Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2022/2023

sipencatar.dephub.go.id 2022 -- Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub, Sipencatar  Kementerian Perhubungan, Pendaftaran Ikatan Dinas STTD, API Madiun, ATKP Medan, ATKP Makassar, PIP Semarang, PIP Makassar, PKTJ Tegal, Poltekpel Surabaya, Poltekpen Surabaya, STIP, STPI, Seleksi Penerimaan Taruna Baru Ikatan Dinas (Pola Pembibitan) Kemenhub. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub 2022/2023. Informasi ini ditujukan bagi calon taruna atau taruni baru Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi yang ada di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.


Seleksi Penerimaan Calon Taruna Kementerian Perhubungan atau disingkat menjadi Sipencatar Kemenhub merupakan seleksi yang diselenggarakan untuk menyeleksi calon taruna / taruni baru yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Kemenhub.

Kemenhub membuka beberapa perguruan tinggi ikatan dinas. Namu calon peserta hanya bisa memilih satu saja dari banyaknya perguruan tinggi ikatan dinas tersebut.

Jadi, kalian harus memilih satu perguruan tinggi yang benar-benar diminati dan pilih pula program studi yang benar-benar diminati. Dengan begitu, maka keyakinan dalam diri akan meningkat bahwa peluang untuk bisa lulus bisa dicapai.

Persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghadapi berbagai macam seleksi yang diberikan secara bertahap. Jika bisa lulus sampai tahap akhir, berarti kalian diterima menjadi taruna / taruni baru di salah satu Sekolah Tinggi, Politeknik, atau Akademi di bawah Kemenhub.

Nah, sebagai langkah awal yang bisa kalian lakukan adalah melakukan pendaftaran diri. Sebelum melakukan pendaftaran, maka perlu sekali membaca informasi lengkap seputar Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub.

Salah satu yang sangat penting untuk dibaca adalah persyaratan pendaftaran. Jika kalian bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang te;ah ditentukan oleh panitia, maka kalian bisa melakukan pendaftaran. Namun jika tidak bisa memenuhi persyaratan, maka pendaftaran tidak bisa dilakukan.

Selain persyaratan pendaftaran, tentu saja informasi lainnya juga sangat penting seperti tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan lokasi tes, pilihan perguruan tinggi ikatan dinas, tahapan seleksi, dan lain-lain. Semua informasi tersebut akan admin sajikan di bawah ini.

Untuk mengetahui informasi tersebut, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

A. Persyaratan Umum Pendaftaran dan Persyaratan Ijazah Kelulusan

Untuk informasi yang satu ini, telah admin rangkum pada artikel tersendiri. Kalian bisa membacanya dengan mengunjungi artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci persyaratan umum pendaftaran yang harus dipernuhi oleh calon peserta, dan juga persyaratan ijazah kelulusan pada masing-masing Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

B. Tata Cara Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  1. Calon Taruna / Taruni hanya boleh mendaftar di satu Sekolah Kedinasan pada Kementerian atau Lembaga dan apabila Calon Taruna/Taruni diketahui mendaftar lebih dari satu Sekolah Kedinasan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  2. Calon Taruna / Taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id, dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. (panduan buka disini)
  3. Semua berkas di unggah (upload) ke dalam pendaftaran online dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
    1. Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran  minimal 120 kB dan maksimal 500 kB dengan format jpg);
    2. KTP bagi Calon Taruna / Taruni yang berusia di atas 17 tahun, dan bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna / Taruni yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) dengan format JPG ukuran maksimal 500 kb
    3. Ijazah SMA / MA / SMK sederajat bagi yang telah dinyatakan lulus atau raport bagi yang dinyatakan belum lulus / masih duduk di kelas XII dan surat pernyetaraan / persamaan ijazah bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb.
    4. Tanda bukti pembayaran formulir pembayaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kb dengan format .jpg)
    5. Persyaratan lainnya yang ditetapkan dalam peraturan kepala badan pengembangan SDM perhubungan nomor : PK.04/BPSDMP-2022 diunggah dalam 1 (satu) berkas file PDF ukuran maksimal 2000 kb yang terdiri dari :
      • Formulir pernyataan calon taruna / taruni sipenctar kemenhub tahun 2022 bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat pernyataan mutlak menyetujuan hasil sipencatar bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat pernyataan tanggung jawab mutlak tidak buta warna bermaterai 10000 rupiah.
      • Surat keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh kepala desa / lurah / kepala suku di wilayah papua / papua barat (hanya untuk pendaftar pola pembibitan khusus putra / putri papua / papua barat)

Info : Format-format surat pernyataan dapat di unduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template

C. Daftar Perguruan Tinggi di Bawah Kemenhub

Berikut adalah daftar perguruan tinggi ikatan dinas yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yaitu:

Matra Darat :

Matra Laut :

Matra Udara :

Silahkan pilih salah satu perguruan tinggi di atas sesuai yang diminati lalu pilih program studi yang ada di perguruan tinggi tersebut.

D. Tahapan Seleksi Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

Ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti oleh taruna / taruni untuk bisa lulus dari seleksi ini. Berikut adalah tahapan seleksinya :
  1. Seleksi Tahap I : 
    • Pendaftaran
    • Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Tahap II :
    • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mengikuti ketentuan PNBP SKD BPN
  3. Seleksi Tahap III :
    • Tes Kesehatan
    • Kesemaptaan
  4. Seleksi Tahap IV : 
    • Psikotes;
    • Wawancara
  5. Seleksi Tahap V (khusus Penerbang) :
    • Tes Bakat Terbang
    • Tes Kesehatan di balai penerbangan (HATPEM) 

F. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub
  • Pendaftaran pola pembibitan kemenhub dan pola pembibitan pemda : 9 - 30 April 2022
  • Pengumuman peserta SKD : Mei 2022
  • Pelaksanaan SKD pola pembibitan kemenhub dan pola pembibitan pemda : Juni 2022
  • Pengumuman hasil SKD : Awal Juli 2022
  • Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Kesemaptaan : Juli 2022
  • Pelaksanaan Psikotes dan Tes Wawancara : Agustus 2022
  • Pengumuman hasil akhir : Awal September 2022

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dilihat langsung di website resmi Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub di alamat sipencatar.dephub.go.id

Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website tersebut. Kami pun disini akan segera mengupdate informasi terbaru yang ada.

Baca Juga ;

Demikian penyampaian informasi tentang Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kalian calon taruna / taruni baru ikatan dinas.

Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk lulus seleksi dan diterima sebagai taruna / taruni baru dapat terkabulkan. Aamiin. Terima kasih telah membaca artikel ini. Please share.