Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya 2024/2025 (Poltekpen / Poltekbang)

poltekbangsby.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya, Pendaftaran Poltekpen / Poltekbang Surabaya, Pendaftaran Ikatan Dinas Politeknik Penerbangan Surabaya, Biaya dan Jurusan di Politeknik Penerbangan Surabaya, Cara Mendaftar Politeknik Penerbangan Surabaya, Penerimaan Calon Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya, Pendaftaran Taruna Baru, Daftar, Pengumuman, dan Informasi Penerimaan Taruna Politeknik Penerbangan Surabaya. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya 2024/2025 (Poltekpen / Poltekbang). Informasi ini ditujukan bagi para calon taruna yang ingin mendaftarkan diri di tahun ini untuk kuliah di Poltekpen Surabaya. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


Politeknik Penerbangan Surabaya atau disingkat Poltekpen Surabaya atau Poltekbang Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelengggarakan pendidikan di bidang penerbangan.

Lokasi Politeknik Penerbangan Surabaya : Jl. Jemur Andayani I No.73, Siwalankerto, Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60236

Visi Politeknik Penerbangan Surabaya :
“Menjadi Lembaga pendidikan dan pelatihan penerbangan kelas dunia yang profesional dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi di industri jasa penerbangan nasional maupun internasional”

Program Studi yang ada di Politeknik Penerbangan Surabaya, yaitu :
  • Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
  • Teknik Navigasi Udara (TNU)
  • Teknik Pesawat Udara (TPU)
  • Manajemen Transportasi Udara (MTU)
  • Lalu Lintas Udara (LLU)
  • Komunikasi Penerbangan (KP)
  • Teknik Bangunan dan Landasan (TBL)

Sarana dan Prasarana yang ada di Politeknik Penerbangan Surabaya :
  • Ruang Kelas, Laboratorium & Bengkel, Asrama, Perpustakaan, Ruang Makan, Stress Center, Klinik, Masjid, Cafe / Kantin, Fitness Center, Lapangan Olah Raga & Outbond, Gedung Serbaguna.

Itulah sekilas mengenai Politeknik Penerbangan Surabaya. Melihat kondisi yang sangat memadai, tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk menempuh pendidikan di Politeknik Penerbangan Surabaya.

Apalagi di tahun ini, Politeknik Penerbangan Surabaya kembali membuka penerimaan calon taruna baru melalui jalur ikatan dinas (pola pembibitan).

Melalui jalur ikatan dinas, tarun yang diterima akan dibebaskan biaya kuliah dan setelah lulus bisa langsung bekerja dan diangkat jadi pegawai BUMN atau PNS sesuai kebijakan.

Berbagai keunggulan yang bisa didapatkan jika bisa diterima menjadi taruna baru di Politeknik Penerbangan Surabaya melalui jalur ikatan dinas, maka semakin memotivasi diri agar bisa diterima  dan lulus dari serangkaian tahapan seleksi.

Bagi kalian yang berminat untuk menempuh pendidikan di melalui jalur ikatan dinas, ayo segera daftarkan diri sesuai jadwal yang dibuka dan mengikuti semua ketentuan yang berlaku. Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran dan lain-lain silahkan simak di bawah ini.

A. Program Studi Pilihan dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D-III TPU (Teknik Pesawat Udara), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA) 
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknotogi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.

2.  Program Studi D-III MTU (Manajemen Transportasi Udara), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMU / MA (IPA / IPS)
  • Paket C (IPA) 
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Akuntansi dan Keuangan.

3. D-III TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), persyaratan ijazah kelulusan :
  • SMA / MA (IPA)
  • Paket C (IPA),
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, Teknologi Konstruksi dan Properti (kecuali Bisnis Konstruksi dan Properti).

B. Persyaratan Pendaftaran

Untuk bisa mendaftar, maka harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan seperti yang disebutkan di atas, dan juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran seperti yang dirangkum pada artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran dilakukan seperti di bawah ini :
  1. Mendaftar di Portal SSCN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

D. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi calon taruna / taruni :
  1.  Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

Jadwal pendaftaran dan lokasi tes dapat dilihat langsung pada artikel yang telah admin rangkum berikut : Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

F. Informasi Penting Lainnya silahkan cek di :
  • Website Politeknik Penerbangan Surabaya : poltekbangsby.ac.id
  • Atau bisa datang langsung ke Gedung Utama Lt. 1, pada Hari kerja pukul 08.00 - 15.00 WIB
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi

Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru Politeknik Penerbangan Surabaya. Silahkan daftarkan diri dan ikuti proses seleksinya. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri semaksimal mungkin.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Politeknik Penerbangan Surabaya (Poltekpen / Poltekbang). Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk kalian semua.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang kalian luangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya juga di blog ini. Ayo bantu like dan share. Cukup sekian dan salam sukses.