Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas 2020/2021

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020 -- dikdin.bkn.go.id, sscn.bkn.go.id, Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Langkah - langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Alur Pendaftaran Ikatan Dinas, Cara Daftar Sekolah Ikatan Dinas. 2022.

Kali ini admin akan berbagai informasi tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas 2020/2021. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah ikatan dinas pada tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di sekolah ikatan dinas, maka harus mempersiapkan hal-hal terkait dengan semua proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman.

Terkait dengan proses pendaftaran, maka kalian harus mengetahui bagaimana alur pendaftaran atau atau tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas dari tahap pendaftaran awal hingga finish atau mencetak kartu peserta.

Hal tersebut sangat penting untuk dipahami agar ketika melakukan serangkaian proses pendaftaran dapat berjalan lancar dan data-data yang diisikan pada form pendaftaran dapat terisi dengan benar.

Selain itu, dengan diberikannya informasi ini, dapat menjadi panduan atau arahan bagi kalian yang sedang atau akan mengisi data pendaftaran sekolah ikatan dinas.

Tentunya, pada saat pengisian data harus ada yang membimbing agar tidak bingung data apa saja yang harus diisikan, serta langkah berikutnya setelah pengisian data di halaman yang satu ke halaman lainnya.

Untuk itu, silahkan baca artikel ini dari awal hingga akhir.

Informasi yang disampaikan pada artikel ini berupa dari hal-hal yang harus disiapkan sebelum mendaftar, alur dan tata cara pendaftaran sekolah kedinasan yang ikatan dinas dari yang singkat hingga penjelasan rinci, daftar sekolah ikatan dinas, serta informasi lanjutan pendaftaran ikatan dinas.

Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas.

I. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN / DIKDIN BKN

A. Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA / Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

B. Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Tahun 2020

Pada bagian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pertama akan dijelaskan alur dan tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas secara singkat, dibagian kedua akan sedikit dijabarkan, dan dibagian akhir akan diberi penjabaran secara rinci.

# Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Secara Singkat

Secara singkat alur / tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan sebagai berikut :
  1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan :
    • Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Halaman Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Halaman Berhasil Melakukan Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
    • Mendapatkan Kartu Informasi Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
  2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata :
    • Log In
    • Upload Foto Selfie (Swafoto)
    • Mendaftar Formasi
    • Notifikasi
    • Entri Nilai
    • Pengisian Biodata
    • Unggah Dokumen
    • Resume Pendaftaran
    • Notifikasi Akhir Proses Pendaftaran
    • Mendapat Kartu Pendaftaran SSCASN DIKDIN

# Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dengan Penjelasan Singkat

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat : https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian

Info Penting !!!
Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan Nilai

6. Pelamar melengkapi Biodata

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)

9. Pelamar mengklik Kirim. data yang telah dikirim tidak dapat diubah

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya

# Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dengan Penjelasan Rinci

Berikut penjelasan rinci mengenai alur / tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas.

1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

Apabila pelamar sudah siap untuk mendaftar, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Buka laman dikdin.bkn.go.id

2. Klik "Registrasi" dan akan tampil halaman baru

3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga

Info : Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

5. Masukan kode captcha yang tampil

Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan.

Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
  • Nama Tanpa Gelar 
    • Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
  • Tempat Lahir 
    • Isi tempat lahir (Kabupaten / Kota), sesuai dengan ijazah
  • Tanggal Lahir 
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
  • Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin yang sesuai
  • E-mail 
    • Masukan e-mail aktif dan valid
  • Password
    • Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
  • Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password telah Anda masukan
  • Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
  • Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
  • Captcha
    • Masukan kode captcha yang tampil di layar

6. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.

7. Selanjutnya klik "Lanjutkan"

Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.

8. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

1. Setelah pelamar berhasil daftar seperti langkah-langkah di atas, silahkan login ke dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas

2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta, kemudian lengkapi data :

a. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya

Info : Klik tombol "Choose File", cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb

b. Mendaftar Formasi

Lengkapi data berikut :
  1. Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
  2. Klik tombol "Pilih"
  3. Pilih pendidikan terakhir Anda saat ini
  4. Pilih Jurusan yang tersedia
  5. Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
  6. Pilih Lokasi Test yang tersedia
  7. Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
  8. Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA / SMK / Sederajat)
  9. Isi Tahun Lulus
  10. Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
  11. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  12. Isi kode captcha yang tampil

Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi

c. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.

d. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

Data Diri Pelamar :
  • Alamat Domisili, Provinsi, Kab / Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua / Wali.

Data Diri Orang Tua:
  • NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya.

e. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat".

Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya

f. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol "Iya" , dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak Kartu Pendaftaran" akan tampil.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

II. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Sekolah Ikatan Dinas Masing-masing

Bagi kalian yang telah melakukan serangkaian proses pendaftaran di laman dikdin.bkn.go.id sesuai yang dijelaskan pada bagian I di atas, sekarang lanjutkan pendaftaran ke portal sekolah ikatan dinas masing-masing.

Di bagian II ini akan diberikan link menuju ke artikel sekolah ikatan dinas masing-masing. Kalian bisa menemukan informasi lanjutkan pada artikel tersebut.

Nantinya, setelah masuk ke artikel tersebut, untuk mendaftarnya, silahkan ikuti petunjuk yang telah dijelaskan.

Di  bawah ini akan diberikan daftar sekolah ikatan dinas dan kalian bisa langsung menuju ke sekolah ikatan dinas yang diinginkan:

                Itulah serangkaian informasi mengenai alur dan tata cara pendaftaran sekolah kedinasan ikatan dinas yang perlu kalian ketahui. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan kunjungi website resmi.

                Baca Juga :

                Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua.

                Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo ajak teman lainnya juga untuk menemukan berbagai informasi di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please like and share.