknik mana yang tergabung dalam SNMPN agar ketika mendaftar anda dapat langsung memilih Politeknik tersebut. Berikut informasi selengkapnya

I. Daftar Politeknik Negeri pada Jalur SNMPN
  1. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung)
  2. Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
  3. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)
  4. Politeknik Negeri Medan (POLMED)
  5. Politeknik Negeri Semarang (POLINES)
  6. Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI)
  7. Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)
  8. Politeknik Negeri Ambon (POLNAM)
  9. Politeknik Negeri Padang (PNP)
  10. Politeknik Negeri Bali (PNB)
  11. Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)
  12. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)
  13. Politeknik Negeri Manado (POLIMDO)
  14. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)
  15. Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN)
  16. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)
  17. Politeknik Negeri Kupang (PNK)
  18. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
  19. Politeknik Negeri Jember (POLIJE)
  20. Politeknik Pertanian Negeri Kupang (POLITANIKOE)
  21. Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANT)
  22. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
  23. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLTANESA)
  24. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (POLITANIPYK)
  25. Politeknik Negeri Samarinda (POLNES)
  26. Politeknik Negeri Media Kreatif (POLIMEDIA)
  27. Politeknik Manufaktur Bangka Belitung (POLMAN-BABEL)
  28. Politeknik Negeri Batam (POLIBATAM)
  29. Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG)
  30. Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA)
  31. Politeknik Negeri Madura (POLTERA)
  32. Politeknik Maritim Negeri Indonesia (POLIMARIN)
  33. Politeknik Negeri Banyuwangi (POLIWANGI)
  34. Politeknik Negeri Madiun (PNM)
  35. Politeknik Negeri FakFak (POLINEF)
  36. Politeknik Negeri Subang (POLSUB)
  37. Politeknik Negeri Sambas (POLTESA)
  38. Politeknik Negeri Indramayu (POLINDRA)
  39. Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR)
  40. Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP)
  41. Politeknik Negeri Cilacap (POLTEK Cilacap)
  42. Politeknik Negeri Tanah Laut (POLITALA)
  43. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan (POLIPANGKEP)

Politeknik yang tergabung dalam SNMPN ini merupakan Politeknik Negeri yang telah ditentukan oleh Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). Silahkan anda pilih Politeknik Negeri yang anda minati.

Pada saat mendaftar, anda dapat memilih beberapa Politeknik Negeri. Pilihan pertama menentukan prioritas pilihan anda. Untuk itu, letakkan dipilihan pertama untuk Politeknik Negeri yang sangat anda minati.

Seandanya anda tidak diterima pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka anda masih memiliki kemungkinan untuk diterima di Politeknik pilihan kedua.

Lengkapi Informasi dengan membaca :

Silahkan Baca Juga Jalur Undangan Lainnya :

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SNMPN. Semoga informasi yang telah dijelaskan di atas dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Silahkan bagkan informasi ini kepada teman atau keluarga anda yang membutuhkan agar mereka juga bisa memperoleh informasi ini dengan cepat.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SNMPN dan bisa diterima di Politeknik Negeri pilihan anda. Admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap saat selalu berkunjung. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin.