Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi

Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi -- Tanda Kepangkatan Polri-Polisi, Urutan Kepangkatan dari Tamtama - Bintara - Perwira, Lambang Pangkat Polri-Polisi, Mengenal Pangkat Polisi, Urutan Pangkat Polisi, Pangkat Polisi dan Tugasnya, Cara Naik Pangkat Polisi, Pangkat Polisi Dan Gajinya, Daftar Tanda Kepangkatan Polri-Polisi, Tingkatan Pangkat Polisi dari Terendah hingga Tertinggi, Urutan Pangkat Polisi dari yang Terkecil hingga Terbesar, Urutan dan Lambang Pangkat Polisi-Polri, Jenjang Pangkat Polisi dari Tamtama - Bintara - Perwira Tinggi.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi. Informasi ini ditujukan bagi kalian terutama yang ingin menjadi anggota Polisi, atau juga yang hanya sekedar untuk menambah wawasan. Informasi yang disajikan pada artikel ini mungkin sedikit berbeda dengan artikel di tempat lainnya. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Kepolisian Negara Republik Indonesia atau disingkat Polri adalah Kepolisian Nasional di Indonesia yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden yang mengemban tugas-tugas untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan Kapolri. Atau dengan kata lain bahwa Kapolri adalah pejabat yang menjadi pimpinan tertinggi dalam organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Organisasi di Kepolisian disusun secara berjenjang dari tingkat pusat sampai pada tingkat kewilayahan. Organisasi Polri tingkat pusat disebut Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri).

Sedang organisasi Polri tingkat kewilayahan disebut Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) di tingkat provinsi, Kepolisian Negara Republik Indonesia Resort (Polres) di tingkat kabupaten / kota, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Sektor (Polsek) di wilayah kecamatan.

Profesi Polisi adalah salah satu profesi yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Misalnya saja anak-anak SD era 90-an jika ditanya soal cita-cita, pasti jawabannya tidak jauh dari polisi, guru, atau dokter.

Hal itu mungkin karena dibenak mereka yang pernah mereka kenal adalah ketiga profesi tersebut. Ketika jalan-jalan, mereka melihat polisi. Ketika sakit, mereka ketemu dokter, dan ketika di sekolah, mereka bertemu guru. Dari itulah, anak-anak SD era 90-an memilih cita-citanya yang demikian.

Di era sekarang ini tentu sudah berbeda. Berbagai jenis profesi / pekerjaan telah dikenalkan oleh orang tua kepada anaknya melalui smartphone. Jadi anak-anak sekarang lebih mudah mengenal berbagai macam profesi.

Namun profesi polisi tetaplah sebagai profesi yang mulia. Bagaimana tidak? contohnya saja seorang polisi lalu lintas (Polantas) rela berpanas-panasan demi mengatur kelancaran alur lalu lintas di jalan raya. 

Nah, tugas polisi bukan hanya itu, cukup banyak tugas polisi selain yang terlihat di jalan raya. Ada yang di kantor yang mengurusi adminstrasi, ada yang mengurusi penyidikan, ada yang memberi perintah, dan lainnya.

Tugas Polisi secara umum dibagi menjadi dua bagian, yaitu pelaksana utama dan sebagai manajerial. Pelaksana utama biasanya golongan Bintara dan Tamtama, sedangkan manajerial biasanya golongan Perwira. 

Warna untuk tanda pangkat pada perwira, bintara, dan tamtama berbeda-beda. Warna tanda pangkat pada Perwira berwarna kuning keemasan,  tanda pangkat Bintara berwarna silver / perak, sedangkan warna tanda kepangkatan pada Tamtama yaitu merah.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pangkat adalah tingkatan. Jadi, pangkat yang dimaksud disini merupakan suatu tingkatan di dalam jabatan kepegawaian pada kepolisian.

Sesudah berlakunya keputusan presiden nomor 89 pada tahun 2000 mengenai kedudukan Kepolisian Negara Republik Indonesia pada tanggal 1 Juli 2000, Polisi Republik Indonesia dengan resmi terpisah dari TNI. Mulai dari itu tanda pangkat yang digunakan oleh Polisi berbeda dengan tanda pangkat pada TNI.

Ada 22 tingkat kepangkatan di dalam lembaga POLRI yang setelah itu digolongankan menjadi 6 golongan pangkat. Dari 22 tingkat kepangkatan tersebut, tingkat terendah adalah Bhayangkara Dua (Bharada) yang ada pada golongan Tamtama, sedangkan tingkat tertinggi adalah Jenderal Polisi (Jenderal Pol) yang ada pada golongan Perwira Tinggi (Pati).

Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci 22 tingkat kepangkatan di dalam lembaga POLRI pada semua golongan yaitu Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah, dan Perwira Tinggi.

A. Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi

Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi dimulai dari Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah, hingga Perwira Tinggi.

