Pendaftaran ISBI Tanah Papua 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

isbi-tanahpapua.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISBI Tanah Papua Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online ISBI Tanah Papua, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Tanah Papua, Pendaftaran Kuliah di ISBI Tanah Papua, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Tanah Papua, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran ISBI Tanah Papua 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di ISBI Tanah Papua. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.


http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua atau dikenal pula dengan nama ISBI Tanah Papua adalah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang seni dan budaya yang berlokasi di Jl. Raya Sentani Km 17,8, Expo Waena, Jayapura - Papua.

Pendirian ISBI Tanah Papua merupakan salah satu kepedulian pemerintah terhadap bidang seni dan budaya serta memiliki fungsi dan peran yang sangat signifikan mengembangkan potensi seni dan budaya yang sangat beragam.

Pendirian ISBI Tanah Papua diresmikan pada 6 Oktober 2014 di Surabaya oleh Presiden Republik Indonesia kala itu, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin menjadi seorang yang ahli di bidang seni atau budaya, maka dapat menempuh pendidikan tinggi di kampus ISBI Tanah Papua.

Di kampus ini kalian akan banyak mempelajari ilmu-ilmu seputar bidang seni dan budaya terutama yang ada di Papua. Berdasarkan Studi kelayakan bahwa Papua sangat kaya dengan potensi seni dan budaya serta memiliki karakteristik dan identitas tersendiri sebagai warna lokal.

Fasiltas pembelajaran yang memadai juga turut mendukung lancarnya proses pembelajaran di ISBI Tanah Papua. Adapun fasilitas pembelajaran yang ada di ISBI Tanah Papua yaitu :
  • Perpustakaan, Laboratorium Komputer, Laboratorium Seni Musik, Laboratorium Seni Tari, Laboratorium Kriya Seni, Laboratorium  Seni Rupa Murni

Sedangkan Program Studi yang diselenggarakan di ISBI Tanah Papua , yaitu :
  • Program Studi Seni Musik
  • Program Studi Seni Rupa Murni
  • Program Studi Kriya Seni
  • Program Studi Seni Tari
  • Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kedepan, ISBI Tanah Papua akan menambah program studi baru sebagai bentuk pengembangan kampus.

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa ISBI Tanah Papua, maka dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka. Ada beberapa jalur seleksi yang bisa diikuti yaitu jalur SNBP, SNBT dan jalur mandiri.

Jalur SNBP dan SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang dikelola oleh panitia pusat, sedangkan jalur mandiri dikelola langsung oleh panitia dari ISBI Tanah Papua. Penjelasan lengkap mengenai jalur-jalur seleksi tersebut diberikan berikut ini.

A. Pendaftaran ISBI Tanah Papua Jalur SNBP

Jalur SNBP sebagai jalur pembuka penerimaan mahasiswa baru di ISBI Tanah Papua. Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Untuk siswa-siswa lain yang tidak bisa mengikuti jalur ini, kalian bisa mengikuti jalur SNBT atau jalur mandiri.

Pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Keterangan lainnya seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran ISBI Tanah Papua SNBT

SNBT merupakan jalur kedua yang dibuka. Jalur SNBT dibuka untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat  lulusan 3 tahun terakhir (hitung mundur ; tahun ini, tahun kemarin, tahun kemarinnya lagi).

Seleksi SNBT dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

Silahkan kunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran SNBT secara online hingga mencetak kartu peserta.

Informasi mengenai panduan pendaftaran, jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan pengumuman SNBT, lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran ISBI Tanah Papua Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional (SNBP dan SNBT), ISBI Tanah Papua juga membuka jalur seleksi mandiri. Jalur seleksi mandiri ini dikelola langung oleh panitia dari ISBI Tanah Papua.

Jalur seleksi mandiri dapat menjadi alternatif terakhir untuk calon mahasiswa yang ingin masuk ke ISBI Tanah Papua. Jalur ini dibuka setelah jalur nasional berakhir.

Untuk bisa mengkuti jalur mandiri ini, terlebih dahulu calon peserta harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan seperti di bawah ini.

Syarat Pendaftaran :
  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Memiliki Ijazah SMU / SMK Sederajat
  3. Menyerahkan 1 lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus bagi yang sudah menempuh UAS / UAN
  4. Menyerahkan pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar dan pas foto 2x3 sebanyak 2 lembar
  5. Membayar biaya pendaftaran test masuk
  6. Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit (tidak buta warna) untuk seni rupa, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan tidak tuli untuk seni musik.

Cara Pendaftaran :

Calon peserta yang ingin mendafarkan diri melalui jalur ini dapat mengisi formulir pendaftaran yang dapat didownload pada menu PMB di laman www.isbi-tanahpapua.ac.id 

Setelah formulir di isi lengkap, selanjutnya diserahkan kepada panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Tanah Papua di kampus di alamat Jl. Raya Sentani Km 17,8, Expo Waena, Jayapura -  Papua. Penyerahan formulir pendaftaran dan berkas pendaftaran lainnya dilakukan pada jam kerja dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

D. Pendaftaran KIP Kuliah ISBI Tanah Papua

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik selama di tingkat SLTA.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Keterangan lainnya seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan lainnya terkait KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh ISBI Tanah Papua. Silahkan ikuti salah satu jalur seleksi yang diinginkan. Pilihlah jalur seleksi yang dipresdiksikan mampu untuk memberikan peluang kelulusan yang besar.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi pada jalur tes seperti SNBT atau jalur mandiri. Persiapan yang bisa dilakukan seperti membaca materi, latihan menyelesaikan soal-soal, mengikuti try out, dan lain-lain.

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Mari Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Pendaftaran ISBI Tanah Papua Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran bagi kalian semua yang berkeinginan kuliah di ISBI Tanah Papua.

Admin turut mendoakan semoga harapan kalian untuk dapat diterima sebagai mahasiswa dapat terwujudkan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel terkait lainnya.