Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021 di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)

sscasn.bkn.go.id 2020 -- Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN di alamat web sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Penerimaan Mahasiswa Baru dan Taruna Baru Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Pendaftaran Kuliah di Kampus Ikatan Dinas, Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Pendaftaran Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas, Penerimaan Maba dan Catar Ikatan Dinas. 2022. 2023.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020/2021 di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru dan calon taruna baru sekolah ikatan dinas yang akan melakukan pendaftaran. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekolah ikatan dinas merupakan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang mana selama pendidikan biayanya gratis dan setelah lulus bisa langsung bekerja dan di angkat menjadi pegawai negeri sipil sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk bisa mengikuti pendidikan di sekolah ikatan dinas, maka yang pertama dilakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru atau sebagai calon taruna.

Tentunya kalian telah membaca artikel sebelumnya tentang pendaftaran PKN STAN, STIS, IPDN, STMKG, STIN, STSN, POLTEKIP & POLTEKIM, dan STTD dan 10 Perguruan Tinggi di bawah Kemenhub . Jika belum membaca, silahkan baca terlebih dahulu. Pada artikel tersebut telah dijelaskan seputar pendaftaran calon mahasiswa baru dan calon taruna baru seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, ketentuan pendaftaran, tahapan seleksi, alur pendaftaran, dan lain-lain.

Pada artikel ini dibahas mengenai pendaftaran di sscasn.bkn.go.id . Ini adalah tahap awal pendaftaran yang harus dilakukan sebagai calon mahasiswa atau calon taruna sekolah ikatan dinas.

Kalian harus cermat dan teliti dalam membaca semua keterangan yang ada berkaitan dengan pendaftaran ini. Setiap calon peserta HANYA diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Kesalahan dalam melakukan pendafaran dapat menyebabkan gagalnya dalam mengiktuti seleksi sekolah ikatan dinas. Jadi, harus berhati-hati dan teliti.

Pendaftaran sekolah ikatan dinas ini bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang memenuhi persyaratan. Bagi yang berminat, silahkan membaca artikel ini lalu melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Berikut ini admin berikan informasi seputar Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id). Silahkan disimak dengan sebak-baiknya.

I. Perhatian Penting!!!

A. Pendaftaran Peserta Secara Online :

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA/Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN BKN (https://sscasn.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran sekolah kedinasan sesuai dengan minat pelamar.

B. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan :

Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

C. Seleksi :

Seleksi atau tes tertulis dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi/ Sekolah Kedinasan

D. Pengisian Data :

Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan GUGUR dan TIDAK DAPAT DIPROSES lebih lanjut.

E. Persyaratan Khusus / Tambahan :

Instansi yang membuka penerimaan seleksi Pendidikan Kedinasan mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Sekolah Kedinasan. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.

II. Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)


Gambaran Umum Proses Pendaftaran :
  1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
  3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
  5. Pelamar memasukkan Nilai
  6. Pelamar melengkapi Biodata
  7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
  8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
  9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
  10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
  11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
  12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
  13.  Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
  14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
  15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya

Berikut admin berikan penjelasan mengenai Proses / Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal SSCN BKN:

1. Proses Pembuatan Akun Pendaftaran SSCASN
  1. Calon peserta mendaftar online melalui di dikdin.bkn.go.id
  2. Klik menu Registrasi
  3. Lalu terbuka halaman baru dengan alamat web dikdin-daftar.bkn.go.id
  4. Kemudian isikan NIK, Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga, dan Centang captcha pada kolom "I'm not a robot"
  5. Kemudian klik "Lanjutkan"
  6. Selanjutnya lengkapi data-data pada kolom yang masih kosong
  7. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb
  8. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah
  9. Selanjutnya klik "Selanjutnya"
  10. Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik
  11. Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.

