Pendaftaran Poltekpel Surabaya 2024/2025 (Politeknik Pelayaran Surabaya)

www.poltekpel-sby.ac.id 2024 -- Pendaftaran Poltekpel Surabaya, Pendaftaran Taruna Politeknik Pelayaran Surabaya (poltekpelsby), Seleksi Penerimaan Calon Taruna / Taruni Jalur Reguler & Jalur Ikatan Dinas Poltekpel Surabaya, Pengumuman Penerimaan Calon Taruna Baru Poltekpel Surabaya, Jadwal Pendaftaran Poltekpel Surabaya, Pendaftaran Taruna Baru Poltekpel Surabaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Poltekpel Surabaya 2024/2025 (Politeknik Pelayaran Surabaya). Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon taruna yang ingin mendaftarkan diri pada tahun ini. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Politeknik Pelayaran Surabaya atau yang dikenal pula dengan nama Poltekpel Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubugan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran.

Adapun lokasi kampus Poltekpel Surabaya yaitu :
  • Kampus I di Jalan Raya Hang Tuah No. 5 Surabaya 60155, Jawa Timur – Indonesia. Telp. (031) 352 3685 , 355 8785. Fax ( 031) 3546028.
  • Kampus II di Jalan Gunung Anyar Boulervard No. 1 Surabaya.

Sejarah singkat : awal berdirinya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya. Kemudian pada tahun 2013 namanya berubah menjadi Politeknik Pelayaran Surabaya.

Visi Poltekpel Surabaya yaitu : " Menjadi politeknik pelayaran unggulan berstandar internasional serta berperan aktif dalam industri pelayaran

Motto Poltekpel Surabaya yaitu : "Pengabdian kami melalui pelayaran yang terbaik"

Itulah sekilas mengenai kampus Poltekpel Surabaya. Bagi kalian yang berminat untuk menempuh pendidikan di bidang pelayaran, langsung saja daftarkan diri di Poltekpel Surabaya.

Di setiap tahun ajaran baru, Poltekpel Surabaya membuka jalur penerimaan baru melalui jalur reguler, dan dalam beberapa tahun terakhir membuka jalur ikatan dinas. Melalui jalur reguler ataupun jalur ikatan dinas, calon taruna bisa mendaftarkan diri dengan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku. 

Pembahasan kita kali ini difokuskan hanya pada jalur ikatan dinas (jalur pola pembibitan).

Banyak sekali yang bisa didapatkan jika kalian bisa lulus seleksi dan diterima di Poltekpel Surabaya melalui jalur ikatan dinas. Mulai dari kuliah yang gratis hingga selesai, kemudian lulus langsung kerja, dan bisa diangkat jadi PNS atau pegawai BUMN.

Untuk pendaftaran jalur ikatan dinas Poltekpel Surabaya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah kementerian perhubungan ataupun kementerian atau lembaga lainnya.

Berikut ini akan dijelaskan informasi pendaftaran Poltekpel Surabaya mulai dari persyaratan pendaftaran, alur pendaftaran, tahapan seleksi, jadwal, lokasi tes, dan lainnya. Langsung saja simak di bawah ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D. III Nautika, persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA)
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga

2. Program Studi D. III Teknika, persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA)
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Program Studi D. III Elektro Pelayaran, persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (Kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Teknik Kelistrikan Kapal.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus sesuai dengan persyaratan di atas, calon taruna / taruni baru ikatan dinas juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran seperti yang terangkum pada artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Alur pendaftaran calon taruna / taruni ikatan dinas Poltekpel Surabaya yaitu :
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Informasi rinci mengenai tata cara pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna / taruni Poltekpel Surabaya, yaitu :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes 

Jadwal pendaftaran dan lokasi tes calon taruna / taruni baru Poltekpel Surabaya dapat dilihat langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

Itulah informasi terkait penerimaan calon taruna / taruni baru Poltekpel Surabaya. Silahkan daftarkan dri dan ikuti proses seleksinya. Untuk informasi lainnya yang dibutuhkan silahkan temukan di website resmi Poltekpel Surabaya. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi ini, maka ikuti informasi yang ada di website resmi.


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Poltekpel Surabaya (Politeknik Pelayaran Surabaya). Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya ya. Tolong bantu like dan share artikel ini pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses selalu.