Pendaftaran Universitas Terbuka (UT) 2024/2025

Pendaftaran Universitas Terbuka (UT) 2024 -- Pendaftaran Universitas Terbuka, Pendaftaran UT, Formulir Pendaftaran Universitas Terbuka, Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka, Jadwal Pendaftaran UT, Biaya Kuliah UT, Pendaftaran Online UT, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Terbuka, Registrasi Mahasiswa Baru UT via Online & UPBJJ, Fakultas & Program Studi.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Universitas Terbuka (UT) 2024/2025. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon mahasiswa baru Universitas Terbuka (UT) yang ingin mendaftarkan diri di tahun ini. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Universitas Terbuka (UT), maka ada baiknya untuk menyimak ulasan di bawah ini secara keseluruhan. Dengan membaca informasi di bawah ini, kalian akan mendapatkan gambaran mengenai kampus UT dan perkuliahan disana.

Pembahasan di bawah ini telah dibagi kedalam beberapa subjudul yaitu pendirian UT, tujuan pendirian, sistem pembelajaran, fakultas dan program studi, SKS, cara belajar, penyelenggaraan pendidikan, kalender pendidikan, alamat UPBJJ, dan lain-lain, serta yang paling inti dari pembahasan ini yaitu mengenai sistem registrasi mahasiswa baru, dimana informasi ini bersumber dari website resmi Universitas Terbuka (UT).

Nah, untuk mengetahui seperti apa informasinya, langsung saja baca di bawah ini.

A. Pendirian Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka atau yang sering disebut dengan nama UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

B. Tujuan Pendirian Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) didirikan dengan tujuan:
  1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi;
  2. Memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka;
  3. Mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

C. Sistem Pembelajaran Universitas Terbuka (UT)

Universitas Terbuka (UT) Menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). 

Sedangkan makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

D. Fakultas dan Program Studi yang Ada di Universitas Terbuka (UT)

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini(PGPAUD)
  • Program Sertifikat terdiri dari program studi Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Administrasi Pemerintahan Daerah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Statistika, Matematika, Biologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Perencanaan Wilayah dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PWKL)

Fakultas Ekonomi (FEKON)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  • Program Sarjana Strata 1 (S1) terdiri dari program studi Administrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Hukum, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Sosiologi, Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan
  • Program Diploma 4 (D4) Kearsipan
  • Program Diploma 3 (D3) Perpajakan
  • Program Diploma 2 (D2) Perpustakaan

Program Magister Ilmu Administrasi
  • Bidang Minat Administrasi Publik

Program Magister Manajemen
  • Bidang Minat Manajemen Keuangan
  • Bidang Minat Manajemen Pemasaran 
  • Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Bidang Minat Manajemen Pendidikan

Program Magister Ilmu Kelautan
  • Bidang Minat Manajemen Perikanan
  • Program Magister Pendidikan Matematika
  • Program Magister Pendidikan Dasar

Program Sertifikat
  • Program Sertifikat Administrasi Pemerintahan Desa
  • BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
  • Program Sertifikat Ketatausahaan Sekolah
  • Program Sertifikat Statistika bagi Aparatur Pemerintahan Desa
  • Program Sertifikat Akuntansi Keuangan Daerah
  • Program Sertifikat Karya Ilmiah untuk Guru

E. Sistem Kredit Semester (SKS)

Seperti halnya perguruan tinggi yang lainnya, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

F. Cara Belajar di Universitas Terbuka (UT)

Mahasiswa UT diharapkan untuk dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri ini menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri.

G. Penyelenggaraan Pendidikan di Universitas Terbuka (UT)

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia. 

Di setiap provinsi atau kabupaten / kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT. Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, praktek/praktikum, dan ujian.

H. UPBJJ Universitas Terbuka (UT)

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) adalah unit pelaksana teknis UT di daerah. Adapun fungsi dan tugas UPBJJ-UT adalah sebagai tempat mahasiswa untuk melakukan kegiatan administratif akademik dan kegiatan akademik. Untuk kegiatan sehari-hari, UPBJJ-UT mempunyai tugas penyelenggaraan pelayanan belajar jarak jauh.

I. Kalender Akademik

Kalender akademik yang telah dibuat dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pendaftaran, registrasi, pembayaran, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dalam kalender akademik tersebut telah ditertuliskan nama kegiatan dan jadwal dari kegiatan tersebut.

