Pendaftaran SPMB Online 2021/2022

penerimaan.spmb.or.id 2021 -- PMB Jalur SPMB, Pendaftaran SPMB jalur UMB-PT / UMB-PTS / TPBI, Pendaftaran SPMB Universitas, Pendaftaran Online SPMB, Info Pendaftaran SPMB, Cara Pendaftaran SPMB Online, Persyaratan Pendaftaran SPMB Online, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, P-SPMBN, P-SPMB Nusantara. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran SPMB Online 2021/2022. Informasi ini ditujukan bagi anda yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur ujian tertulis SPMB. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Selain jalur nasional yang sudah terkenal seperti SNMPTN dan SBMPTN, penerimaan mahasiswa baru juga dilakukan melaui jalur SPMB Nusantara yang namanya juga sudah dikenal oleh para calon mahasiswa baru.

SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan jalur seleksi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta SPMB .

SPMB diselenggarakan oleh suatu organ penyelenggara yang disebut dengan P-SPMBN. P-SPMBN memiliki kepanjangan yaitu Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara.

P-SPMBN menyelenggarakan seleksi SPMB yang terbagi menjadi 3 jenis seleksi, yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan  TPBI. Penjelasan dari ketiga jenis seleksi tersebut akan kita bahas pada artikel kali ini.

Sedikit informasi tentang peserta yang mendaftar SPMB tahun lalu bahwa peserta yang mendaftar begitu banyak karena seleksi SPMB ini terdiri dari 3 jenis seleksi dan seleksinya dibuka beberapa gelombang untuk seleksi UMB-PT dan UMB-PTS.

Jika anda ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SPMB, maka anda harus memilih jalur UMB-PT, sedangkan jika anda ingin masuk ke Perguruan Tinggi Swasta melalui jalur SPMB, silahkan pilih seleksi UMB-PTS, sedangan untuk siswa-siswi kelas XII semester 1 yang ingin menguji kemampuannya dapat mengikuti TPBI.

Untuk mengetahui informasi lebih rinci mengenai ketiga jenis seleksi SPMB tersebut, maka akan dijelaskan masing-masing berikut ini.

1. Pendaftaran UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, anda juga dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur UMB-PT. Jika anda tidak memiliki kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN atau anda telah mengikuti jalur tersebut tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, maka anda dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi UMB-PT.

Tingkat persaingan jalur UMB-PT tidak sesulit pada jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda mengikuti seleksi UMB-PT.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui alamat resmi SPMB yaitu penerimaan.spmb.or.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendaftar UMB-PT. Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta UMB-PT.

Saat ini hanya ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam seleksi UMB-PT. Semoga kedepan PTN lainnya juga membuka jalur UMB-PT. Berikut informasinya untuk anda.

Daftar Nama-nama PTN pada UMB-PT
  1. UMB PT Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. UMB PT Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. UMB PT Universitas Teuku Umar (UTU)
  4. UMB PT Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
  5. UMB PT Universitas Sumatera Utara (USU)
  6. UMB PT Universitas Jambi (UNJA)
  7. UMB PT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)
  8. UMB PT Universitas Samudra (UNSAM)
  9. UMB PT Universitas Palangka Raya (UPR)
  10. UMB PT Universitas Borneo Tarakan (UBT)
  11. UMB PT Universitas Terbuka (UT)
  12. UMB PT Universitas Andalas (UNAND)
  13. UMB PT Institut Seni Indonesia Padang Panjang (ISI Padangpanjang)

Itulah daftar nama-nama Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT. Dari daftar tersebut mungkin ada salah satu yang anda minati, untuk itu silahkan anda mendaftar UMB-PT dan pilih PTN pilihan anda.

Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran UMB-PT, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, lokasi ujian dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran UMB-PT.

2. Pendaftaran UMB-PTS

UMB-PTS atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Swasta adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Jika anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi Swasta, maka sebagai alternatif anda dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi UMB-PTS.

Telah kita ketahui bersama bahwa Perguruan Tinggi Swasta juga membuka jalur lain selain UMB-PTS. Namun tidak ada salahnya jika anda mengikuti seleksi UMB-PT.

Pendaftaran UMB-PTS dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Calon peserta yang ingin mendaftar harus mengakses alamat tersebut. Lakukan pengisian biodata sesuai formulir pendaftaran UMB-PTS yang tersedia.

Sebagai tambahan informasi anda perlu mengetahui daftar Perguruan Tinggi Swasta berikut yang telah tergabung dalam UMB-PTS.

Daftar Nama-nama PTS Pada UMB-PTS
  1. UMB-PTS Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
  2. UMB-PTS Universitas Malahayati (UNIMAL)
  3. UMB-PTS Universitas Trisakti (USAKTI)
  4. UMB-PTS Universitas Bakrie (UB)
  5. UMB-PTS Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
  6. UMB-PTS Universitas Gunadarma (UG)

Itulah daftar nama-nama PTS yang dapat anda pilih ketika anda melakukan pendaftaran UMB-PTS. 

Untuk informasi lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, lokasi ujian, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yang berjudul Pendaftaran UMB-PTS.

3. Pendaftaran TPBI

TPBI atau Tes Penjajakan Bidang Ilmu adalah suatu tes yang berguna untuk mengetahui kemampuan, minat, dan bakat siswa-siswi kelas XII semester 1. Dengan tes ini nantinya ketika siswa-siswi tersebut melanjutkan pendidikan ke suatu perguruan tinggi, maka akan lebih terarah ketika memilih program studi.

Program studi yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan, minat, dan bakat yang dimiliki. Peserta yang telah mengikuti TPBI akan mendapatkan suatu piagam yang juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui seleksi jalur undangan.

Jika anda ingin mendaftar TPBI, maka anda dapat melakukannya secara online melalui alamat website resminya yaitu penerimaan.spmb.or.id. silahkan akses alamat tersebut dan kemudian lakukan pengisian data sesuai formulir pendaftaran yang tersedia.

Anda perlu mengetahui daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan TPBI. Berikut informasinya untuk anda.

Daftar Nama-nama PTN pada TPBI
  1. TPBI Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
  2. TPBI Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  3. TPBI Universitas Sumatera Utara (USU)
  4. TPBI Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  5. TPBI Universitas Jambi (UNJA)
  6. TPBI Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Itulah daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dapat anda pilih saat mendaftar TPBI.

Untuk informasi Tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya pendaftaran, dan informasi lainnya dapat anda baca pada artikel tersendiri yaitu pada Pendaftaran TPBI.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi SPMB.

Silahkan Baca Juga :

Info Penting!!!
  • Pada tahun lalu, jalur SPMB tidak dibuka. Untuk tahun ini belum diketahui apakah dibuka atau tidak. Untuk mengetahui infonya, silahkan tanyakan langsung pada panitia atau pihak kampus yang bersangkutan.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran SPMB Online. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam persiapan dan proses pendaftaran SPMB.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur SPMB ini. Terima kasih admin ucapkan untuk anda yang selalu setia untuk membaca artikel di web ini. Semoga informasi yang ada di web ini semuanya bermanfaat untuk anda.

Mari kita berdoa semoga kita bisa menjadi orang-orang yang berilmu sehingga hidup bisa dijalani dengan mudah. Semoga kita bisa meraih kesuksesan semuda mungkin. Aamiin.