Pendaftaran ISI Denpasar 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.isi-dps.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISI Denpasar Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online ISI Denpasar, Pendaftaran Mahasiswa Baru ISI Denpasar, Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Denpasar, Info Pendaftaran Maba D4 S1 S2 S3 ISI Denpasar, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri. Bidikmisi. 2026. 2027.

Informasi yang admin sampaikan ini berjudul Pendaftaran ISI Denpasar 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa baru ISI Denpasar yang ingin mendaftarkan diri pada tahun ini. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Indonesia Denpasar atau dikenal pula dengan nama ISI Denpasar adalah Perguruan Tinggi Seni yang menyelenggarakan pendidikan dibidang seni pada program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

ISI Denpasar didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2003 tanggal 26 Mei 2003 yang merupakan integrasi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana. STSI Denpasar sebelumnya bernama Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar, didirikan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali pada tanggal 28 Januari 1967.

Moto ISI Denpasar : Guna Widya Sewaka Satyam Siwam Sundaram

Artinya dharma (kewajiban) ISI Denpasar adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan kebenaran, kejayaan, dan keindahan.

Adapun fasilitas pendidikan yang ada di ISI Denpasar diantaranya yaitu perpustakaan, pusat dokumentasi, TIK, penerbitan, ajang gelar, bengkel, dan lain-lain.

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang yang ahli dan profesional di bidang seni, maka dapat menempuh pendidikan di ISI Denpasar. Kalian akan mendapatkan pengalaman belajar yang didukung dengan fasilitas yang lengkap sehingga sangat berguna untuk masa depan.

Proses pembajaran dilakukan di waktu pagi hingga siang untuk kelas reguler, sedangkan untuk kelas non reguler dilaksakan di sore hari. Bagi kalian yang berstatus sebagai mahasiswa murni (belum bekerja), maka pilih saja kelas reguler. Sedangkan untuk kalian yang telah bekerja, maka bisa memilih kelas non reguler.

Banyak pilihan program studi yang bisa dipilih pada saat melakukan pendaftaran nanti. Program studi tersebut selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Fakultas dan Program Studi di ISI Denpasar

1. Fakultas Seni Pertunjukan terdiri dari program studi
  • S1 Tari, S1 Seni Karawitan, S1 Seni Pedalangan, S1 Pendidikan Seni Drama, S1 Tari, dan Musik (Sendratasik), S1 Musik,
2. Fakultas Seni Rupa dan Desain terdiri dari program studi
  • S1 Seni Murni, S1 Desain Interior, S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Kriya, Fotografi, D4 Desain Mode, D4 Film dan Televisi
3. Program Pascasarjana terdiri dari program studi S2 Seni, dan S3 Seni

Dari beberapa pilihan program studi tersebut, silahkan pilih salah satu yang sesuai dengan potensi diri yang kalian miliki.

Selanjutnya, untuk bisa menjadi calon mahasiswa baru ISI Denpasar, maka kalian harus melakukan pendaftaran pada program Diploma, Sarjana, ataupun Pascasarjana dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Ada beberapa jalur seleksi yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa baru, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Penjelasan lengkap mengenai jalur-jalur tersebut dapat disimak di bawah ini.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru S1 / D4 Jalur Nasional

Ada 2 jalur seleksi yang diikuti oleh ISI Denpasar yaitu jalur SNBP dan SNBT.

A. Pendaftaran ISI Denpasar Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN, salah satunya masuk ke ISI Denpasar.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Seleksi dilakukan tanpa tes tetapi didasarkan pada nilai raport dan prestasi lainnya.

Calon peserta yang ingin mendaftar di jalur SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Informasi tentang panduan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, daftar pilihan PTN dan Program Studi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.
B. Pendaftaran ISI Denpasar Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SLTA sederajat yang telah lulus dari sekolah 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini (hitung mundur kebelakang ; lulusan tahun ini, tahun kemarin, dan tahun kemarinnya lagi).