J. Sistem Registrasi Mahasiswa Baru Universitas Terbuka (UT)

Ada beberapa bagian yang ada dalam sistem registrasi mahasiswa baru UT, yaitu Jenis Registrasi, Waktu Registrasi, Tempat Registrasi, dan Layanan Registrasi. Berikut uraiannya :

1. Jenis Registrasi

Jenis registrasi yang ada di Universitas Terbuka (UT) terdiri dari :
  1. Pendaftaran mahasiswa baru / registrasi pertama 
  2. Registrasi mata kuliah

Pendaftaran mahasiswa baru / registrasi pertama merupakan pencatatan Data Pribadi (DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT. Selanjutnya mahasiswa harus melakukan registrasi mata kuliah yang diambilnya pada tiap semester berikutnya.

# Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pendaftaran mahasiswa baru UT dapat dilakukan sebagai berikut :
  • Pendaftaran online di laman UT : sia.ut.ac.id
  • Pendaftaran langsung di UPBJJ-UT di sekitar anda.
  • Pendaftaran online melalui jalur SNBP

Informasi SNBP dapat ditemukan di : Pendatfaran SNBP Undangan atau Pendaftaran SNBP

2. Waktu Registrasi

Pendaftaran mahasiswa baru dan registrasi mata kuliah dilakukan setiap semester sesuai kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses pada laman UT di https://www.ut.ac.id/kalender-akademik -> lalu pilih program pendidikan, atau dapat pula diperoleh dari UPBJJ-UT setempat. 

3. Tempat Registrasi

Registrasi dilakukan di UPBJJ-UT atau secara online. Formulir registrasi dapat diperoleh di UPBJJ-UT atau di laman UT (https://www.ut.ac.id). 

Bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melalui UPBJJ-UT Layanan Luar Negeri, kecuali bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura dan Malaysia, registrasinya dilakukan di UPBJJ Batam

4. Layanan Registrasi

Beberapa layanan registrasi yang ada di Universitas Terbuka (UT) yaitu :
  1. Registrasi Langsung di UPBJJ-UT :
    • Mahasiswa datang langsung ke UPBJJ-UT setempat dengan membawa semua berkas persyaratan yang ditetapkan.
  2. Registrasi Online :
    • Mahasiswa melakukan registrasi secara online melalui Sistem Informasi Akademik (SIA). Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada Petunjuk Sistem Registrasi Online yang dapat diunduh pada laman SIA pada alamat https://sia.ut.ac.id.
  3. Registrasi Keliling :
    • Mahasiswa melakukan registrasi di tempat-tempat registrasi keliling yang telah ditetapkan dan dilakukan di luar kantor UPBJJ-UT. Informasi lebih lanjut tentang registrasi keliling dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat

K. Alamat UPBJJ-UT

1. UPBJJ-UT Banda Aceh
  • Alamat : Jl. Pendidikan / Bahagia, Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh 23234
  • E-mail : ut-bandaaceh@ecampus.ut.ac.id
  • Website : aceh.ut.ac.id

2. UPBJJ-UT Medan
  • Alamat : Jl. Bromo No. 29 Medan, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai
  • Email : ut-medan@ecampus.ut.ac.id
  • Website : medan.ut.ac.id

3. UPBJJ-UT Batam
  • Alamat : Jl. Dr. Sutomo No. 3 Sekupang, Batam
  • E-mail: ut-batam@ecampus.ut.ac.id
  • Website : batam.ut.ac.id

4. UPBJJ-UT Padang
  • Alamat : Jl. Raya By Pass Km.13, Sungai Sapih, Padang
  • E-mail: ut-padang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : padang.ut.ac.id

5. UPBJJ-UT Pangkalpinang
  • Alamat : Jl. Pulau Bangka, Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu, Pemerintah Prov. Kep Bangka Belitung Air Hitam, Pangkal Pinang
  • E-mail: ut-pangkalpinang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : pangkalpinang.ut.ac.id

6. UPBJJ-UT Pekanbaru
  • Alamat : Jl. Arifin Ahmad No. 111, Pekanbaru
  • E-mail: ut-pekanbaru@ecampus.ut.ac.id
  • Website : pekanbaru.ut.ac.id

