Pendaftaran PIP Semarang 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang)

pendaftaran.pip-semarang.ac.id 2024 -- Pendaftaran PIP Semarang, Pendaftaran Taruna / Taruni PIP Semarang, Jadwal Pendaftaran PIP Semarang, Tes Masuk PIP Semarang, Sipencatar PIP Semarang, Pendaftaran Online PIP Semarang, Syarat Pendaftaran PIP Semarang, Penerimaan Taruna/i Baru PIP Semarang, Pendaftaran Online PIP Semarang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran PIP Semarang 2024/2025 (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Informasi ini ditujukan khususnya bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon taruna / taruni baru PIP Semarang di tahun ini. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

PIP Semarang atau Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang fokus menyelenggarakan pendidikan di bidang pelayaran dan pelabuhan.

Sejarah singkat berdirinya serta perubahan nama dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) dapat diketahui dari informasi di bawah ini yang bersumber dari Wikipedia, yaitu :
  • Tahun 1951 - 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.
  • Tahun 1955 - 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang
  • Tahun 1974 - 1981 bernama Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang
  • Tahun 1979 - 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
  • Tahun 1995 masih bernama BPLP Semarang, tetapi programnya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana / S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.
  • Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.

Adapun untuk lokasi kampus PIP Semarang yaitu berada di Jl. Singosari No.2A, Wonodri, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242.

Nah, bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA /SMK / sederajat lainnya yang berkeinginan untuk menempuh pendidikan tingkat tinggi di bidang pelayaran, maka salah satu pilihan yang bisa diambil yaitu menempuh pendidikan di PIP Semarang.

Berbagai fasilitas pembelajaran di PIP Semarang sudah cukup lengkap, mulai dari ruang kelas yang nyaman, perpustakaan untuk menambah bacaan, laboratorium dan simulator, poliklinik, masjid, dan lain-lain.

Untuk bisa menjadi taruna / taruni baru PIP Semarang, maka yang harus dilakukan pada langkah awal adalah melakukan pendaftaran diri. Maksudnya adalah mendaftarkan diri menjadi calon taruna / taruni baru PIP Semarang di tahun ini.

Sejak tahun lalu, PIP Semarang membuka penerimaan taruna / taruni baru untuk jalur ikatan dinas. Melalui jalur ikatan dinas, nantinya setelah diterima, taruna / taruni baru selama menempuh pendidikan tidak dipungut biaya, karena biaya kuliahnya gratis, dan setelah lulus biasanya langsung bekerja dan bisa diangkat jadi PNS sesuai aturan yang berlaku.

Agar bisa mendaftarkan diri menjadi calon taruna / taruni baru di PIP Semarang, maka kalian harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran serta ketentuan-ketentuan pendaftaran lainnya. Berikut informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran PIP Semarang.

A. Pilihan Program Studi dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

1. Program Studi D. IV Nautika, persyaratan ijazahnya yaitu :
  • SMU / MA (IPA)
  • Paket C (IPA)
  • SMK Pelayaran Nautika Kapal Niaga

2. Program Studi D. IV Teknika, persyaratan ijazahnya yaitu :
  • SMU / MA (IPA),
  • Paket C (IPA),
  • SMK Pelayaran Teknika Kapal Niaga, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin,Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Perkapalan,Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik).

3. Program Studi D. IV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), persyaratan ijazahnya yaitu :
  • SMU / MA (IPA / IPS),
  • Paket C (IPA / IPS),
  • SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika.

B. Persyaratan Pendaftaran

Selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna / taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan pendaftaran dapat dibaca langsung pada artikel Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub.

C. Alur Pendaftaran

Adapun alur pendaftaran calon taruna / taruni baru PIP Semarang yaitu :
  1. Mendaftar di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda  bukti pendaftaran I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

D. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna / taruni, yaitu sebagai berikut :
  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran calon taruna / taruni baru PIP Semarang biasanya dilakukan bersamaan dengan perguruan tinggi kedinasan lainnya di bawah Kementerian Perhubungan RI. Untuk menemukan informasi jadwal pendaftaran, langsung saja baca pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.

F. Lokasi Tes

Lokasi tes tersebar di berbagai kota dan provinsi di Indonesia, seperti di Dinas Perhubungan Provinsi, Dishubkominfo Provinsi, Dinas Perhubungan Kota, Balai Pendidikan dan Pelatihan, dan di kampus. Untuk lebih detailnya silahkan lihat pada artikel Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Link artikel diberikan di bagian bawah.


Itulah informasi mengenai pendaftaran calon taruna / taruni baru PIP Semarang. Silahkan lakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerimaan calon taruna, silahkan baca di website resmi.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran PIP Semarang (Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel terkait lainnya di blog ini. Ajak juga teman lainnya untuk mengunjungi blog ini. Bantu like dan share ya. Cukup sekian dan salam sukses.