Pendaftaran API Madiun 2024/2025 (Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun)

api.ac.id 2024 -- Pendaftaran API Madiun, Jadwal Pendaftaran API Madiun, Prodi API Madiun, Sipencatar API Madiun, Lulusan API Madiun, Pendaftaran Akademi Perkeretaapian Madiun, Pendaftaran Calon Taruna API Madiun, Penerimaan Calon Taruna Baru API Madiun, Penerimaan Sipencatar Mandiri API Madiun, Pendaftaran Online API Madiun. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran API Madiun 2024/2025 (Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun). Informasi ini ditujukan khususnya bagi para calon taruna yang ingin mendaftar di tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun atau dikenal dengan nama API Madiun adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang perkeretaapian.

Semakin berkembangnya moda transportasi darat khususnya kereta api menjadi salah satu alasan penting bagi kalian untuk menempuh pendidikan di API Madiun.

Dengan menggunakan ijazah yang sesuai jika melamar kerja di PT KAI, maka peluang kerja akan semakin terbuka lebar dan kesempatan untuk diterima juga sangat besar.

Nah, di tahun ini, API Madiun kembali membuka penerimaan calon taruna baru untuk jalur ikatan dinas. Ini adalah peluang yang sangat baik untuk kalian.

Melalui jalur ikatan dinas, saat kuliah tak perlu mengeluarkan biaya karena biayanya gratis, dan setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja di bisa diangkat jadi PNS atau pegawai BUMN.

Manfaatkanlah kesempatan baik ini dengan semaksimal mungkin. Masa depan yang cerah menanti anda di masa depan.

Nah, bagi yang berminat untuk menjadi calon taruna / taruni baru API Madiun, terlebih dahulu harus bisa memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan. Setelah itu, lakukan pendaftaran dan ikuti semua proses seleksi yang diujikan hingga pengumuman akhir.

Berikut ini admin berikan informasi selengkapnya untuk persyaratan pendaftaran, persyaratan lainnya, cara mendaftar, jadwal, tahapan seleksi, lokasi tes, dan lain-lain. Silahkan disimak dengan baik.

A. Program Studi  dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program studi D. III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP), persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA),
  • SMK jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.
  • Paket C (IPA)

2. Program Studi D. III Teknik Elektro Perkeretaapian (TEP), persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA),
  • SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi, Teknik Instrumentasi Industri.
  • Paket C (IPA)

3. Program Studi D. III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP), persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA),
  • SMK Jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri.
  • Paket C (IPA)

4. Program Studi D. III Teknik Mekanika Perkeretaapian (TMP), persyaratan ijazahnya :
  • SMU / MA (IPA),
  • SMK Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Industri.
  • Paket C (IPA)

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Informasi selengkapnya bisa ditemukan pada artikel Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan melalui beberapa tahapan seperti alur di bawah ini :
  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Mengenai tata cara pendaftaran secara rinci dapat dibaca langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi

Beberapa tahapan seleksi yang akan dilalui oleh calon taruna yaitu :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

Pendaftaran calon taruna baru API Madiun dilakukan bersamaan dengan calon taruna / calon mahasiswa lainnya untuk jalur ikatan dinas. Informasi bisa ditemukan pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Untuk lokasi tes juga bisa ditemukan pada artikel tersebut.

Itulah informasi mengenai penerimaan calon taruna baru API Madiun. Silahkan daftarkan diri dan ikuti seleksinya. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi API Madiun atau bertanya pada panitia seleksi. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.



Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran API Madiun (Akademi Perkeretaapian Madiun). Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat yang baik. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo bantu like dan share. Cukup sekian dan salam sukses.