Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas 2024/2025

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2024 -- dikdin.bkn.go.id, sscasn.bkn.go.id, Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Langkah - langkah Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas, Alur Pendaftaran Ikatan Dinas, Cara Daftar Sekolah Ikatan Dinas. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagai informasi tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah ikatan dinas pada tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di sekolah ikatan dinas, maka harus mempersiapkan hal-hal terkait dengan semua proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman.

Terkait dengan proses pendaftaran, maka kalian harus mengetahui bagaimana alur pendaftaran atau atau tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas dari tahap pendaftaran awal hingga finish atau mencetak kartu peserta.

Hal tersebut sangat penting untuk dipahami agar ketika melakukan serangkaian proses pendaftaran dapat berjalan lancar dan data-data yang diisikan pada form pendaftaran dapat terisi dengan benar.

Selain itu, dengan diberikannya informasi ini, dapat menjadi panduan atau arahan bagi kalian yang sedang atau akan mengisi data pendaftaran sekolah ikatan dinas.

Tentunya, pada saat pengisian data harus ada yang membimbing agar tidak bingung data apa saja yang harus diisikan, serta langkah berikutnya setelah pengisian data di halaman yang satu ke halaman lainnya.

Untuk itu, silahkan baca artikel ini dari awal hingga akhir.

Informasi yang disampaikan pada artikel ini berupa hal-hal yang harus disiapkan sebelum mendaftar, alur dan tata cara pendaftaran sekolah kedinasan yang ikatan dinas dari yang singkat hingga penjelasan rinci, daftar sekolah ikatan dinas, serta informasi lanjutan pendaftaran ikatan dinas.

Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini tentang Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas.

I. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN / DIKDIN BKN

A. Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA / Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

B. Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Pada bagian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pertama akan dijelaskan alur dan tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas secara singkat, dibagian kedua akan sedikit dijabarkan, dan dibagian akhir akan diberi penjabaran secara rinci.

# Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas Secara Singkat

Secara singkat alur pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan sebagai berikut :

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan :
  1. Akses Portal
    • Pelamar mengakses portal sekolah kedinasan di dikdin.bkn.go.id
  2. Buat Akun
    • Buat akun SSCASN sekolah kedinasan dengan NIK yang terverifikasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun
  3. Login
    • Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Pendaftaran
    • Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata
  5. Cek Resume
    • Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
  6. Verifikasi
    • Verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar
  7. Cek Status Kelulusan 
    • Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan lalu cek status kelulusan administrasi
  8. Pembayaran
    • Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing sekolah kedinasan
  9. Cek Kartu Ujian
    • Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem
  10. Ujian Seleksi
    • Pelamar mengikuti ujian seleksi sesuai ketentuan masing-masing instansi
  11. Pengumuman Hasil Seleksi
    • Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Sekolah Kedinasan di SSCASN

# Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas dengan Penjelasan Singkat

1. Buka laman https://dikdin.bkn.go.id

2. Klik "Registrasi" atau "Daftar" akan tampil halaman registrasi :

3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

4. Nama lengkap sesuai KTP

5. Tanggal lahir sesuai KTP

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

7. Masukan kode captcha yang terlampir

8. Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
  1. Alamat
    • Isi alamat sesuai dengan KTP
  2. Tempat Lahir
    • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),sesuai dengan ijazah
  3. Tanggal Lahir
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
  4. Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin yang sesuai
  5. E-mail
    • Masukan e-mail aktif dan valid
  6. Password
    • Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
  7. Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password telah Anda masukan
  8. Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  9. Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
  10. Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  11. Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
  12. Captcha
    • Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap

12. Selanjutnya klik "Lanjutkan"

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik "Perbaiki" dan jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun"

Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.

Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.


2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://daftardikdin.bkn.go.id/login dengan klik tombol "Log in" yang tertera di sudut kanan atas

Pada saat mengakses halaman https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login maka akan muncul notifikasi, pastikan kamera pada device anda aktif dan browser yang direkomendasi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta. Isilah data-data seperti di bawah ini

1. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Klik tombol "Choose File" cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 100 kb dan maksimal 200kb.

2. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

# Data Diri Pelamar :
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

# Data Diri Orang Tua :
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Jika telah melengkapi kolom-kolom yang tersedia. Klik "Selajutnya" untuk ke halaman selanjutnya

3. Mendaftar Formasi
  1. Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
  2. Klik tombol "Pilih"
  3. Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
  4. Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
  5. Isi Tahun Lulus
  6. Isi nomorijazah pendidikan terakhir Anda
  7. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  8. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  9. Isi kode captcha yang tampil
  10. Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi 

4. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda

5. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat". Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol  "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. Dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya

6. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol "Ya", dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN" akan tampil. Bila pelamar klik tombol "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN"  akan tampil Kartu Pendaftaran.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

II. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Sekolah Ikatan Dinas Masing-masing

Bagi kalian yang telah melakukan serangkaian proses pendaftaran di laman dikdin.bkn.go.id sesuai yang dijelaskan pada bagian I di atas, sekarang lanjutkan pendaftaran ke portal sekolah ikatan dinas masing-masing.

Di bagian II ini akan diberikan link menuju ke artikel sekolah ikatan dinas masing-masing. Kalian bisa menemukan informasi lanjutkan pada artikel tersebut.

Nantinya, setelah masuk ke artikel tersebut, untuk mendaftarnya, silahkan ikuti petunjuk yang telah dijelaskan.

Di  bawah ini akan diberikan daftar sekolah ikatan dinas dan kalian bisa langsung menuju ke sekolah ikatan dinas yang diinginkan:

                Itulah serangkaian informasi mengenai alur dan tata cara pendaftaran sekolah kedinasan ikatan dinas yang perlu kalian ketahui. Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan kunjungi website resmi.

                Baca Juga :

                Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua.

                Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo ajak teman lainnya juga untuk menemukan berbagai informasi di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please like and share.