7. UPBJJ-UT Jambi
  • Alamat : Jl. Gajah Mada No.51, Lebak Bandung, Jelutung, Jambi 
  • E-mail: jambi@ecampus.ut.ac.id
  • Website : jambi.ut.ac.id

8. UPBJJ-UT Palembang
  • Alamat : Jl. Sultan Muhammad Mansyur, Kec. Ilir Barat I, Bukit Lama, Palembang
  • E-mail: ut-palembang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : palembang.ut.ac.id

9. UPBJJ-UT Bengkulu
  • Alamat : Jl. Sadang Raya, Kelurahan Lingkar Barat, Kota Bengkulu 
  • E-mail: ut-bengkulu@ecampus.ut.ac.id
  • Website : bengkulu.ut.ac.id

10. UPBJJ-UT Bandar Lampung
  • Alamat : Jl. Soekarno-Hatta No. 108B Rajabasa, Bandar Lampung
  • E-mail: ut-bandarlampung@ecampus.ut.ac.id
  • Website : lampung.ut.ac.id

11. UPBJJ-UT Jakarta
  • Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 43 (By pass) Kel. Utan Kayu, Kec. Matraman, Jakarta Timur
  • E-mail: ut-jakarta@ecampus.ut.ac.id
  • Website : jakarta.ut.ac.id

12. UPBJJ-UT Serang
  • Alamat : Jl. Raya Jakarta Km. 7 Pakupatan, Serang, Banten
  • E-mail: ut-serang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : serang.ut.ac.id

13. UPBJJ-UT Bogor
  • Alamat : Jl. KH. Soleh Iskandar No. 234, Tanah Sereal, Bogor
  • E-mail: ut-bogor@ecampus.ut.ac.id
  • Website : bogor.ut.ac.id

14. UPBJJ-UT Bandung
  • Alamat : Jl. Panyileukan Raya No. 1 A, Soekarno-Hatta, Bandung
  • E-mail: bandung@ecampus.ut.ac.id
  • Website : bandung.ut.ac.id

15. UPBJJ-UT Purwokerto
  • Alamat : Jl. Kampus No. 54 Grendeng, Purwokerto
  • E-mail: ut-purwokerto@ecampus.ut.ac.id
  • Website : purwokerto.ut.ac.id

16. PBJJ-UT Semarang
  • Alamat : Jl. Raya Semarang-Kendal Km. 14,5, Mangkang Wetan
  • E-mail: ut-semarang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : semarang.ut.ac.id

17. UPBJJ-UT Surakarta
  • Alamat : Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Mojolaban, Sukoharjo
  • E-mail: ut-surakarta@ecampus.ut.ac.id
  • Website : surakarta.ut.ac.id

18. UPBJJ-UT Yogyakarta
  • Alamat : Jl. Bantul No. 81, Kel. Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Yogyakarta
  • E-mail: ut-yogyakarta@ecampus.ut.ac.id
  • Website : yogyakarta.ut.ac.id

19. UPBJJ-UT Surabaya
  • Alamat : Kampus C Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya
  • E-mail: ut-surabaya@ecampus.ut.ac.id
  • Website : surabaya.ut.ac.id

20. UPBJJ-UT Malang
  • Alamat : Jl. Mayjen, Sungkono No. 9, Malang
  • E-mail: malang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : malang.ut.ac.id

21. UPBJJ-UT Jember
  • Alamat : Jl. Kaliurang No. 2-A, Jember
  • E-mail: jember@ecampus.ut.ac.id
  • Website : jember.ut.ac.id

22. UPBJJ-UT Denpasar
  • Alamat : Jl. Gurita No. 11 Sesetan, Denpasar
  • E-mail: ut-denpasar@ecampus.ut.ac.id
  • Website : denpasar.ut.ac.id

23. UPBJJ-UT Mataram
  • Alamat : Jl. Neuningan, Sandubaya, Lombok, NTB
  • E-mail: ut-mataram@ecampus.ut.ac.id
  • Website : mataram.ut.ac.id

24. UPBJJ-UT Kupang
  • Alamat : Jl. Pulau Indah No. 6, Oesapa Barat, Kupang
  • E-mail: ut-kupang@ecampus.ut.ac.id
  • Website : kupang.ut.ac.id

25. UPBJJ-UT Pontianak
  • Alamat : Jl. Karya Bakti, Pontianak
  • E-mail: ut-pontianak@ecampus.ut.ac.id
  • Website : pontianak.ut.ac.id