Dari urutan tersebut dapat kita ketahui bahwa pangkat tertinggi pada jenjang kepangkatan Polisi adalah Perwira Tinggi, sedangkan pangkat terendah adalah Tamtama.

Berikut ini dijelaskan secara rinci urutan pangkat polisi dari yang terendah hingga tertinggi atau dari Tamtama hingga Perwira Tinggi

1. Tamtama

Urutan Pangkat Polisi pada Tamtama dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 adalah yang terendah, sedangkan urutan nomor 6 adalah yang tertinggi)
  1. Bhayangkara Dua (Bharada)
  2. Bhayangkara Satu (Bharatu)
  3. Bhayangkara Kepala (Bharaka)
  4. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)
  5. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)
  6. Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

2. Bintara

Urutan Pangkat Polisi pada Bintara dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 adalah yang terendah, sedangkan urutan nomor 4 adalah yang tertinggi)
  1. Brigadir Polisi Dua (Bripda)
  2. Brigadir Polisi Satu (Briptu)
  3. Brigadir Polisi (Brigpol)
  4. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

3. Bintara Tinggi

Urutan Pangkat Polisi pada Bintara Tinggi dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 lebih rendah dari pada urutan nomor 2)
  1. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)
  2. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

4. Perwira Pertama (Pama)

Urutan Pangkat Polisi pada Perwira Pertama (Pama) dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 adalah yang terendah, sedangkan urutan nomor 3 adalah yang tertinggi)
  1. Inspektur Polisi Dua (Ipda)
  2. Inspektur Polisi Satu (Iptu)
  3. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

5. Perwira Menengah (Pamen)

Urutan Pangkat Polisi pada Perwira Menengah (Pamen) dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 adalah yang terendah, sedangkan urutan nomor 3 adalah yang tertinggi)
  1. Komisaris Polisi (Kompol)
  2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
  3. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.)

6. Perwira Tinggi (Pati)

Urutan Pangkat Polisi pada Perwira Tinggi (Pati) dari yang Terendah hingga Tertinggi (urutan nomor 1 adalah yang terendah, sedangkan urutan nomor 3 adalah yang tertinggi)
  1. Brigadir jenderal Polisi (Brigjen Pol)
  2. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
  3. Komisaris Jenderal Polisi ( Komjen Pol)
  4. Jenderal Polisi (Jenderal Pol)

B. Warna Tanda Pangkat pada Polisi

Warna tanda pangkat pada Polisi berbeda antara Perwira, Bintara, dan Tamtama. Warna tanda pangkat pada Perwira adalah kuning, warna tanda pangkat pada Bintara adalah silver / perak, sedangkan warna tanda pangkat pada Tamtama adalah merah.


Keterangan :

Dari gambar di atas dapat diketahui :
  • Tanda pangkat warna kuning adalah tanda pangkat Perwira. Yang paling kiri adalah perwira tinggi, kemudian bergeser ke kanan yaitu perwira menengah, kemudian disebelah kanannya yaitu perwira pertama. Masing-masing terbagi lagi menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan / posisi yang di bawah lebih rendah pangkatnya di banding dengan posisi di atasnya. Misalnya : bintang 1 lebih rendah di banding bintang 2 dan seterusnya.
  • Tanda pangkat warna silver adalah tanda pangkat Bintara. Yang sebelah kiri adalah bintara tinggi dan yang sebelah kanan adalah bintara. Masing-masing terbagi lagi menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan / posisi yang di bawah lebih rendah pangkatnya di banding dengan posisi di atasnya. 
  • Tanda pangkat warna merah adalah tanda pangkat Tamtama Yang terbagi menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan / posisi yang di bawah lebih rendah pangkatnya di banding dengan posisi di atasnya. 

C. Cara Menjadi Anggota Polri melalui Seleksi

Kalian ingin menjadi anggota Polri, seperti Perwira, Bintara, atau Tamtama?

Silahkan ikuti seleksi masuk menjadi anggota Polri dengan membaca informasinya di bawah ini.
1. Pendaftaran Anggota Polri
2. Pendaftaran Penerimaan Anggota Polri
3. Pendaftaran Anggota Polri
4. www penerimaan polri go id
5. Pendaftaran Polwan
5. Pendaftaran SIPSS Polri atau Penerimaan SIPSS Polri
6. Pendaftaran Tamtama Polri atau Penerimaan Tamtama Polri
7. Pendaftaran Bintara Polisi atau Penerimaan Bintara Polisi atau Penerimaan Brigadir Polri
8. Pendaftaran Akpol atau Penerimaan Taruna Akpol
9. Persyaratan Pendaftaran Anggota Polri
10. Jadwal Pendaftaran Anggota Polri
11. Tahapan Seleksi Anggota Polri

Demikian informasi mengenai Urutan Pangkat Polisi dari yang Terendah hingga Tertinggi. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses.