Pendaftaran STIP Jakarta 2020/2021 (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

stipjakarta.dephub.go.id 2020 -- Pendaftaran STIP Jakarta 2020, Sipencatar STIP Jakarta, www.stipjakarta.ac.id Pendaftaran, Syarat Masuk STIP Jakarta, Jadwal Pendaftaran STIP Jakarta, Pendaftaran Ikatan Dinas STIP Jakarta, Cara Mendaftar di STIP Jakarta, Penerimaan Calon Taruna  Taruni Baru STIP Jakarta, Cara Pendaftaran Online STIP Jakarta, Biaya STIP Jakarta. 2022. 2023.

Informasi yang admin berikan kali ini berjudul Pendaftaran STIP Jakarta 2020/2021 (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Informasi ini ditujukan bagi kalian semua yang berminat untuk menempuh pendidikan di STIP Jakarta mulai tahun ini. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta atau yang dikenal dengan nama STIP Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah kementerian perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran.

Sejarah singkat STIP Jakarta : awal didirikan pada tahun 1953 dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran. Pada tanggal 27 februari 1957 AIP diresmikan oleh Presiden Pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Saat itu juga menjadi Akademi Pelayaran Pertama di Indonesia. Lokasi kampus berada di Jl. Gunung Sahari, Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara.

Kemudian pada tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP), selanjutnya bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) hingga saat ini.

Lokasi STIP Jakarta yaitu di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta-Utara,14150, Indonesia.

Adapun program studi yang diselenggarakan di STIP Jakarta yaitu :
  • Program Pendidikan Diploma IV : Jurusan Nautika, Jurusan Teknika, dan Jurusan Ketatalaksanaan & Kepelabuhanan

Nah, bagi kalian yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan di STIP Jakarta, maka silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua ketentuan yang berlaku.

Di tahun ini, STIP Jakarta kembali membuka jalur penerimaan calon taruna baru melalui jalur ikatan dinas (pola pembibitan). Ini kesempatan emas yang tidak boleh kalian lewatkan.

Siapkan diri kalian untuk mendaftar, namun lihat dulu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. Jika mampu untuk memenuhi persyaratannya, maka daftarkan diri kalian dan ikuti semua tahapan seleksi yang diujikan.

Jika bisa lulus dari seleksi jalur ikatan dinas ini, maka bisa mendapatkan banyak keunggulan. Kuliahnya gratis, lulus bisa langsung kerja, dan diangkat jadi pegawai BUMN atau PNS.

Langsung saja admin berikan informasi selengkapnya mengenai pendaftaran calon taruna baru STIP Jakarta berikut ini.

A. Program Studi Pilihan dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D.IV Nautika :
  • SMU / MA : (IPA) 
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Kapal Niaga (Nautika Kapal Niaga)

2. Program Studi D.IV Teknika :
  • SMU / MA (IPA)
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Kapal Niaga (Teknika Kapal Niaga), SMK Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Program Studi D.IV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan) :
  • SMU / MA (IPA dan IPS) 
  • Paket C (IPA dan IPS)
  • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi selengkapnya bisa ditemukan pada artikel Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran calon taruna :
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I. (buka disini)
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk informasi rinci mengenai tata cara pendaftaran dapat di baca langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Jenis dan Tahapan Seleksi

Beberapa jenis dan tahapan seleksi calon taruna yaitu :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pelaksanaan dan Lokasi Tes

Jadwal pendaftaran dan lokasi tes dapat dilihat pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikelnya ada di bagian bawah ini.


Penting!!!
Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STIP Jakarta di alamat stipjakarta.dephub.go.id atau website resmi Sipencatar Kemenhub