26. UPBJJ-UT Palangka Raya
  • Alamat : Jl. G. Obos Km. 3,5 No. 177, Palangka Raya, Kalimantan Tengah
  • E-mail: ut-palangkaraya@ecampus.ut.ac.id
  • Website : palangkaraya.ut.ac.id

27. UPBJJ-UT Banjarmasin
  • Alamat : Jl. Sultan Adam No. 128 RT 26, Banjarmasin
  • E-mail: banjarmasin@ecampus.ut.ac.id
  • Website : banjarmasin.ut.ac.id

28. UPBJJ-UT Samarinda
  • Alamat : Jl. H.A.M.M. Rifaddin, Samarinda Seberang
  • E-mail: samarinda@ecampus.ut.ac.id
  • Website : samarinda.ut.ac.id

29. UPBJJ-UT Makassar
  • Alamat : Jl. Monginsidi Baru No. 7, Makassar
  • E-mail: ut-makassar@ecampus.ut.ac.id
  • Website : makassar.ut.ac.id

30. UPBJJ-UT Majene
  • Alamat : Jl. Sultan Hasanuddin No. 2 Majene
  • E-mail: ut-majene@ecampus.ut.ac.id
  • Website : majene.ut.ac.id

31. UPBJJ-UT Palu
  • Alamat : Jl. Pendidikan, Jalur 2 Untad, Tondo, Palu
  • E-mail: ut-palu@ecampus.ut.ac.id
  • Website : palu.ut.ac.id

32. UPBJJ-UT Kendari
  • Alamat : Jl. A.H. Nasution, Kelurahan Kambu, Bundaran Anduonohu, Kendari
  • E-mail: ut-kendari@ecampus.ut.ac.id
  • Website : kendari.ut.ac.id

33. UPBJJ-UT Manado
  • Alamat : Jl. Sam Ratulangi Raya Manado-Tomohon, Kec. Winangun (depan gereja GPDI Winangun) Manado - SULUT
  • E-mail: ut-manado@ecampus.ut.ac.id
  • Website : manado.ut.ac.id

34. UPBJJ-UT Gorontalo
  • Alamat : Jl. Raden Saleh 27, Kel. Dulalowo Timur, Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo
  • Email : ut-gtalo@ecampus.ut.ac.id, dan ut-gorontalo@ecampus.ut.ac.id
  • Website : gorontalo.ut.ac.id

35. UPBJJ-UT Ambon
  • Alamat : Jl. Woltermonginsidi Lateri, Ambon 
  • E-mail: ut-ambon@ecampus.ut.ac.id
  • Website : ambon.ut.ac.id

36. UPBJJ-UT Ternate
  • Alamat : Jl. Raya Mangga Dua, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
  • E-mail: ut-ternate@ecampus.ut.ac.id
  • Website : ternate.ut.ac.id

37. UPBJJ-UT Jayapura
  • Alamat : Jl. SPG Teruna Bhakti Waena, Kotak pos 204, Abepura Jayapura Papua
  • E-mail: ut-jayapura@ecampus.ut.ac.id
  • Website : jayapura.ut.ac.id

38. UPBJJ-UT Sorong
  • Alamat : Jl. Basuki Rahmat, KM 11,5 Sorong, Papua Barat 
  • E-mail: ut-sorong@ecampus.ut.ac.id
  • Website : sorong.ut.ac.id

39. UPBJJ-UT Tarakan
  • Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No. 7 Karang Anyar, Tarakan, Kalimantan Utara 
  • E-mail: ut-tarakan@ecampus.ut.ac.id
  • Website : tarakan.ut.ac.id

40. Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri
  • Alamat : Universitas Terbuka, Gedung Pelayanan Publik Lantai 2, Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan
  • Email: luarnegeri@ecampus.ut.ac.id
  • Website : luarnegeri.ut.ac.id

Itulah informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru UT dan informasi kampusnya. Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri, maka bisa langsung datang ke alamat UPBJJ-UT tersebut atau mendaftar via online seperti yang dijelaskan pada pilihan layanan registrasi mahasiswa baru UT.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi UT.

Baca Juga : 

Demikian informasi mengenai Pendaftaran Universitas Terbuka (UT) yang dapat admin bagikan. Semoga informasi tersebut dapat memberikan penjelasan bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bagikan pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses selalu.