Pendaftaran KIP Kuliah Peserta SNBP 2024/2025

KIP Kuliah SNBP 2024 -- Pendaftaran Online KIP Kuliah SNBP, PMB Jalur KIP Kuliah, Info Pendaftaran KIP Kuliah SNBP, Panduan Pendaftaran KIP Kuliah SNBP, Cara Pendaftaran KIP Kuliah SNBP, Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah SNBP, Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah SNBP, Pendaftaran Bidikmisi SNBP, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi kepada anda tentang Pendaftaran KIP Kuliah Peserta SNBP 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk anda siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNBP. Informasi selengkapnya dapat anda berikut ini.


Mahalnya biaya pendidikan menjadi pertimbangan tersendiri bagi seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke suatu Perguruan Tinggi. Bukan hanya Perguruan Tinggi Swasta yang dianggap memiliki biaya pendidikan mahal, tetapi juga Perguruan Tinggi Negeri yang memiliki biaya pendidikan mahal.

Ketika mengetahui biaya pendidikan di Perguruan Tinggi yang dituju mahal, maka niat seseorang untuk melanjutkan pendidikan terkadang dapat terhenti. Hal ini pernah di alami oleh teman adik saya yang akan lulus SMA tahun ini.

Pada saat Ia ditanya ’mengapa kamu tidak jadi kuliah?’. Jawabnya : karena biaya kuliah terasa mahal, orang tuaku tidak mampu untuk membiayai pendidikan yang bayarannya begitu mahal.
Sayang sekali jika Ia sampai tidak kuliah karena Ia juga adalah orang yang cerdas serta berprestasi selama di Sekolah.

Berita ini terdengar sampai kepada Kepala Sekolah, mendengar hal itu, Kepala Sekolah segera memanggil siswa tersebut dan memberikan nasehat serta motivasi agar siswa tersebut mau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Akhirnya setelah diberi nasehat dan motivasi, siswa tersebut kembali memiliki motivasi untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi.

Untuk mengatasi kasus seperti itu, Pemerintah melalui DIKTI menyalurkan suatu dana bantuan pendidikan untuk siswa-siswi berprestasi dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yang disebut dengan KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah program pemberian bantuan biaya pendidikan dari DIKTI untuk siswa-siswi (calon mahasiswa) berprestasi dari suatu Sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Jika anda berprestasi, berasal dari keluarga kurang mampu, dan ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri, maka anda dapat mendaftarkan diri mengikuti ketentuan dan prosedur Pendaftaran KIP Kuliah jalur SNBP.

Seperti kita ketahui bahwa SNBP adalah jalur seleksi undangan untuk siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, sedangkan KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan untuk siswa-siswi berprestasi (calon mahasiswa) yang berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Jadi, tepat sekali untuk siswa-siswi berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, maka dapat mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBP.

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri mengikuti seleksi KIP Kuliah jalur SNBP, maka harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah dan juga persyaratan pendaftaran SNBP. Berikut informasinya untuk anda.
A. Persyaratan Pendaftaran KIP Kuliah

# Persyaratan untuk mendaftar KIP Kuliah tahun ini adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

# Persyaratan Calon Penerima KIP Kuliah Yang Memiliki Keterbatasan Ekonomi

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan salah satu dokumen berikut :
  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
  3. Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau
  4. Mahasiswa dari panti sosial / panti asuhan, atau
  5. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

# Jika Tidak Memenuhi Salah Satu dari Lima Kriteria Persyaratan Di Atas :

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari 5 kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua / wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

B. Persyaratan Pendaftaran SNBP

1. Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Sekolah
  1. SMA / MA / SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Ketentuan Akreditasi:
    • Akreditasi A: 40 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B: 25 % terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C dan lainnya: 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan.

                      2. Persyaratan Pendaftaran SNBP untuk Siswa

                      Siswa SMA / MA / SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2024 yang memiliki prestasi unggul::
                      1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
                      2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
                      3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
                      4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

                                          Itulah persyaratan pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP yang harus anda penuhi. Anda harus memenuhi kedua persyaratan di atas, baik persyaratan KIP Kuliah dan juga persyaratan SNBP.

                                          Setelah memenuhi persyaratan pendaftaran di atas, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran KIP Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

                                          Tata cara pendaftaran KIP Kuliah telah diberikan pada artikel sebelumnya. Pada artikel tersebut juga terdapat informasi lainnya seperti jadwal pelaksanaan, dan keterangan penting lainnya. Silahkan kunjungi artikel Pendaftaran KIP Kuliah

                                          Setelah mendaftar KIP Kuliah, maka selanjutnya anda mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNBP. Tata cara pendaftaran SNBP, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN pada SNBP, dan hal lain dapat anda baca pada Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNPMB Jalur SNBP


                                          Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran KIP Kuliah SNBP. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

                                          Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi KIP Kuliah jalur SNBP. Apabila anda mendapatkan KIP Kuliah tersebut, maka gunakanlah dengan tepat untuk membiayai pendidikan anda hingga selesai dengan tepat waktu. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.