Pendaftaran ISBI Aceh 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

isbiaceh.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBP -  SNBT - MandiriPendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Aceh, Pendaftaran Online ISBI Aceh, Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh, Pendaftaran Kuliah Diploma dan Sarjana di ISBI Aceh, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur SNBP, SNBT, SMMPTN Barat, Mandiri. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan sharing informasi tentang Pendaftaran ISBI Aceh 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan penddikan ke ISBI Aceh pada tahun ini. Langsung saja simak di bawah ini.

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/

Institut Seni Budaya Indonesia Aceh atau dikenal pula dengan nama ISBI Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya.

Lokasi kampus ISBI Aceh yaitu di Jl. Nuri No.1, Jantho Makmur, Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23951

Visi ISBI Aceh : Mewujudkan Lembaga Pendidikan Tinggi Seni dan Budaya yang menghasilkan insan akademis, kreatif, mandiri, berkepribadian, dan berbudaya

Jurusan dan Program Studi di ISBI Aceh, yaitu :

1. Jurusan Seni Pertunjukkan, terdiri dari 3 Program Studi, yaitu :
  • Program Studi Seni Tari
  • Program Studi Seni Karawitan
  • Program Studi Seni Teater

2. Jurusan Seni Rupa dan Desain, terdiri dari program Studi yaitu :
  • Program Studi Kriya Seni ; Kriya Kayu, Kriya Keramik, Kriya Tekstil, Kriya Logam, Kriya Kulit
  • Program Studi Seni Rupa Murni ; Seni Lukis, Seni Grafis, Seni Rupa
  • Program Studi Desain Komunikasi Visual

Itulah sekilas informasi mengenai kampus ISBI Aceh. Dilihat dari program studi yang ada tersebut, silahkan tentukan salah satu program studi yang sesuai dengan potensi diri yang kalian miliki.

Potensi diri dapat berkembang jika program studi yang dipilih cocok atau sesuai. Di dalam proses pembelajaran, potensi diri akan terus dilatih sehingga semakin terasah tajam yang nantinya bisa digunakan demi meraih kesuksesan di masa depan.

Misalnya kalian suka melukis, maka bisa memilih program studi seni murni pada konsentrasi seni lukis. Dengan kesesuaian antara potensi diri dengan program studi yang dipilih, maka akan semakin terasah kemampuan kalian.

Untuk bisa mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa ISBI Aceh, maka silahkan mengikuti salah satu jalur seleksi yang dibuka oleh ISBI Aceh. Ada beberapa pilihan jalur seleksi yaitu jalur SNBP, SNBT, SMMPTN Barat, dan jalur mandiri.

Jika diterima di satu jalur, maka selanjutnya melakukan pendaftaran ulang. Namun jika tidak diterima, maka dapat mengikuti jalur berikutnya yang dibuka.

Nah, berikut ini langsung saja admin berikan informasi selengkapnya mengenai jalur-jalur tersebut.

Jalur-jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh

A. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN, salah satunya ISBI Aceh. Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Informasi lengkap mengenai SNBP seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBT

SNBT juga merupakan jalur nasional yang dilakukan melalui tes UTBK. Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang salah satunya masuk ke ISBI Aceh.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara langsung oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk mengisi formulir pendaftaran online.

Informasi lengkap SNBT seperti tanggal pendaftaran, laman resmi pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal pelaksanaan, pilihan PTN dan program studi, dan pengumuman SNBT, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SMMPTN Barat

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri bersama masuk ke PTN di wilayah barat Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan / atau ujian keterampilan pada program studi tertentu. Jalur ini merupakan jalur berikutnya masuk ISBI Aceh setelah SNBT.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.smmptn.ac.id. Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta di alamat tersebut.

Informasi lainnya seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal, biaya, seleksi, pengumuma, daftar PTN lain bisa dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat

D. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang dikelola langsung oleh panitia ISBI Aceh untuk melakukan penyeleksian calon mahasiswa baru. Jalur ini dapat menjadi kesempatan terakhir untuk kalian yang ingin masuk ke ISBI Aceh karena jalur ini dibuka terakhir.

1. Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Lulusan SMA / SMK / MA Sederajat
  2. Fotocopy Ijazah/Surat Keterangan Lulus sebanyak 2 Lembar sudah dilegalisir
  3. Fotocopy Slip gaji bagi orang tua PNS atau Pegawai BUMN sebanyak 2 lembar
  4. Surat Keterangan penghasilan dari kelurahan bagi orang tua yang bekerja sebagai wiraswasta sebanyak 2 lembar
  5. Fotocopy Kartu Keluarga 2 Lembar *)
  6. Fotocopy Akte kelahiran sebanyak 2 Lembar *)
  7. Pas photo warna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 4 Lembar, 2×3 Sebanyak 2 Lembar
  8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
*) Syarat diserahkan setelah lulus 

2. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara langsung di kampus ISBI Aceh

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran biasanya dibuka di bulan Juli. Jadwal lengkap dapat dilihat di web resmi

4. Biaya Pendidikan

Berdasarkan keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.22 tahun 2015 tentang biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal pada PTN Kemenristekdikti. Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia Aceh adalah :
  • Kelompok I : Rp. 500.000.,-
  • Kelompok II : Rp. 750.000.,-
  • Kelompok III : Rp. 1.000.000.,-

E. Pendaftaran KIP Kuliah ISBI Aceh

ISBI Aceh juga turut membantu calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan memberikan bantuan dana pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi.

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP Kuliah.

Informasi lengkap tentang tata cara pendaftaran KIP Kuliah, persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pelaksanaan KIP Kuliahtanya jawab tentang KIP Kuliah, dan ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ISBI Aceh yang dapat diikuti. Silahkan ikuti salah satu jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang besar untuk kelulusan.

Untuk sukses dalam proses seleksi, maka persiapkan diri sebaik mungkin dengan banyak mengerjakan soal-soal tes tahun sebelumnya terlatih, serta mempelajari materi-materi penting lainnya.

Catatan Penting!!!
  • Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk kembali lagi kesini.