Silahkan kunjungi laman resmi untuk melakukan pendaftaran SNBT secara online.

Informasi lain seperti persyaratan pendaftaran, laman resmi, jadwal SNBT, biaya pendaftaran, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.
II. Penerimaan Mahasiswa Baru S1 / D4 Jalur Mandiri

B. Syarat Pendaftaran
  1. Warga negra Indonesia / Asing;
  2. Memiliki ijazah SMA / sederajat lulusan 3 tahun terakhir
  3. Melengkapi formulir pendaftaran
  4. Pas foto warna 3 x 4 sebanyak 4 lembar tidak berkaca-mata hitam
  5. Membayar administrasi pendaftaran Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)
  6. Surat keterangan tidak buta warna dari dokter (bagi program studi di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain)
  7. Lulusan sekolah luar negeri/asing wajib melampirkan surat penyetaraan pendidikan yang berlaku di Indonesia
  8. Melampirkan Fotocopy KK dan KTP

 Warga Negara Asing (WNA) wajib :
  1. Memiliki Ijazah yang setara dengan pendidikan menengah di Indonesia
  2. Memiliki visa /Ijin tinggal di Indonesia
  3. Memiliki Jaminan Sumber Pembiyayaan
  4. Memiliki ijin belajar
  5. Memiliki asuransi kesehatan dan kecelakaan (full coverage) yang berlaku di
  6. Indonesia selama masa studi
  7. Lulus Uji Kemampuan Bahasa Indonesia

B. Jadwal dan Waktu Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka pada bulan Juni. Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari kerja dari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 14.00 Wita.

C. Cara Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Mengisi Formulir pendaftaran (lihat petunjuk pengisian)
  2. Pembayaran Administrasi Pendaftaran melalui Bank BNI
  3. Masukkan Seluruh Berkas Pendaftaran dalam amplop/map termasuk bukti asli
  4. kwitansi pembayaran yang telah divalidasi Bank
  5. Lakukan pendaftaran melalui loket Pendaftaran di Kampus ISI Denpasar (Gedung Rektorat Lt.-1) atau Kirim Melalui Jasa Pos / sejenisnya

Pengiriman dokumen berkas pendaftaran ditujukan kepada:
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program S-1 / D-4 Tahun ...
Institut Seni Indonesia Denpasar
Jln. Nusa Indah Denpasar 80235
Telp. (0361) 227316
Keterangan :
  • tanda titik-titik diisi dengan tahun akademik ini

Catatan :

Untuk pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui pengiriman berkas / dokumen dapat kami sampaikan hal sebagai berikut:
  1. Berkas pendaftaran yang dikirim lewat jasa pos / sejenisnya pastikan sudah sesuai ketentuan / persyaratan
  2. Pengiriman berkas melalui Jasa Pos / sejenisnya harus sesuai jadwal
  3. Berkas yang tidak memenuhi persyaratan tidak dapat diproses
  4. Panitia tidak melakukan konfirmasi dalam bentuk apapun terhadap kekurangan berkas pendaftaran

Tambahan Info ; 

Pendaftaran KIP Kuliah ISI Denpasar  

ISI Denpasar juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Bagi kalian calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akademik, silahkan melakukan pendaftaran KIP Kuliah melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut tentangpersyaratan pendaftaran KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tata cara mendaftar KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain silahkan baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

III. Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

ISI Denpasar juga melakukan pendaftaran dan seleksi penerimaan mahasiswa baru program Magister dan Doktor. Untuk anda yang ingin mendaftar di program ini, silahkan datang langsung ke kampus dengan membawa persyaratan, dan sesuai jadwal. Info lebih lanjut silahkan lihat di website resmi.


Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di ISI Denpasar. Silahkan ikuti jalur seleksi yang kalian minati. Untuk informasi lain yang diperlukan silahkan temukan langsung di website resmi di alamat isi-dps.ac.id

Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan info, silahkan ikuti yang ada di web resmi.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran ISI Denpasar Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini.