Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2025/2026 di Portal DIKDIN BKN (dikdin.bkn.go.id)
dikdin.bkn.go.id 2025 -- Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN di alamat web sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Penerimaan Mahasiswa Baru dan Taruna Baru Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Kuliah di Kampus Ikatan Dinas, Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Pendaftaran Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas, Penerimaan Maba dan Catar Ikatan Dinas.
Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2025/2026 di Portal DIKDIN BKN (dikdin.bkn.go.id). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru dan calon taruna baru sekolah ikatan dinas yang akan melakukan pendaftaran. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.
Sekolah ikatan dinas merupakan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang mana selama pendidikan biayanya gratis dan setelah lulus bisa langsung bekerja dan di angkat menjadi pegawai negeri sipil sesuai ketentuan yang berlaku.
Untuk bisa mengikuti pendidikan di sekolah ikatan dinas, maka yang pertama dilakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru atau sebagai calon taruna.
Tentunya kalian telah membaca artikel sebelumnya tentang pendaftaran PKN STAN, POLSTAT STIS, IPDN, STMKG, STIN, POLTEK SSN, POLTEKIP & POLTEKIM, dan STTD dan Beberapa Perguruan Tinggi di bawah Kemenhub . Jika belum membaca, silahkan baca terlebih dahulu. Pada artikel tersebut telah dijelaskan seputar pendaftaran calon mahasiswa baru dan calon taruna baru seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, ketentuan pendaftaran, tahapan seleksi, alur pendaftaran, dan lain-lain.
Pada artikel ini dibahas mengenai pendaftaran di sscasn.bkn.go.id . Ini adalah tahap awal pendaftaran yang harus dilakukan sebagai calon mahasiswa atau calon taruna sekolah ikatan dinas.
Kalian harus cermat dan teliti dalam membaca semua keterangan yang ada berkaitan dengan pendaftaran ini. Setiap calon peserta HANYA diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Kesalahan dalam melakukan pendafaran dapat menyebabkan gagalnya dalam mengiktuti seleksi sekolah ikatan dinas. Jadi, harus berhati-hati dan teliti.
Pendaftaran sekolah ikatan dinas ini bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang memenuhi persyaratan. Bagi yang berminat, silahkan membaca artikel ini lalu melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku.
Berikut ini admin berikan informasi seputar Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal DIKDIN BKN (dikdin.bkn.go.id). Silahkan disimak dengan sebaik-baiknya.
I. Perhatian Penting!!!
A. Pendaftaran Peserta Secara Online :
Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan :
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Rapor SMA / Sederajat
- Pas foto
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal DIKDIN BKN (https://dikdin.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran sekolah kedinasan sesuai dengan minat pelamar.
B. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan :
Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.
C. Seleksi :
Seleksi atau tes tertulis dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi/ Sekolah Kedinasan
D. Pengisian Data :
Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan GUGUR dan TIDAK DAPAT DIPROSES lebih lanjut.
E. Persyaratan Khusus / Tambahan :
Instansi yang membuka penerimaan seleksi Pendidikan Kedinasan mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Sekolah Kedinasan. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.
II. Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal DIKDIN BKN (dikdin.bkn.go.id)
Gambaran Umum Proses Pendaftaran :
- Akses Portal
- Pelamar mengakses portal sekolah kedinasan di dikdin.bkn.go.id
- Buat Akun
- Buat akun SSCASN sekolah kedinasan dengan NIK yang terverifikasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun
- Login
- Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pendaftaran
- Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata
- Cek Resume
- Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
- Verifikasi
- Verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar
- Cek Status Kelulusan
- Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan lalu cek status kelulusan administrasi
- Pembayaran
- Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing sekolah kedinasan
- Cek Kartu Ujian
- Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem
- Ujian Seleksi
- Pelamar mengikuti ujian seleksi sesuai ketentuan masing-masing instansi
- Pengumuman Hasil Seleksi
- Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Sekolah Kedinasan di SSCASN
Berikut admin berikan penjelasan mengenai Proses / Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal SSCN BKN:
Berikut ini rincian tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas secara lengkap :
1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan :
Berikut tata caranya :
1. Buka laman https://dikdin.bkn.go.id
2. Klik "Registrasi" atau "Daftar" akan tampil halaman registrasi :
3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)
4. Nama lengkap sesuai KTP
5. Tanggal lahir sesuai KTP
6. Kabupaten/Kota sesuai KTP
7. Masukan kode captcha yang terlampir
8. Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
- Alamat
- Isi alamat sesuai dengan KTP
- Tempat Lahir
- Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),sesuai dengan ijazah
- Tanggal Lahir
- Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
- Jenis kelamin
- Pilih jenis kelamin yang sesuai
- Masukan e-mail aktif dan valid
- Password
- Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
- Konfirmasi Password
- Masukkan kembali password telah Anda masukan
- Pertanyaan Pengaman 1
- Pilih pertanyaan pengaman Anda
- Jawaban Pengaman
- Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
- Pertanyaan Pengaman 2
- Pilih pertanyaan pengaman Anda
- Jawaban Pengaman
- Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
- Captcha
- Masukan kode captcha yang tampil di layar
11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap
12. Selanjutnya klik "Lanjutkan"
13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik "Perbaiki" dan jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun"
Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.
Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.
2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://daftardikdin.bkn.go.id/login dengan klik tombol "Log in" yang tertera di sudut kanan atas
Pada saat mengakses halaman https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login maka akan muncul notifikasi, pastikan kamera pada device anda aktif dan browser yang direkomendasi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.
Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta. Isilah data-data seperti di bawah ini
1. Upload Swafoto
Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Klik tombol "Choose File" cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 100 kb dan maksimal 200kb.
2. Pengisian Biodata
Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
# Data Diri Pelamar :
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.
# Data Diri Orang Tua :
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.
Jika telah melengkapi kolom-kolom yang tersedia. Klik "Selajutnya" untuk ke halaman selanjutnya
3. Mendaftar Formasi
- Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
- Klik tombol "Pilih"
- Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
- Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
- Isi Tahun Lulus
- Isi nomorijazah pendidikan terakhir Anda
- Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
- Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
- Isi kode captcha yang tampil
- Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi
4. Pengisian Nilai
Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda
5. Unggah Dokumen
Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat". Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. Dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya
6. Resume
Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.
Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut di klik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.
Selanjutnya klik tombol "Ya", dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN" akan tampil. Bila pelamar klik tombol "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN" akan tampil Kartu Pendaftaran.
Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
III. Portal Instansi Pendidikan Ikatan Dinas
Apabila telah melakukan pendaftaran di portal DIKDIN BKN selanjutnya melakukan pendaftaran di portal instansi yang dituju.
Perlu diingatkan bahwa ada beberapa pendidikan ikatan dinas yang bisa dipilih yaitu : PKN STAN, Politeknik Statistik STIS, IPDN, POLTEK SSN, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan beberapa Perguruan tinggi ikatan dinas di bawah Kemenhub.
Berikut Portal Instansi pendidikan ikatan dinas beserta link artikelnya :
- Portal Instansi PKN STAN : spmb.pknstan.ac.id
- Portal Instansi Politeknik Statistik STIS : spmb.stis.ac.id
- Portal Instansi IPDN : spcp.ipdn.ac.id
- Portal Instansi Poltek SSN : poltekssn.ac.id
- Portal Instansi STIN : stin.ac.id
- Portal Instansi STTD dan perguruan tinggi di bawah Kemenhub : sipencatar.dephub.go.id
- Portal Instansi STMKG : ptb.stmkg.ac.id
- Portal Instansi POLTEKIP dan POLTEKIM : catar.kemenkumham.go.id
Itulah portal masing-masing instansi pendidikan ikatan dinas yang harus diketahui agar tidak salah alamat. Silahkan melakukan pendaftaran di alamat tersebut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.
Itulah penjelasan mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dicari di website sscasn.bkn.go.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan info, silahkan ikuti yang ada di website resmi sscasn.bkn.go.id dan kamipun akan segera mengupdatenya.
Ingat!!!
Untuk bisa diterima di sekolah ikatan dinas cukup sulit karena pesaingnya sangat banyak dan tahapan seleksi yang harus dilalui juga banyak. Jadi, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar harapan untuk diterima di sekolah ikatan dinas yang diminati dapat terkabulkan. Aamiin.
Mari Baca Juga :
Demikian informasi dari admin. Semoga informasi ini dapat memberikan panduan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sekolah ikatan dinas. Terima kasih dan semoga lancar dalam proses pendaftaran.