                    Data2 yang diisi pada langkah ke-6 yaitu :
                    • Nama Tanpa Gelar
                      • Isi nama tanpa gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
                    • Tempat Lahir
                      • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah
                    • Tanggal Lahir
                      • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
                    • Jenis kelamin
                      • Pilih jenis kelamin yang sesuai
                    • E-mail
                      • Masukan e-mail aktif dan valid
                    • Password
                      • Masukan password yang mudah diingat.
                      • Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
                    • Konfirmasi Password
                      • Masukkan kembali password telah Anda masukan
                    • Pertanyaan Pengaman 1
                      • Pilih pertanyaan pengaman Anda
                    • Jawaban Pengaman
                      • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
                    • Pertanyaan Pengaman 2
                      • Pilih pertanyaan pengaman Anda
                    • Jawaban Pengaman
                      • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
                    • Captcha
                      • Masukan kode captcha yang tampil di layar

                    2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

                    1. Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke dikdin.bkn.go.id dengan klik tombol "Login" yang tertera di sudut kanan atas.

                    2. Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta :
                    1. Upload Swafoto :
                      • Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya
                      • Caranya : klik tombol "Choose file", cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb
                    2. Mendaftar Formasi :
                      • Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
                      • Klik tombol "Pilih"
                      • Pilih pendidikan terakhir Anda saat ini
                      • Pilih Jurusan yang tersedia
                      • Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
                      • Pilih Lokasi Test yang tersedia
                      • Pilih Provinsi/Negara/SMA/SMK Anda berada
                      • Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
                      • Isi Tahun Lulus
                      • Isi nomor ijazah pendidikan terakhir Anda
                      • Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
                      • Isi kode captcha yang tampil
                      • Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol . Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti berikut : Harap mengisi bagian yang bertanda merah sebelum menyimpan. Lalu klik "Baiklah"
                    3. Pengisian Nilai :
                      • Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda.
                    4. Pengisian Biodata :
                      • Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.
                      • Isi kode captcha yang tampil pada kolom yang disediakan. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya.
                    5. Unggah Dokumen :
                      • Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.
                      • Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah"
                      • Untuk mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat"
                      • Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik "Unggah" tombol untuk mengganti dokumen tersebut
                      • Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya
                    6. Resume :
                      • Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

                    3. Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut diklik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun

                    4. Selanjutnya klik tombol "Iya", dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak Kartu Pendaftaran" akan tampil.

                    Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

                    III. Portal Instansi Pendidikan Ikatan Dinas

                    Ada beberapa pendidikan ikatan dinas yang bisa dipilih yaitu : PKN STAN, Politeknik Statistik STIS, IPDN, STSN, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan 11 Perguruan tinggi ikatan dinas di bawah Kemenhub.

                    Berikut kedelapan Portal Instansi pendidikan ikatan dinas beserta link artikelnya :
                    1. Portal Instansi PKN STAN : spmb.pknstan.ac.id
                    2. Portal Instansi Politeknik Statistik STIS : stis.ac.id/spmb
                    3. Portal Instansi IPDN : spcp.ipdn.ac.id
                    4. Portal Instansi STSN : stsn-nci.ac.id
                    5. Portal Instansi STIN : stin.ac.id
                    6. Portal Instansi STTD dan 10 perguruan tinggi di bawah Kemenhub : sipencatar.dephub.go.id
                    7. Portal Instansi STMKG : ptb.stmkg.ac.id
                    8. Portal Instansi POLTEKIP dan POLTEKIM : catar.kemenkumham.go.id

                    Itulah portal masing-masing instansi pendidikan ikatan dinas yang harus diketahui agar tidak salah alamat. Silahkan melakukan pendaftaran di alamat tersebut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

                    Itulah penjelasan mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id). Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dicari di website sscasn.bkn.go.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan info, silahkan ikuti yang ada di website resmi sscasn.bkn.go.id dan kamipun akan segera mengupdatenya.

                    Ingat!!!
                    Untuk bisa diterima di sekolah ikatan dinas cukup sulit karena pesaingnya sangat banyak dan tahapan seleksi yang harus dilalui juga banyak. Jadi, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar harapan untuk diterima di sekolah ikatan dinas yang diminati dapat terkabulkan.


                    Demikian informasi dari admin. Semoga informasi ini dapat memberikan panduan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sekolah ikatan dinas. Terima kasih dan semoga lancar dalam proses pendaftaran.