Pendaftaran PIP Makassar 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar)

pipmakassar.ac.id 2024 -- Pendaftaran PIP Makassar, Sipencatar PIP Makassar, Pengumuman Penerimaan Calon Taruna PIP Makassar, Jadwal Pendataran PIP Makassar, Tanggal Pendaftaran PIP Makassar, Penerimaan Calon Taruna PIP Makassar, Pendaftaran Taruna PIP Makassar. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran PIP Makassar 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar). Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon taruna PIP Makassar yang ingin mendaftar di tahun ini. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

PIP Makassar atau Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran.

Kampus PIP Makassar berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165.

Sejarah singkat berdirinya PIP Makassar dilihat dari tahun dan nama lembaga :
  • Tahun 1921 - 1946, bernama Sekolah Pelayaran Dasar
  • Tahun 1946 - 1950, bernama Opleiding Scheepvaart School Celebes (OSC)
  • Tahun 1947 - 1950, bernama Midlebare Zeepvaart School (MZS)
  • Tahun 1950 - 1964, bernama Sekolah Penyeberangan Laut Sulawesi (SPLS)
  • Tahun 1964 - 1972, bernama Sekolah Pelayaran Makassar (SPM)
  • Tahun 1972 - 1979, bernama Sekolah Pelayaran Menengah Ujung Pandang (SPMUP)
  • Tahun 1979 - 1999, bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran Ujung Pandang
  • Tahun 1999 - sekarang, bernama Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menjadi calon taruna / taruni di PIP Makassar, maka harus mendaftarkan diri pada saat ada pembukaan penerimaan calon taruna baru.

Kalian bisa memilih jalur seleksi yang dibuka. Biasanya ada 2 jalur seleksi yang dibuka, yaitu :
  • Jalur Pola Pembibitan, dan Jalur Reguler

Jalur Pola Pembibitan merupakan jalur seleksi ikatan dinas. Taruna baru yang diterima melalui jalur ini kuliahnya gratis dan setelah lulus bisa langsung bekerja dan diangkat menjadi PNS sesuai aturan.

Sedangkan jalur reguler merupakan jalur seleksi mandiri yang bukan ikatan dinas. Kuliahnya membayar sendiri dan setelah lulus juga mencari kerja sendiri.

Baik jalur pola pembibitan ataupun jalur reguler untuk pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat sipencatar.dephub.go.id.  Untuk jalur pola pembibitan sebelumnya harus mendaftar terlebih dahulu di situs BKN.

Di bawah ini akan dijelaskan khusus untuk jalur ikatan dinas (jalur pola pembibitan). Jalur ini biasanya dibuka secara bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan.

Dari sekian banyaknya pilihan perguruan tinggi ikatan dinas yang dibuka, hanya satu perguruan tinggi saja yang bisa dipilih pada saat pendaftaran. Pilihlah satu perguruan tinggi ikatan dinas yang kalian minati.

Untuk mengetahui informasi lebih rinci mengenai jalur ikatan dinas (jalur pola pembibitan) PIP Makassar, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah

1. Prodi D. IV Nautika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga.

2. Prodi D. IV Teknika, persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Prodi D. IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), persyaratan ijazah :
  • SMU / MA (IPA/IPS),
  • Paket C (IPA dan IPS)
  • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Bagi calon taruna yang ingin mendaftarkan diri, maka harus bisa memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas dan juga persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi mengenai persyaratan lebih lanjut baca pada artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran dilakukan seperti di bawah ini :
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

D. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi dilakukan seperti di bawah ini :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

Pendaftaran dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan. Informasinya lihat pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan dibagian bawah. Untuk lokasi tes juga bisa dilihat pada artikel tersebut.

Baca informasi penting berikut : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Itulah informasi mengenai penerimaan calon mahasiswa baru PIP Makassar. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lain yang dibutuhkan, silahkan cek di website resmi.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran PIP Makassar (Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar). Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bantu bagikan artikel ini pada teman lainnya. Please like dan share.