Pendaftaran PKTJ Tegal 2024/2025 (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan)

pktj.ac.id 2024 -- Pendaftaran PKTJ Tegal, Sipencatar PKTJ Tegal, Pendaftaran Online PKTJ Tegal, Seleksi Penerimaan Calon Taruna PKTJ Tegal, Pendaftaran Ikatan Dinas PKTJ Tegal, Biaya PKTJ Tegal, Jadwal PKTJ Tegal, Syarat Masuk dan Cara Pendaftaran Sekolah Dinas PKTJ Tegal. Pendaftaran Sipenctar Kemenhub PKTJ Tegal, Penerimaan Taruna Baru PKTJ Tegal. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran PKTJ Tegal 2024/2025 (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan). Informasi ini ditujukan khusunya bagi para calon taruna baru PKTJ Tegal yang ingin mendaftar di tahun ini. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

PKTJ atau Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keselamatan transportasi darat.

Adapun lokasi kampus PTKJ yaitu berada di Jl. Semeru No.3, Slerok, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125.

Sejarah singkat : awal berdirinya bernama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya) Tegal yang didirikan pada tanggal 14 Mei 1971, dan pada tanggal 27 September 1971 dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat saat itu yang bernama Sumpono Bayuaji.

Kemudian dengan adanya Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.73 Tahun 2002, namanya berubah lagi menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Tegal. Dan akhirnya namanya berubah seperti saat ini yaitu Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan atau disingkat PKTJ Tegal.

Itulah sedikit mengenai PKTJ Tegal. Mungkin dengan sedikit informasi tersebut bisa memberikan gambaran mengenai kampus PKTJ Tegal.

Nah, bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK, dan lulusan Paket C, yang ingin menempuh pendidikan tinggi, maka salah satu kampus yang bisa dipilih adalah PKTJ Tegal.

PKTJ Tegal menyelenggarakan pendidikan di bidang keselamatan transportasi darat. Adapun Tujuan  PKTJ adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan pengetahuan Keselamatan di bidang Transportasi Darat yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan mempunyai jiwa kepemimpinan serta pengabdian kepada Bangsa dan Negara

Dengan tujuan seperti di atas, maka tidak salah lagi jika kalian ingin menjadi seorang yang ahli di bidang transpotasi darat, kuliahlah di PKTJ Tegal.

PKTJ Tegal di tahun ini kembali membuka jalur pola pembibitan atau jalur ikatan dinas. Melalui jalur ikatan dinas, taruna yang diterima akan dibebaskan dari biaya kuliah dan setelah lulus bisa di angkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dengan kelebihan yang bisa didapat melalui jalur ikatan dinas tersebut, mungkin bisa menambah motivasi bagi kalian untuk mendaftarkan diri menjadi calon taruna baru PKTJ Tegal.

Di bawah ini admin berikan informasi mengenai penerimaan calon taruna baru PKTJ Tegal yang terurai menjadi beberapa bagian seperti persyaratan, alur pendaftaran, tahapan seleksi, jadwal, lokasi tes, dan pengumuman kelulusan calon taruna baru. Langsung saja simak di bawah ini.

A. Program Studi dan Persyaratan Ijazah Lulusan

1. Program Studi D. IV Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan (MKTJ), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika dan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik

2. Program Studi D. IV Teknik Keselamatan Otomotif (TKO), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika.

3. Program Studi D. III Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), untuk lulusan :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA)
  • SMK Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan yang harus dipenuhi bukan hanya persyaratan di atas saja. Calon taruna juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran seperti yang telah ditentukan oleh panitia. Baca selengkapnya : Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

C. Alur Pendaftaran

Alur Pendaftaran :
  • Mendaftar di Portal SSCASN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  • Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCASN BKN
  • Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  • Mencetak tanda bukti pendaftaran II

Untuk rincian informasi terkait tata cara pendaftaran, silahkan baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel ada di bagian bawah.

D. Tahapan Seleksi

Banyak tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna, yaitu :
  • Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  • Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  • Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  • Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  • Seleksi Tahap V : Psikotes;
  • Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  • Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  • Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran dan Lokasi Tes

Jadwal Pendaftaran dan lokasi tes taruna dapat dilihat langsung pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

F. Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman tiap tahapan seleksi dan pengumuman akhir dapat dilihat di website resmi di alamat sipencatar.dephub.go.id

Itulah informasi mengenai pendaftaran calon taruna baru PKTJ Tegal. Silahkan daftarkan diri bagi yang berminat. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin.



Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan Pendaftaran PKTJ Tegal (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan). Semoga apa yang telah admin sampaikan di atas dapat memberikan manfaat yang baik.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo ajak juga teman lainnya untuk membaca di blog ini. Bantu like dan share ya. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua.