Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019/2020 di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

sscndikdin.bkn.go.id 2019 -- Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN di alamat web sscndikdin.bkn.go.id, Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di sscndikdin.bkn.go.id, Penerimaan Mahasiswa Baru dan Taruna Baru Ikatan Dinas di sscndikdin.bkn.go.id, Pendaftaran Kuliah di Kampus Ikatan Dinas, Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id), Pendaftaran Lembaga / Sekolah Ikatan Dinas, Penerimaan Maba dan Catar Ikatan Dinas. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019/2020 di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru dan calon taruna baru sekolah ikatan dinas yang akan melakukan pendaftaran. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Sekolah ikatan dinas merupakan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang mana selama pendidikan biayanya gratis dan setelah lulus bisa langsung bekerja dan di angkat menjadi pegawai negeri sipil sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk bisa mengikuti pendidikan di sekolah ikatan dinas, maka yang pertama dilakukan adalah melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru atau sebagai calon taruna.

Tentunya kalian telah membaca artikel sebelumnya tentang pendaftaran PKN STAN, STIS, IPDN, STMKG, STIN, STSN, POLTEKIP & POLTEKIM, dan STTD dan 10 Perguruan Tinggi di bawah Kemenhub . Jika belum membaca, silahkan baca terlebih dahulu. Pada artikel tersebut telah dijelaskan seputar pendaftaran calon mahasiswa baru dan calon taruna baru seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, ketentuan pendaftaran, tahapan seleksi, alur pendaftaran, dan lain-lain.

Pada artikel ini dibahas mengenai pendaftaran di sscndikdin.bkn.go.id . Ini adalah tahap awal pendaftaran yang harus dilakukan sebagai calon mahasiswa atau calon taruna sekolah ikatan dinas.

Kalian harus cermat dan teliti dalam membaca semua keterangan yang ada berkaitan dengan pendaftaran ini. Setiap calon peserta HANYA diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Kesalahan dalam melakukan pendafaran dapat menyebabkan gagalnya dalam mengiktuti seleksi sekolah ikatan dinas. Jadi, harus berhati-hati dan teliti.

Pendaftaran sekolah ikatan dinas ini bisa diikuti oleh siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang memenuhi persyaratan. Bagi yang berminat, silahkan membaca artikel ini lalu melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku.

Berikut ini admin berikan informasi seputar Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Silahkan disimak dengan sebak-baiknya.

I. Perhatian Penting!!!

A. Pendaftaran Peserta Secara Online :

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Calon Pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan :
  1. NIK (Nomor Induk Kependudukan) Calon Pelamar, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga yang tercantum sesuai pada Kartu Keluarga
  2. Data-data lain sesuai dengan syarat pendaftaran yang ditentukan oleh masing-masing Sekolah Kedinasan

Pendaftaran awal untuk akun Calon Peserta Seleksi di Portal SSCN (https://sscndikdin.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran sekolah kedinasan sesuai dengan minat pelamar.

B. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan :

Calon Peserta Seleksi diberikan kesempatan melamar hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan pada 1 (Satu) Periode pendaftaran.

C. Seleksi :

Seleksi atau tes dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan tahap seleksi atau tes selanjutnya yang ditentukan oleh masing-masing Instansi/ Sekolah Kedinasan

D. Pengisian Data :

Semua informasi atau data yang diisikan dalam formulir pendaftaran berdasarkan dokumen asli secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Apabila data yang diisikan tidak benar, maka Calon Pelamar dapat dinyatakan GUGUR dan TIDAK DAPAT DIPROSES lebih lanjut.

E. Persyaratan Khusus / Tambahan :

Instansi yang membuka penerimaan seleksi Pendidikan Kedinasan mempunyai syarat pendaftaran khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing Sekolah Kedinasan. Untuk itu, harap Calon Peserta Seleksi membaca secara cermat dan teliti pengumuman sebelum menentukan atau memilih salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.

II. Proses / Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Setelah membaca dengan cermat dan teliti keterangan-keterangan di atas, selanjutnya melakukan pendaftaran sesuai ketentuan tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan dibagian atas bahwa pendaftaran lembaga / sekolah ikatan dinas dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap pertama di sscndikdin.bkn.go.id dan tahap kedua di portal resmi lembaga / sekolah ikatan dinas masing-masing.

Berikut admin berikan penjelasan mengenai Proses / Alur Pembuatan Akun dan Pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id) :

1. Proses Pembuatan Akun Pendaftaran di Portal SSCN
  1. Calon peserta membuka Portal SSCN di alamat sscndikdin.bkn.go.id
  2. Klik pada menu "Registrasi"
  3. Isikan data-data anda berupa NIK, Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga, dan Centang captcha pada kolom "I'm not a robot"
  4. Lalu klik "Lanjutkan"
  5. Selanjutnya lengkapi data-data pada kolom yang tersedia
  6. Jika semua data telah terisi dengan lengkap, lalu klik "Simpan Akun"
  7. Selanjutnya muncul informasi bahwa pembuatan akun telah berhasil. Pada halaman tersebut ada 2 pilihan tombol, yaitu  "Cetak Informasi Pendaftaran" dan "Lanjutkan Login Pendaftaran". Pilih cetak informasi pendaftaran terlebih dahulu baru lanjutkan pendaftaran.
  8. Setelah mencetak informasi pendaftaran, proses pembuatan akun telah selesai sampai disini, namun untuk proses pendataran belum selesai karena masih ada biodata yang harus dilengkapi.

2. Login Pendaftaran untuk Melengkapi Biodata dan Mencetak Bukti Pendaftaran
  1. Buka alamat website Portal SSCN di sscndikdin.bkn.go.id
  2. Lalu klik menu "Login"
  3. Muncul halaman baru, lalu masukkan NIK dan password yang telah dibuat pada saat pembuatan akun.
  4. Selanjutnya mengisi biodata anda sesuai kolom yang tersedia. Upload pula foto diri dengan memegang Kartu Informasi Akun dan KTP anda. Jika telah mengisi biodata di atas, klik tombol "Simpan"
  5. Kemudian memilih satu Sekolah Ikatan Dinas yang diminati dan isi pula kolom yang tersedia. Ingat, hanya satu saja sekolah ikatan dinas saja yang bisa dipilih. Jika telah mengisi semua data, lalu klik "Simpan"
  6. Kemudian muncul halaman resume pendaftaran. Periksalah kembali data-data yang telah anda isikan.Pastikan data-data tersebut benar.
    • Jika yakin bahwa data yang telah diisikan benar, klik tombol "kirim"
    • Namun jika data yang diisikan masih ada yang salah, klik tombol "kembali"
  7. Setelah semua data terisi dengan benar, cetak bukti pendaftaran dengan klik pada tombol "Cetak Pendaftaran SSCN Kedinasan" Lembaran bukti pendaftaran tersebut harus disimpan, baik dalam bentuk cetak / print dan dan bentuk file-nya.
  8. Sampai disini proses pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id) telah selesai.
  9. Kemudian calon peserta melanjutkan proses pendaftaran di portal sekolah ikatan dinas yang diminati. Misalnya anda ingin mendaftar sebagai calon mahasiswa baru PKN STAN, maka setelah mendaftar di sscndikdin.bkn.go.id , selanjutnya mendaftar di spmb.pknstan.ac.id . Begitu juga dengan pendaftaran instansi Pendidikan Ikatan Dinas lainnya.

III. Setelah Pendaftaran di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id)

Calon peserta yang telah melakukan pendaftaran tahap pertama di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id), maka selanjutnya melakukan pendaftaran tahap kedua di Portal masing-masing instansi.

Silahkan buka portal instansi yang diminati, lalu baca informasi penting berkaitan dengan proses pendaftaran, kemudian lakukan pendaftaran sesuai petunjuk yang diberikan.

Ada beberapa pendidikan ikatan dinas yang bisa dipilih yaitu : PKN STAN, Politeknik Statistik STIS, IPDN, STSN, STIN, STMKG, POLTEKIP dan POLTEKIM, dan 11 Perguruan tinggi ikatan dinas di bawah Kemenhub.

Berikut kedelapan Portal Instansi pendidikan ikatan dinas beserta link artikelnya :
  • Portal Instansi PKN STAN : spmb.pknstan.ac.id
  • Portal Instansi Politeknik Statistik STIS : stis.ac.id/spmb
  • Portal Instansi IPDN : spcp.ipdn.ac.id
  • Portal Instansi STSN : pendaftaran.stsn-nci.ac.id
  • Portal Instansi STIN : pmb.stin.ac.id
  • Portal Instansi STTD dan 10 perguruan tinggi di bawah Kemenhub : sipencatar.dephub.go.id
  • Portal Instansi STMKG : ptb.stmkg.ac.id
  • Portal Instansi POLTEKIP dan POLTEKIM : catar.kemenkumham.go.id

Itulah portal masing-masing instansi pendidikan ikatan dinas yang harus diketahui agar tidak salah alamat. Silahkan melakukan pendaftaran di alamat tersebut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Itulah penjelasan mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCN (sscndikdin.bkn.go.id). Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dicari di website sscndikdin.bkn.go.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan info, silahkan ikuti yang ada di website resmi sscndikdin.bkn.go.id dan kamipun akan segera mengupdatenya.

Ingat!!!
Untuk bisa diterima di sekolah ikatan dinas cukup sulit karena pesaingnya sangat banyak dan tahapan seleksi yang harus dilalui juga banyak. Jadi, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar harapan untuk diterima di sekolah ikatan dinas yang diminati dapat terkabulkan.


Demikian informasi dari admin. Semoga informasi ini dapat memberikan panduan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sekolah ikatan dinas. Terima kasih dan semoga lancar dalam proses pendaftaran.